badge

Tuesday, March 4, 2014

Belajar Menabung Untuk Anak

credit
Untuk mengajarkan pentingnya menabung sejak dini kepada anak-anak salah satunya adalah dengan mengenalkan celengan. Biasanya anak-anak akan tertarik untuk memasukkan uang untuk di tabung di celengan tersebut, apalagi kalau bentuk celengan yang beraneka ragam bentuknya membuat anak-anak makin semangat untuk menabung.  

Begitupula dengan Aa dan Ade dirumah, saya sudah mengenalkan celengan sejak mereka kecil. Biasanya sih uangnya memang dari kami setiap pagi kami berikan pada mereka untuk dimasukkan dalam celengan. Apalagi dari sekolah merekapun diberikan sebuah celengan untuk tabungan Qurban yang akan digunakan pada hari Idul Adha untuk berqurban baik di sekolah maupun dilingkungan rumah.


Awalnya mengajarkan mereka menabung melalui celengan biasanya untuk membeli mainan, tapi kesininya mereka mulai saya ajarkan kalau semua uang tabungannya harus disimpan dan dipergunakan sebaik mungkin. Boleh sesekali menggunakan uang celengan untuk membeli maianan asal tidak berlebihan.

Tapi seiring bertambahnya umur Aa dia ingin juga memiliki tabungan yang disimpan dalam sebuah tabungan di Bank sehingga dia mempunyai buku tabungan plus ATM dengan namanya. Tidak ada salahnya aku membukakan rekening di sebuah bank dengan namanya tentu saja tabungan khusus anak-anak. Walaupun ada ATMnya tetap anak-anak tidak saya berikan ATMnya, mereka cukup tahu saja dan diajarkan cara menggunakannya.

Kebetulan setelah khitan kemarin Aa mempunyai uang hasil pemberian saudara-saudara itulah saat yang tepat saya mengajarkan prinsip menabng untuk masa depan. Kedepannya Aa bisa menyisihkan uang jajan hariannya di sekolah untuk di tabung di Bank. Biasanya sisa uang jajan akan disimpan dulu di rumah, jika sudah terkumpul kira-kira satu atau dua bulan sekali saya mengajaknya untuk menyetorkan uang tersebut pada bank. Senangnya dia bisa menabung sendiri ke bank, semoga saja hal ini bisa mengajarkan dia untuk rajin menabung dan bisa berhemat.

Setelah mengajarkan anak-anak untuk menabung tidak ada salahnya kita juga mengajarkan pengetahuan tentang mengatur keuangan,dalam bentuk sederhana tentu saja sesuai dengan umur mereka.

Pada sebuah artikel yang ada di liveolive.com yang berjudul 4 Top Tips Mengenai Belajar Menabung Untuk Anak ada beberapa tips bisa diterapkan sesuai saran yang saya baca diantaranya adalah :
  1. Komunikasi, disini tugas orang tua untuk menjelaskan bagaimana seseorang bisa mendapatkan uang juga mengajarkan cara menabung. Intinya dalah komunikasi terbuka dengan si anak berikan alsan tujuan apa saja kita harus mulai menabung.
  2. Ajak anak berbelanja, beri tahu jumlah uang yang dibawa dan barang apa saja yang yang harus dibeli, biarkan anak tahu harga barang-barang tersebut. Jug aajarkan anak untuk memilih barang mana yang lebih dibutuhkan untuk dibeli dan barang mana yang belum dibutuhkan.
Ada beberapa tips dan saran lainnya, untuk poin lainnya bisa langsung dibaca pada link yang sudah saya berikan diatas.

23 comments:

  1. ingat waktu jadi teller bank, ada anak sd datang menabung rasanya lucu dan senang.. dalam hati mikir wah kecil2 sdh belajar nabung. mereka juga turut antri seperti nasabah lain. jd dpt pelajaran hemat dan disiplin skligus menurutku.. ;)
    semoga kebiasaan nabungnya terbawa terus ya Aa dan Ade

    ReplyDelete
  2. ngjari anak nabung sedari diri sepertinya ide bagus mbk,belajar mandiri,belajr hemat..apalagi kalau udah dikasih wacana menabung untuk masa depan,pasti makin semangat menabung ^^
    pagi mbkkkk...salam bt aa dan de2k yaaa ^^

    ReplyDelete
  3. wah.. dulu sih pas kecil orang tua cuma ngasih celengan. pas udah masuk sma baru deh buka Tabungan di bank sendiri. :D

    ReplyDelete
  4. anak2 saya menabungnya masih manual, menabung di sekolah hehe... tapi boleh juga nih dicoba :)

    ReplyDelete
  5. Anak2 seneng banget ya kalau punya buku tabungan di Bank + ATM dengan namanya sendiri.

    ReplyDelete
  6. Hampir sama ceritanya mbak.. aku dulu jua ngajarinnya pake celengan, habis itu aku ajari yang ke bank, tapi masih di bmt yang alasannya semata karena dekat dan gak kena biaya administrasi.
    Semakin kesini, anak-anak pengen juga punya tabungan yang ada ATM, ya udah, kita pindah ke tabungan anak yang punya fasilitas ATM, dan yess, ATMnya di ibu dong ^_^

    ReplyDelete
  7. Betul Lidya, kebiasaan baik apapun, harus diajarkan sejak kecil. Kebayang deh nganteri Aa ke bank buat nabung. Terharu pastinya yaaa...

    ReplyDelete
  8. iya,,kayaknya hampir sama semua,awalnya ya dari celengan

    ReplyDelete
  9. Jadi inget sama Tabanas jaman dulu, waktu SD udah diajarin nabung di situ sama orang tua...tar kalo Raja udah SD aku juga pengen bukain dia rekening tabungan biar makin terbiasa nabung sejak kecil

    ReplyDelete
  10. Wah, seru ya. Dulu aku mulai nabung sewaktu SMP!

    ReplyDelete
  11. Iya, anak2 kalo ga diajari uang dan menabung sejak dini jadi kimsumtif bgt ya mba, pengen beli ini itu.Apalagi anak perempuan.hadeeh.

    ReplyDelete
  12. saya belum punya anak, menikah juga belum sih hihi..
    tapi mengajarkan anak untuk menabung hhm ide yang baik untuk bekal nanti, salam kenal Mbak :)

    ReplyDelete
  13. Sip betul, mbak . anak-anak saya juga dulu punya celengan masing2 satu, sekarang sudah mulai belajar buka rek di Bank, mbak. Tapi, Cici masih punya celengan juga buat sisa uang jajannya hehe ...
    Aa sudah khitan, yaa. Aduh selamat, sayang, sudah besar, makin sholeh ya, Nak.

    ReplyDelete
  14. mudah2an Aa makin rajin nabung dan nanti bisa untuk membeli buku atau keperluan sendiri....
    pasti ada rasa kebanggaan tersendiri ya Lidya :)

    salam

    ReplyDelete
  15. ponakan2 saya juga udah bisa dan ngerti apa itu menabung, tapi ttp nabung di sekolah. dia ngerti kalo dapet uang tambahan pemberian dari om dan tantenya maka sebagianya disimpen dulu lalu punya inisiatif besoknya utk di tabung di sekolah. kalo kta sbg orang tau harus pinter2 aja mengarahkan anak utk hal2 positif sejak dini, karena dari situ anak akan cepat merekam apa yg sudah masuk di otaknya....

    ReplyDelete
  16. Iya, diajarkan menabung plus cari uangnya. Belajar jualan ke teman-temannya.

    ReplyDelete
  17. bener banget, nabung betapa pentingnya ya mbak

    ReplyDelete
  18. Di sekolah anakku udh ada fasilitas nabung Mbak jd sementara ini blm aku bikinkan rekening tp kl celengan dr PG udh punya.. Wlpun dikit2 lmyn lah yg ptg terbiasa dlu ;-)

    ReplyDelete
  19. Memang sangat di perlukan pendidikan anak untuk mulai mengenal cara transaksi menabung, kalau seperti ini saya ingat di arena permainan anak di kawasan Jakarta. he,, he,, he,,

    Salam

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...