badge

Wednesday, February 18, 2015

Bermain Gasing Bersama

credit
Permainan anak-anak yang sedang di gemari saat ini apa sih? Kalau di tempat kami anak-anak senang main gasing. Waktu itu ngobrol sama Mak Tanti, katanya Faiz juga lagi suka main gasing. Jaman saya kecil sih gasingnya dari kayu pakai benang kasur ya, tapi saat ini beragam gasing yang di jual di toko. Ada Gasing yang mengeluarkan musik dengan aneka warna lampu pada gasingnya.

Jujur saja saya tidak bisa loh main gasing yang terbuat dari kayu itu, kok saat melempar gak bisa mutar gasingnya. Nah kalau main gasing yang model anak-anak punya sekarang baru deh say abisa memainkannya.


Beli gasing masing-masing satu tentunya, maklumlah keduanya laki-laki jadi mainannya sama. Ternyata itu tiap gasing punya nama ya, saya malah baru tahu dari Mak Astin. Kalau Aa sama Ade sih cuma punya satu masing-masing (emak pelit hehehe). Sebetulnya sebelumnya juga sudah punya kok dengan model yang berbeda, malah saya belikan arena untuk bermain gasingnya juga.

Setelah saya amati Aa dan Ade bermain gasing ternyata bisa di ambil manfaatnya loh diantaranya :
  • Menumbuhkan kebersamaan, saat bermain berdua mereka memainkan gasing secara bersamaan siapa yang putaran gasingnya paling lama dia yang menang.
  • Mengajarkan sikap sportif, mau menerima kekalahan saat gasingnya cepat berhenti.
  • Mengajarkan agar tidak sombong saat memenangkan permainan.
  • Melatih motorik, walaupun terlihat mudah memankan gasing belum tentu tiap tarikan tali gasing tersebut bisa berputar.
  • Meningkatkan daya kreatifitas, saat bermain gasing mereka memanfaatkan benda yang ada sebagai arena. Bisa sih bermain di lantai tapi ada saya arena yang mereka gunakan entah itu dus bekas makanan, box bekas , kursi plastik sampai buku. Mereka kadang mencari barang yang agak tinggi saat bermain, gasing di usahakan tidak terjatuh keluar arena.

Memanfaatkan box bekas pizza sebagai arena permainan gasing


27 comments:

  1. aku juga ga bisa maen gasing, kacau melulu maennya. hihi
    aku bisanya maen beblet (lupa tulisannya gimana ya? haha), maenan yang mirip gasing itu cara maennya, cuma lebih modern

    ReplyDelete
  2. Permainan yang gampang2 susah ini main gasing hehehe....tapi Pascal pinter kayaknya ya mainin :D
    Bentuknya lucu2 ya...

    ReplyDelete
  3. wuih gemes lihat senyum Cal-Vin saat main gasing, badan gerak gesit, jemari menyentil gasing penuh strategi...

    ReplyDelete
  4. susah2 gapang man gasing,di Siak tradisinya masih ada lo mbak,dari anak2 sampe tua kalo sore ada yang main gasing ^^

    ReplyDelete
  5. Aku jg Ga bisa mbak main gasing. Pas aku lempar, eh malahan kaga muter.

    ReplyDelete
  6. Sama Mbak di tempat kami juga nak-anak lagi pada suka main gasing

    ReplyDelete
  7. Saya dulu pake gasing kayu dan tali panjang Mba Lid. Seruuuu. Bangga kalo bisa muter sampe yang terakhir. Hehehe..

    ReplyDelete
  8. iya mak lagi musim...si kecil saya yang 3 tahun merengek pengen gasing (padahal belum bisa mainnya) karena liat anak tetangga mainin ,

    ReplyDelete
  9. kalau zaman saya sd dulu,... putar gasing pake tali mbak,... kalau anak2 zaman sekarang gasingnya sudah canggih,..hehhe

    ReplyDelete
  10. eh saya gak bisa main gasing mbak Lidya, saya bisanya main yoyo. Itu juga gaya jadul, sekedar naik turun.
    Takut gasing mencelat saya

    ReplyDelete
  11. Di sini hampir ga ada yang main gasing, bu

    ReplyDelete
  12. gasingnya sekarang bagus2 ya mb lid..motifnya lucu2..

    ReplyDelete
  13. Mba, pas jaman saya kecil, gasingnya yang ukurannya gedhe, dari kayu. Sekarang gasingnya imut2 ya :)

    ReplyDelete
  14. adam gangsingnya banyaak sama kaya punya Calvin, tiap ada temennya beli yang model baru ikutan juga, belum lagi printilannya yang kecil2 tapi mihil buat kantong emak2 :D

    ReplyDelete
  15. samaa, ketiga anakku juga lagi hobi main gasing mba. Sampe yang umur 2 th jadi ikutan gape maininnya ngeliat kakak-kakaknya :D

    ReplyDelete
  16. wah mbak chika dulu masih kecil sering loh main gasing hehee

    ReplyDelete
  17. Udah jarang yg main mak. Kdg ponakanku suka sih. Yg terkenal itu banggalan, dr kayu

    ReplyDelete
  18. Selalu akur ya....dulu pernah main gasing dari kayu dibuatkan almarhum kakek, yang pasti kalau dimainkan sama-sama suka tabrakan :D

    ReplyDelete
  19. Oh, lagi musim ya.. Aku malah gak ngeh mak, hehe. Apa karena anakku perempuan ya :)

    ReplyDelete
  20. seru sekali mama calvin tuh bocah2 mainnya ^ ^

    ReplyDelete
  21. Hihihihii asik ya. Aku pikir gasing perlu arena luas gitu di halaman. Ternyata bisa juga di kotak pizza

    ReplyDelete
  22. dari dulu saya gak pernah jago main gasing...hehehehe....

    ReplyDelete
  23. iya beneer...lagi musim ya mak...Bo pernah punya banyaaak dan dibawa ke sini, tapi mungkin karena ngg ada lawan mainnya jadi ganti main yang lain deeeh...

    ReplyDelete
  24. Kayaknya inget2 lupa dulu waktu kecil pernah main gasing yg dari kayu, tp skrg udah lupa gimana caranya.. haha...

    Dulu pernah beliin vania waktu dia batita gasing yg ada musiknya itu, tp rusak soalnya dia banting hihihi...

    ReplyDelete
  25. Jangankan anak cowok, Alisha aja punya ini gara2 ngiri sama punya teman cowoknya :)))

    ReplyDelete
  26. aku seriusan pinjam dong gasingnya.. :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...