badge

Wednesday, June 4, 2014

Taman Dalam Rumah

Memiliki taman di dalam rumah merupakan salah satu impian yang saya miliki selama ini. Tapi apa daya jika mempunyai rumah di lingkungan perumahan yang mempunyai lahan terbatas. Inginnya sih punya taman di halaman luar rumah. Rasanya sejuk dan hijau kalau melihat ada taman di sekitar rumah, dan tentu saja saya harus mulai belajar cara bercocok tanam dan menanam bunga-bunga

Terinspirasi dari rumah orang tua saya dulu tempat dimana kecil saya tinggal. Di sana kami mempunyai sebuah kolam ikan di dalam rumah yang berukuran lumayan besar yang dilengkapi dengan batu-batu buatan dan tanaman untuk mempercantik. Kebetulan bapak saya suka memelihara ikan dan merawat tanaman jadi cocoklah jika sengaja membuat taman di dalam rumah. Kolam ikan yang dibuat sengaja di buat di penghubung antara tempat mencuci pakaian dengan kamar mandi untuk sirkulasi udara yang baik dan menjaga kelembaban tanaman yang ada.

Salah satu penempatan tanaman sumber


Untuk rumah kami saat ini tentu saja tidak mungkin jika ingin membuat taman dalam rumah. Tapi tidak usah khawatir masih bisa kok di akali dengan menyimpan tanaman-tanaman yang cocok di simpan di dalam rumah seperti bonsai, bunga krisan, lili dan lainnya. Selain memberian kesejukan di dalam rumah tanaman ini juga membantu membersihkan polusi udara.

Tanaman yang di simpan di dalam rumah bisa dikreasikan loh dari tempat atau pot yang digunakan. Bisa membeli pot-pot kecil yang unik, atau bisa memanfaatkan barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi, misalnya botol bekas, bohlam atau kotak kayu sehingga bisa mempermanis tanaman dalam ruangan.

Tanaman dalam botol sumber


Untuk penempatan tanaman dalam rumah bisa disesuaikan dengan ukuran ruangan yang ada. Misalnya di ruang tamu bisa menggunakan keranjang kecil atau rak-rak yang di tempel di dinding. Cukup tanaman kecil saja bisa mempermanis ruangan. Atau bisa juga meletakkan tanaman di wastafel dekat kamar mandi atau dapur.

Ternyata mempunyai lahan sempit di rumah tidak menghalangi kita untuk menghijaukan rumah ya. Kita tetap mempunyai taman dalam rumah dengan segala cara yang ada. Rumah akan terasa sejuk dan asri.

59 comments:

  1. Mak Lid, rumahku besar, halamanku luas,,,,,tapi ndeso...hahahahaha malah bingung mau nanem pohon apalagi....ayok kpn2 mampir rumahku, tar biar Pascal sama Calvin tau pohon durian, manggis, duku, kepel, rambutan, jambu biji, jambu air dan buah2an lainnya ada di sekitar rumah, boleh juga manjat sesuka hati....

    ReplyDelete
  2. kalo saya ga begitu suka ngerawat tumbuhan, tapi mau liat yang hijau2 dan segar. hihihi

    ReplyDelete
  3. Bagus ya tanaman dalam botolnya. Tapi saya termasuk yang nggak telaten

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga senang tanaman dalam botol itu. Sebetulnya saya kepingin juga pelihara taman di dalam rumah, tapi apa daya saya masih numpang mertua. Ide pasang tanaman dalam botol itu menarik, tapi mau ditaruh di mana ya? Kalau jadi pajangan di meja kayaknya nggak bisa, karena suami saya nggak suka pajangan sebab meja difungsikan olehnya untuk bekerja, bukan untuk memajang benda..

      Delete
  4. lahan sempit tidak menghalangi untuk membuat taman dalam rumah ya bu...taman dalam pot atau botol salah satu solusinya....,
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  5. Sayapun nggak punya halaman untuk menghijaukan rumah. Dengan memanfaatkan ruang sempit menuju jemuran, saya buat taman mungil dengan pancuran mengalir, dan disinilah tempat paling santai karena saya selalu menikmati suara gemericik air serta hembusan angin segar dari luar ruangan

    ReplyDelete
  6. berhubung gua gak suka melihara taneman, jadi gak pernah pengen punya taman di dalem rumah. hehehe.

    ReplyDelete
  7. Saya juga pengin punya tanaman di dalam rumah, he-he.

    ReplyDelete
  8. Itu tanaman dalam botol cuma hiasan atau beneran hidup?

    ReplyDelete
  9. q punya ruang trbuka di smping dapur sm ruang mkn mbk...sengaja dibuka jd kl hujan air masuk..plus ada tanamnya soalnya q sm suami suka cocok tanam hehe....kmn aja....smg sht sllu ya mbk ;)

    ReplyDelete
  10. Taman dalam rumah sering saya lihat, tapi kalau dalam botol gimana mereka nafasnya tuh Mba ? he,, he,,he,,,

    Salam

    ReplyDelete
  11. Saya suka lihat pohon atau tanaman tapi sama sekali tidak telaten merawat mbak.. itu bagian suami. Alhamdulillah rumah kami termasuk yang tanah kosongnya lumayan luas, jadi ditanami berbagai macam tanaman.

    ReplyDelete
  12. waaah... sama kayak rumahku, nggak mungkin bikin taman di dalam rumah

    ReplyDelete
  13. Tanaman dalam botol kaca itu, cantik banget Mbak Lid. Kalau ditaruh dalam rumah kesannya juga bersih ya..Tapi apa gak mati?

    ReplyDelete
  14. wah, mbak Lidya ini ingin menyaingi Taman Di dalam stasiun Atocha Madrid ya mbak? hehe

    ReplyDelete
  15. Itu dalam botol tanaman hidup ya mbak? apa bisa?

    ReplyDelete
  16. depan rumahku kebun luaaasss... tp aku ga telaten bercocok tanam :D

    ReplyDelete
  17. Pernak pernik buat hiasan rumah, sekarang udah beragam ya, sampai tanaman juga bisa buat pemanis, tidak lagi sekedar untuk efek udara segar. :D

    ReplyDelete
  18. belum pernah nyoba kalau dalam botol....

    ReplyDelete
  19. kolam ikan dalam rumah? pasti anak anak suka ya mbak? :D

    ReplyDelete
  20. Malah saya lihat di tv ada yg kreatif membuat taman dalam akuarium mb :)

    ReplyDelete
  21. Kalau aku tiap nanem sesuatu, akhirnya berakhir jadi rumput liar mbak huhuhu...
    Pengen juga punya taman di belakang rumah, bisa piknik kapan aja :)

    ReplyDelete
  22. di pameran kembang suka ada pelatihan tanam kembang dalam boltol mbak

    ReplyDelete
  23. Jadi makin pengen segera punya rumah sendiri :(

    ReplyDelete
  24. saya juga pengen banget punya taman di rumah.., tapi lahan rumah yang sempit kayaknya ga memungkinkan punya taman yang gede...

    ReplyDelete
  25. Aku pencinta taneman, bahkan di dlm toilet pun aku taro taneman hihihi

    ReplyDelete
  26. mom calvin menginspirasi bgt. saya suka ama taneman didalem rumah.

    ReplyDelete
  27. yg didalam botol, bingung saya naronya dimana :D

    ReplyDelete
  28. jadi terinspirasi...nanam bunga dalam botol

    ReplyDelete
  29. sebuah kreatifitas yang bermanfaat dan mengesankan terutama tanaman dalam pot kacanya itu lo mbak ,salam kenal aja

    ReplyDelete
  30. maaa, baru mampir lagi nih :">
    ini tulisan pas banget buat nanti berkreasi di dalam rumah..

    ReplyDelete
  31. pasti lebih terasa asri ya bun

    ReplyDelete
  32. wah tanaman dalam botol itu unik banget yaa

    ReplyDelete
  33. Jadi inget taman di belakang yang cuma 2x1 m. Belum ditanamin apa-apa. Ihiks

    ReplyDelete
  34. Insya Allah ntar kalau punya rumah sendiri mau bercocok tanam seperti dulu lagi. Kalau masih ngontrak spt skrg ogah :D

    ReplyDelete
  35. Kalau ada tanaman didalam rumah, udara jadi seger ya, Mba.

    ReplyDelete
  36. Terariumnya bagus banget, ayook Cal-Vin juga bisa buat loh...

    ReplyDelete
  37. asal kita kreatif dan mau ya mak, pasti bisa memiliki taman di dlm rumah yg tdk memiliki halaman yg luas

    ReplyDelete
  38. saya seneng mak klo liat taman2 di dalam rumah... tapi cuma seneng liatnya, meliharanya ga suka huhu..

    ReplyDelete
  39. Aku suka ada tanaman di dalam rumah, rumah ibuku penuh dengan tanaman di dalam rumah, kalau malam dikeluarkan...

    ReplyDelete
  40. wah tanaman dalam botol itu bagus... gimana ya caranya itu ?

    ReplyDelete
  41. Pengen banget rasanya memberi hijau-hijauan di sekitar rumah saya. Maklum aja, rumah saya dan halamanya sama2 sempit, jadi gak kepikiran mau bertanam-tanaman. Padahal sebenarnya bisa nanam tanaman di pot. :D

    ReplyDelete
  42. Saya paling suka tanaman menjalar di pot yang menggantung dari atas. Dulu di Medan kita buat begitu. Di Jakarta belum buat, padahal sempat kepikiran.....

    ReplyDelete
  43. Wow cantik taman dalam botol itu ya mbak

    ReplyDelete
  44. saya juga mimpi punya taman dalam rumah, tapi apa daya, lahannya tak cukup, hiks,
    tapi saya nanam lidah mertua dalam pot aja *tapi sekarang lagi layu semua :(

    ReplyDelete
  45. aku nggak terlalu senang bercocok-tanam. tapi senang klo liat halaman ijo :D di rumah sih, biasanya nenekku yg rajin. panggil tukang kebon buat beli tanaman baru trus re-arrange taman.

    ReplyDelete
  46. di rumah ibuku juga ada taman tapi di luar, mba. ga seasri taman yang dibangun di rumah orang. cuma dikit tanamannya di potnya hehe. kalo di dalem rumah enak juga ya :D

    ReplyDelete
  47. iyaah mbak Lidya... banyak pohon, makin adem...
    liburan sekolah diisi dengan berkebun asik juga kali yah mbak hehe..

    ReplyDelete
  48. Yg tanaman dalam botol itu sepertinya perlu dicoba nih. Artistik banget ya keliatannya.

    ReplyDelete
  49. pengen banget mak punya taman,,bia udara seger terus..

    ReplyDelete
  50. Ya ampun unik banget yang di dalam botol..pengen cobaaa

    ReplyDelete
  51. Kalau bisa di dalam botol/gelas sih, bukan taman di dalam rumah aja, tapi taman di atas meja ruang tamu. Hihii

    ReplyDelete
  52. Green life memang bisa dimulai dari rumah dan lingkungan di sekitarnya. Salud mbak Lidya !

    ReplyDelete
  53. Taman dalam rumah menambah kenyamanan didalam rumah, nice

    ReplyDelete
  54. gokil keren banget mbak, kaya rumah orang bule

    ReplyDelete
  55. lucu tanaman yang di botol, gimana cara buatny tuch.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...