badge

Friday, April 25, 2014

Cara Membuat Peluit Dari Stik Es Krim

Peluit menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah alat yang dapat menghasilkan bunyi apabila di tiup. Ada juga yang menyebutnya dengan sempritan, priwitan.

Beberaa waktu lalu saat Aa mengikuti lomba Olimpiade Sains Kuark ada percobaan membuat peluit dari stik es krim. Caranya sangat mudah dan tidak membutuhkan peralatan yang banyak. Berikut langkah-langkah membuat peluit dari srik es krim.

Bahan-bahan yang di butuhkan :
  • 2 buah stik es krim
  • Kertas yang di potong memanjang lebar dan panjangnnya menyesuaikan dengan stik es krim tetapi di kurangi sedikit
  • 2 buah potongan sedotan
  • 2 buah karek atau bisa juga di ganti dengan solatip




Cara membuat : 

  • Ambil 1 buah stik es krim
  • Pasangkan kertas yang sudah di buat di stik es krim bagian dalam
  • Simpan 1 potongan sedotan di kedua sisi kiri dan kanan
  • Pasangkan stik es krim satunya
  • Ikat kedua sisinya dengan kencang sehingga berbentuk seperti gambar di bawah ini.
  • Jika peluit saat di tiup tidak bersuara perbaiki dan rapian lagi ikan karetnya.


Untuk lebih jelasnya cara pembuatan aku buat dalam bentuk video dibawah ini :



Peluit pun selesai di mainkan dan siap dimainkan

46 comments:

  1. Wow.. Keren mba, kratif lagi..jadi bisa gunakan stik bekas es tanpa harus dibuang. :D

    ReplyDelete
  2. hihihi lucu Mak, eh kreatippp...
    lama tak berkunjung di sini, cantik blognya :)

    ReplyDelete
  3. Selain peluit dan sempritan, di KBBI juga ada entri pelesit, puput, dan bangsi yang maknanya sepadan. Suaranya nyaring juga...

    ReplyDelete
  4. beberapa hari yang lalu ayahnya kanaya juga pernah coba mbak, tapi langsung dibongkar sama Kanaya... hehehe

    ReplyDelete
  5. Hahahaaa udah lama gak bikin mainan anak2, udah besar, udah bikin2 sendiri. Wow skrg header ada fotonya, jadi lebih hommy blognya :))

    ReplyDelete
  6. siip mba..akan kubagikan ilmu mba Lidya dan Aa kepada anak sulungku, dia pasti suka nih :)

    ReplyDelete
  7. menarik sekali, bisa jadi contoh nih buat bikin ketrampilan di sekolah.....pasti anakku seneng. TFS ya mbak

    ReplyDelete
  8. Keren mbak...jadi pengin bikin juga...

    ReplyDelete
  9. Mbak Lidya kreatif deh...ijin nyontek ya buat mainan David :)

    ReplyDelete
  10. Wah, gampang banget ya, Mak. Kapan2 coba ah :-)

    ReplyDelete
  11. Fauzan suruh nyoba ah ...
    makasih sharingnya bun.

    ReplyDelete
  12. Memang kreatif pun.... Eh, keren ya si Aa udah ikutan lomba sains... kalau aku dulu kecil masih main gundu kali :p

    ReplyDelete
  13. Bisa dicoba ini.. kebetulan anakku suka tiup2 peluit :D

    ReplyDelete
  14. Kalau satu stik diisi penuh, kayak lagi niup harmonika ya, Mba. :D

    ReplyDelete
  15. waaaah, kreaaatif !
    bahan-bahannya juga gampamg didapet :D

    ReplyDelete
  16. uwah,kreatif bangetttt...coba ntar,lumayan kan buat main sama anak ibu kos hehehe

    ReplyDelete
  17. Mak Lidya kreatif bangeeeet. Mau nyobain aaah...
    TFS. ^^

    ReplyDelete
  18. Lidyaaa...apa kabar?
    Permainan yang kreatif dan mendidik.
    Senengnya Pascal dan Alvin punya ibu se-hebat ini...
    :D

    ReplyDelete
  19. kreatif banget ya mak lidya ini,,,bisa di tiru ya mak ilmunya,,makasih :)

    ReplyDelete
  20. luarbiasa bu...kreatifitas yg tidak terpikirkan olehku...padahal banyak stik es krim yg terbuang...ternyata bisa menghasilkan peluit ya...bisa bunyi lagi......
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  21. hihi, kak lidya ini kreatif banget, pascal sama kelvin pasti suka :D

    ReplyDelete
  22. Wah gampang dan kreatif mak... bolehlah nanti kuajarin ke adik.

    ReplyDelete
  23. mau juga aah buat Hafizh..tfs mb lidya :)

    ReplyDelete
  24. Hatur nuhun Jeng sharingnya, kreatif pisan, dicoba ah. Salam

    ReplyDelete
  25. wew :D bisa dipraktekkan nih buat mainan anak-anak :v btw kunjungan perdana sis... salam kenal :)

    ReplyDelete
  26. Bentuknya mirip harmonika. mau tak contoh buat ponakan. kebetulan ada sekitar 100 stik es krim yang dia punya.

    ReplyDelete
  27. Kok suaranya kayak kucing? Hehehe...

    ReplyDelete
  28. Keren dan kreatif banget idenya.

    ReplyDelete
  29. Akhirnya, komeng juga disini. Malu dikomengin mulu tapi nggak bertandang.

    Btw, itu kayak alat musik tradisional Jawa Barat. Cuma kalau dengar bunyinya beda.

    Oks banget tutorialnya.

    ReplyDelete
  30. Emak satu ini memang kreatif, salut deh...

    ReplyDelete
  31. Kreatif, bikin pluit dg barang yg tadinya mau di buang

    ReplyDelete
  32. wuss... kreatif nihh.. bisa langsung dipraktekkan dan aman untuk anak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...