badge

Saturday, August 30, 2014

Robotic Competition

Akhirnya waktu yang di tunggu-tungu oleh Aa datang juga. Sejak masuk SD Aa menunggu ekskul robotic ini di sekolahnya yang baru bisa di pilih mulai kelas 3 karena kelas 1 dan 2 hanya ada ekskul seni dasar. Saat masuk sudah dibagikan form pemilihan ekskul yang akan di pilih, masing-masing murid diminta memilih 2 pilihan 1 pilihan utama dan 1 pilihan cadangan.

Aa hanya memasukkan 1 pilihan saja padahal wali kelasnya sudah meminta menuliskan pilihan kedua. Masing-masing ekskul ada kuotanya Allhamdulillah Aa masuk juga di ekskul pilihannya. Ekskul dilaksakan setiap hari Jum'at pulang sekolah jam 14.30 dan selesai saat Ashar tiba.

Baru saja dua kali Jum;at mengikuti ekskul Aa sudah ikutan lomba robotic. Aku sempat bingung apa sudah bisa mengikuti lombanya, apa yang harus dibawa saat lomba. Untuk pengalaman akhirnya kami mengizinkan Aa untuk mengikuti lomba yang di adakan di Mega Bekasi minggu tanggal 24 Agustus lalu.




Aa ikutan lomba di kategori Mechanic dengan membuat Strongbot . masing-masing tim terdiri boleh 1 orang boleh 2 orang, Aa memilih sendiri diminta merakit sebuah robot mobil dengan alat yang sudah disediakan agar bisa mendorong 2 buah tabung. Diberikan waktu sekitar 1 jam untuk merakit dan mengetes sebelum di nilai.
briefing sebelum merakit

serius merakit

Saat penilaian tiba agak deg-degan nih apakah bisa :) ternyata bisa tapi di saat kembali ke tempat start setelah mendorong tabung robotnya Aa kehabisan tenaga karena baterenya habis. Ternyata saat merakit sudah di coba terus menerus, aku tidak tahu karena ke Mal sebelah untuk bertemu dengan Bundit, Aa di jaga oleh bapaknya. 
saat penilaian

Agak kecewa karena tidak berhasil menyelesaikan tantangan tapi ini sebagai pelajaran karena ini lomba pertamanya. Dan juga pelajaran buat aku untuk menyediakan batere lebih. Untungnya gak lama bersedih karena Aa langsung ingin ikut lomba soccer bot berpasangan dengan bapaknya.

sedih nih si Aa :)

Lomba soccer bot ini pada babak penyisihan menang berhasil memasukan 1 gol ke gawang lawan. Tapi di babak semi final harus kalah :) tapi seru juga karena sama-sama masih belajar mengendalikan robot. Lain kali ada lomba sudah ada pengalaman.

briefing untuk lomba soccer bot
Walaupun capek karena har sabtunya sudah ikut acara blogger di Festival Kuliner Serpong 2014 tetep harus semangat nemenin anak lomba nih. Dan sampai sore juga kami di acara lomba tersebut. Pokoknya sampai sholat dzuhur,ashar dan makan siang di mal :)

40 comments:

  1. wahh kerenn.... anak-anak pasti seneng ya main robot2an begitu :D

    ReplyDelete
  2. Sayang sekali, ya, di tengah-tengah perlombaan malah baterainya habis.

    ReplyDelete
  3. wah,,Aa masih kecil udah hebat ya,,salut deh,,,

    ReplyDelete
  4. Anakku juga ikutan les robotik tapi belum pernah ikutan lomba.

    ReplyDelete
  5. seru ya pengalamannya, semoga tahun depan, Aa lebih baik lagi dan menyabet juara pertama \o/

    ReplyDelete
  6. semangat aa', wah baru masuk dua kali udah ikut lomba ajaa... hebat2

    ReplyDelete
  7. eskul anak sekarang keren2 ya :D jaman aku dulu belum ada robotic, hehe. baru denger robotic itu pas kuliah, mba. semoga pascal menang di lomba2 berikutnya. lomba yang sekarang jadi pengalaman ya.

    ReplyDelete
  8. ekskulnya kereenn. belajar ketekunan, kesabaran & ketelitian ya.

    ReplyDelete
  9. gak apa-apa kalah, Aa. Itu pengalaman berharga banget. Yang penting kita tetep sportif dan jangan patah semangat, ya :)

    ReplyDelete
  10. Gak apa ya gak menang kan yg penting having fun :)

    ReplyDelete
  11. kereeen banget Aa kecil-kecil sudah ikut lomba Robotic! Semoga besok besar nanti bisa bikin robot beneran yah! Semangat belajar terus ya Aa :)

    ReplyDelete
  12. Subhanallah semoga dapat terus berprestasi dan berbakti kepada orang tua...

    Salam dr Pulau Dollar

    ReplyDelete
  13. Aa kerenn, tante aja yang udah sekolah lebih lama ngga bisa bikin semacam itu

    ReplyDelete
  14. Wah canggih yak. Semoga segera merambat ke desa-desa :D

    ReplyDelete
  15. Eskul yang menyenangkan dan bisa membuat anak lebih kreatif.
    Maju terus A, semoga kelak menjadi ahli robot yang bisa menghasilkan karya yang bermanfaat bagi manusia
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  16. Waaahhh.. Aa ni istiqomah kecintaannya sama robot... semoga kelak bisa menciptakan robot yang bermanfaat buat sesama, amien

    ReplyDelete
  17. Si ganteng...makin pinter dan cerdas...canggih pula ! Keren deh si Alvin mah !

    ReplyDelete
  18. Keren deh Aa, walau baru ikut ekskulnya tapi sudah berani ngejajal tantangan dengan ikut lomba :)

    ReplyDelete
  19. jadi inget jaman awal kuliah dulu
    mainan robot, line tracer dan line follower

    ReplyDelete
  20. Jangan kecewa karena gak menang yah Aa :)
    yang penting udah dapet pengalaman..

    Semangat terus yah Aa Pascal :)

    ReplyDelete
  21. wah..jangan2 karena mamanya ketemuan denganku jadi Aa Pascal jadi kurang termonitor mamanya ya :-(. Tapi keren banget lho kecil2 sudah ikutan lomba robotic. Dita juga ikut ekskul robotic di sekolah tapibelum pernah ikut lomba :-)

    ReplyDelete
  22. wow keren...smg Aa keterusan suka ya sama robotic samp nanti bisa bikin sendiri...sukses Aa

    ReplyDelete
  23. Aku selalu kagum sama anak-anak yang kesukaannya berbeda dengan anak yang lainnya :)
    Semangat ya, Aa, masih ada lomba-lomba robotic lainnya yang pastinya menyenangkan dan Aa bisa jadi juaranya ^_^

    ReplyDelete
  24. Gak apa belum menang, yg penting buat pengalaman ya mbak :)

    ReplyDelete
  25. meski tidak menang tapi hebat lho Aa sudah berani berkompetisi

    ReplyDelete
  26. tapi Aa tetep aja keren, percobaan pertama udah berhasil gituh meski blm sempurna. Semangat terus A! he he

    ReplyDelete
  27. Deuuh Aa keren deh, eh..pilihan ekskulnya itu lho? serius saya sukak. Dulu klo ada mapel elektro gak mudeng blas

    #maaf Mbak, jarang BeWe. Hiks

    ReplyDelete
  28. wah pada hebat hebat semua, semoga nanti pada jadi profesor robot dan bisa menciptakan robot untuk kemajuan bangsa indonesia.. Aamiin

    ReplyDelete
  29. Hampir menjadi penghuni mal, ya. Seharian gitu. :D


    Masih kecil udah bisa elektro. Keren Aa. Lain waktu kudu nyoba lagi, ya!

    ReplyDelete
  30. Seu banget acranya ya,,,,, apalagi samapai satu hari penuh. Dengan mengikuti acara seperti ini anak-anak bisa terarah daya kreatifitas mereka.

    Salam

    ReplyDelete
  31. walaupun capek tapi kalau sudah acara keluarga gini mash tetep seru yah mbak

    ReplyDelete
  32. emak 2 sibuk ya hehe, kalo robotic sekilas lihat di foto pada anak laki semua ya, pas awal amira msk sekolah, milih robotik juga, cuman bisanya nanti kelas 3

    ReplyDelete
  33. asyik mak eskulnya..
    semoga Aa' ntar bisa menang ya.. *peluk dari jauh*

    ReplyDelete
  34. wah,keren a....semoga bisa menjadi generasi pencipta robot ya hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...