badge

Wednesday, March 12, 2014

Belajar Wudhu Melalui Nyanyian

Dunia anak adalah dunianya bermain, melalui permaian biasanya anak-anak bisa memahami sesuatu. Bisa juga mengajarkan sesuatu melaui nyanyian. Di sekolah Ade biasa diajarkan mengenai wudhu dari sebuah nyanyian . Secara tidak langsung mereka bernyanyi bisa sambil belajar urutan berwudhu. Allhamdulillah Ade sudah hafal.

Kira-kira lagunya seperti ini:

Tepuk wudhu
cuci tangan sambil baca bismillah
kumur-kumur basuh hidung basuh muka
cuci tangan sampai siku
kepala dan telinga
terakhir cuci kaki lalu doa...doa

Ade sedang wudhu saat mu shoalt magrib di Hermina Bekasi saat mengantar Aa ke rumah sakit minggu lalu

65 comments:

  1. sejak dini memang perlu sekali ditanamkan ajaran agama ya

    ReplyDelete
  2. memang anak-anak harus diajarkan dengan cara yang menarik seperti lewat nyanyian mbak.. dengan demikian mereka akan melakukan dengan senang hati

    ReplyDelete
  3. hah??itu si ade dah pinter banget wudhunya,kirain si a'a mbk hehhe.....catetttt ah tepuknya :D

    ReplyDelete
  4. Senangnya melihat Alvin dan Pascal di foto itu Mba Lid.
    Mengenalkan hal-hal seperti ini lebih cepet masuknya memang kalo dilakukan dengan cara menyenangkan..

    ReplyDelete
  5. anak ibarat kertas putih, ketika dia diajarkan hal-hal baik kelak ingatannya pasti membekas sesuatu yang baik pula.

    ReplyDelete
  6. lewat lagu belajar jadi menyenangkan, ya :) senang lihat anak2 sudah belajat shalat ya, mbak :)

    ReplyDelete
  7. Kalau pakai lagu, anak2 cepat hapal ya.

    ReplyDelete
  8. wuih pinter.. pengen tau nadanya ky gmn :D

    ReplyDelete
  9. duh pinter nya. anakku juga tar di kasih nyanyian ah supaya mau wudhu, sekarang anak baru bisa niruin takbir ama sujud aja sih meski gerakannya seadanya :D

    ReplyDelete
  10. lagunya persis sama yang diajarin sekolah azka, sekarang setiap wudhu sambil nyanyi lagu itu walaupun wudhunya sudah hapal ... saya bilang gak usah pake nyanyi lagi kan sudah hapal, tp tetap katanya biar seru...

    ReplyDelete
  11. Biasanya melalui nyanyian, anak2 akan cepat hapalnya ya mak...

    ReplyDelete
  12. Iyaaaa...
    Fathir juga belajar wudhu nya begitu lhoooo!
    Samaan kitaaaa ;)

    ReplyDelete
  13. iya bener tuh kalo lewat nyanyian lebih gampang diinget ama anak2...

    ReplyDelete
  14. Iiihh.. itu lagunya sama persiiisss sama Fira. Fira juga jadi tau urut-urutan berwudhu dari nyanyian itu mbak....

    ReplyDelete
  15. Iiihh.. itu lagunya sama persiiisss sama Fira. Fira juga jadi tau urut-urutan berwudhu dari nyanyian itu mbak....

    ReplyDelete
  16. Kanaya juga kalao wudhu sambil nyanyi, jadi hapal urutannya tapi dia hafalnya lagu yg di CD anak2... pantesan tadi agak familiar liat tempat wudhunya ternyata di Hermina yaa

    ReplyDelete
  17. Subhanallah.. terharu deh ngliatnya, Mbak. Mbak Lid punya tiga ksatria soleh (sama bapaknya anak-anak, hehehe..)

    ReplyDelete
  18. kalo pake lagu jadi lbh mudah ingetnya ya

    ReplyDelete
  19. bener deh, pake nyanyian akan lebih mudah dicerna anak2 ya..
    btw, Aa sakit apa mba Lid ?

    ReplyDelete
  20. Iya ya mbak, kalo lewat nyanyian lebih mudah diinget sama anak

    ReplyDelete
  21. wah ide bagus tuh buat anakku mba yg rada mbeler alias males hehehe

    ReplyDelete
  22. Dan belajar macam gni, akan terus terkenang ya, Mba.

    Seperti belajar nama-nama Nabi. :)

    ReplyDelete
  23. Semoga menjadi anak yg saleh dan berbakti kepada kedua orangtua ya, Mbak.

    ReplyDelete
  24. Lewat bermain semuanya lebih masuk sama anak-anak ya mbak.

    ReplyDelete
  25. Wah trik yang bagus ini mbak. Siap-siap dipraktekkan ke keponakan ah :-)

    ReplyDelete
  26. Ah. Cerdas ya mengajarkannya pakai lagu Mbak. Sekolah Vay sih belum diajarkan agama, nanti pas SD baru diajarkan..

    ReplyDelete
  27. Kalau saya dulu ...
    belajar menghafal Arah Mata Angin dari menyanyi juga

    salam saya

    (13/3 : 13)

    ReplyDelete
  28. wahh ada ya?? coba mak gimana lagunya??iya pasti hapal urutannya berkat lagu ^^
    si aa nya sakit apa mbak?semoga cepet sembuh

    ReplyDelete
  29. Dan Ade tidak hanya menyanyikannya namun sekaligus praktik, rajinnya Ade dan Aa. Salam

    ReplyDelete
  30. Jadi ingat saya, waktu anak sedang masa pertumbuhan selalu mencari lagu-lagu anak dengan yang bersifat mendidik, jadi dia akan selalu ingat dan mudah menirunya ya Mba ?

    Salam

    ReplyDelete
  31. waaah si Aa sakit apa mbak? semoga skrg udah sehat semua ya mbak ^_^
    hehe.. vania jg hapal urutan wudhu dengan nyanyian mbak... cuma sayangnya skrg kalau wudhu buru2 dia.. hmmpph...

    ReplyDelete
  32. pinternya ade..lagunya bagus banget, anak jadi ibget tahap2annya ya

    ReplyDelete
  33. Senengnya liat buah hati pinter begini Mak Lidyaa..

    ReplyDelete
  34. serunya belajar pake lagu....
    mau coba praktekin jg buat zia, TFS mbak :)

    ReplyDelete
  35. Wah Si Ade yang imut, ngegemesin, dan salehhh..... Baarakallah fikum...

    ReplyDelete
  36. Blajar melalui lagi bisa jd metode pembelajaran yg cukup efektif ya mbak

    ReplyDelete
  37. dengan bernyanyi anak jadi mudah menghafal rukun wudhu ya mbak

    ReplyDelete
  38. Bagus itu Jeng
    Akan melekat terus
    Saya banyak belajar juga dari puji-pujian menjelang sholat maghrib/Isya di musholaku di Jombang
    Sifat-sifat Allah,hikayat Raasulullah ,dll dibuat lagu pujian sehingga nglonthok
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  39. Keponakan sy juga belajar wudhu dari lagu kebetulan dia punya tablet & banyak lagu2nya termasuk video kartun wudhu jadi kalau abis mandi sama bapanya suka disuruh belajar wudhu & mulai hapal, begitu juga solat udah tau dia gerakannya yg mana sujud yg mana ruku, umurnya baru 3 taun :)

    ReplyDelete
  40. ide cemerlang.... biasanya kalau pake nyanyi anak-anak cepat hafal urutannya...

    eh..si abang keren liat foto nya jadi gemes... pinter banget..

    ReplyDelete
  41. Ahai.... aa' Calvin sudah pinter wudhu...

    ReplyDelete
  42. Bagi anak2 sih memang belajar bisa lebih cepat masuk jika sambil bermain ya Mbak.. ?
    Alvin pinter banget sudah bisa wudhu dengan benar :)

    ReplyDelete
  43. irama lagunya pakai lagu apa mak? bagus yaa...

    ReplyDelete
  44. bagus ya Lidya
    dengan dinyanyikan , malah jadi lebih mudah dihafal
    juga pastinya anak anak jadi suka... :)

    salam

    ReplyDelete
  45. Senangnya belajar sambil nyanyi, pasti lebih mudah teringat :)

    ReplyDelete
  46. Masyaallah, sekolahnya Ade keren ya mbak, mengajarkan materi dengan nyanyian, pasti seneng deh si Ade udah bisa wudhu :)
    smg banyak anak-anak kecil yang pandai di bidang agama juga

    ReplyDelete
  47. lebih mudah ya Mbak ngajarkan sesuatu pada anak lewat nyanyian..

    ReplyDelete
  48. tepuk wudhu, tepuk anak sholeh.:
    memudahkan anak menghafal ya

    ReplyDelete
  49. bener juga nih, anak2 kan lebih peka kalo pake nyanyian gini..

    ReplyDelete
  50. anak anak lebih mudah belajar dan mengingat dengan nyayian ya.. :)

    ReplyDelete
  51. iya aku senang deh ajaran wudhu sambil nyanyi ini karena memudahkan mereka menghapal urutannya. dan sampe sekarang rico kalo wudhu ya sambil nyanyi ini :D

    ReplyDelete
  52. Salah satu cara mendidik anak-anak di TPA Al-Muhtadin Jogja juga dengan menyanyi, termasuk dalam belajar wudhu, anak-anak jadi cepat hafal :)

    ReplyDelete
  53. Tepuk wudhlu...iiich ayo Faiz belajar ama Aa Alvin yoook

    ReplyDelete
  54. Pinternya dede alvin sudah bisa berwudhu dengan nyanyian lebih menyenangkan ya...

    ReplyDelete
  55. ide bagus neh si bunda, nanti ak praktekin deh klo anaku udah agak besar :)

    ReplyDelete
  56. kalau pakai lagu, menghapalnya jadi cepet :D

    ReplyDelete
  57. Waaah... sammmaaaa tepuk anak2ku juga gitu. Dari anak pertama sampai si bungsu. Iya, emang jadi cepet hafal

    ReplyDelete
  58. mau hafal juga nie lagunya
    suasana mesjid dan tempat wudhunya adem

    ReplyDelete
  59. Mbak, ini nyanyiinnya gimana? Soale penasaran, pengen buat ngajarin keponakan juga.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...