badge

Friday, March 13, 2015

Bincang Kuliner Bersama Arie Parikesit dan Bondan Winarno

Minggu, 1 Maret 2015 lalu saya diajak Mas Gajah Pesing nih untuk mengikuti bincang kuliner dan Icip-icip kuliner di Food Park lantai 2 Grand Galaxy Park (GGP) Mall di Bekasi. Undangan resminya saya terima di email melalui Mas Arie Parikesit. Walaupun cukup dekat dengan rumah, tapi ini pertama kalinya saya ke GGP loh :).

Tujuan diadakannya bincang kuliner ini adalah untuk mengenalkan kuliner nusantara dan turut serta dalam usaha mempopulerkan serta melestarikan  kuliner nusantara. Bincang kuliner ini di bawakan oleh Mas Arie Parikesit sendiri serta Pak Bondan Winarno yang terkenal dengan jargon Maknyus. Mereka sharing pengalaman mengenai kuliner nusantara.

Pada acara bincang kuliner ini kami jadi tahu bahwa makanan khas daerah Bekasi itu ada loh yaitu kue akar kelapa dan masakan gabus pucung. Jadi untuk teman-teman yang berasal dari Bekasi dan akan membawa oleh-oleh saat bepergian gak pelru bingung ya bawa oleh-oleh apa. Kedepannya nanti akan di buka stand penjuaan oleh-oleh khas Bekasi di GGP Mall. Yang penasaran dengan masakan gabus pucung perlu ikut mencoba loh.

Sebetulnya banyak hal dan ilmu baru yang saya terima dalam bincang kuliner lalu. Mas Arie Parikesit membagi ilmu mengenai teh (nanti saya akan posting secara terpisah). Chef Bara Pattiradjawane memberikan demo memasak serta Pak Bondan memberikan cara membuat smoothies juice dan salad.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi tips membuat smoothies dari Pak Bondan. Smoothies yang dibuat saat itu terdiri dari sawi, nanas, jeruk dan pisang. Berikut tips membuat smoothies dari Pak bondan :

  • Cuci bersih sayur dan buah yang akan di gunakan membuat smoothies.
  • Lebih enak buah di bekukan dulu di dalam freezer sebelum digunakan.
  • Saat membuat smoothies tidak diperlukan lagi penggunaan es batu, karena buah sudah dalam bentuk beku.
  • Tidak perlu menambahkan gula lagi karena semua rasa alami didapatkan dari buah dan sayur. Lebih sehat bukan.
  • Bila perlu boleh ditambahkan sedikit air.
  • Smoothies siap dinikmati.
Ternyata Aa dan Ade suka loh minum smoothies ini di rumahlangsung minta dibuatkan lagi. Biasnaya sih saya minum smoothies saat makan di luar ya, maklum belum tau cara membuatnya. Kebetulan sekali nih sudah di ajarkan caranya jadi bisa lebih sering buat sendiri dirumah. Eh ralat sih baik smoothies maupun jus yang saya minum pasti yang buat suami :-D. Saya tinggal menikmati kesegaran smoothiesnya saja.

Ini dia hasil membuat smoothies sayur dan buat yang di olah oleh suami :). Awalnya sih di tambah degan buah strawberry tapi warnanya tidak bagus jadilah strawberry di hilangkan saja. 
sampe berkumis gitu ya De habis minum smoothies :)

Foto bareng Pak Bondan Winarno, Arie Parikesit dan Chef Bara .
Selain bincang kuliner pastinya kami juga diberikan kesempatan icip-icip kuliner gratis di Food Park. Uniknya semua stand makanan disana harus lulus uji dari Pak Bondan dulu. Dan makanan yang di jual harus khas dari Indonesia. Nama-nama makanannya pun unik pula. Kami mencoba nasi goreng yakuza, nasi pecel, nasi rendang panggang ,es durjana sekong dan prata. Sayang sekali cuma inget foto 3 makanan saja :).

Ada pula lomba menghias salad untuk anak-anak dan dewasa. Aa dan Ade juga ikutan Allhamdulillah Aa dapat juara 1 dan Ade sapat juara harapan 1. Mereka dapat hadiah produk dari moorlife.



49 comments:

  1. Kebayang asiknya bagian yang icip2 kuliner nusantara gratis itu, mbak...hehehe

    ReplyDelete
  2. wah, enak ya kalo begini terus makanannya mbak..bisa sehat tuh si ganteng :)

    ReplyDelete
  3. seru bangeett. aku seneng banget sama chef bara itu, sejak acara gula2. asik liatnya :)
    resep smootiesnya kapan2 dicoba aahhh :)

    ReplyDelete
  4. wooow asyik banget deh kalo ngebahas makanan

    ReplyDelete
  5. Wah, senangnya bisa ketemu dan foto bareng sama Pak Bondan.

    ReplyDelete
  6. Wiiih...
    Seru sekali acaranya mbaaak :)

    Dan keren sekali sih Aa dan Ade sama2 juara dan dapet hadiaaah...
    Selamat yaah :)

    ReplyDelete
  7. Kekayaan dapur Nusantara yang kalau dimanfaatkan sebaik-baiknya membuka peluang usaha ya Jeng Lid :)

    ReplyDelete
  8. mbak... itu campurannya, pisang, bayam dg apa ya? jeruk kah? pengen nyobain juga...

    ReplyDelete
  9. kue akar kelapa.. dulu pernah ada temennya adekku dari sulawesi liburan di rumah. dia bawa oleh2 kue akar kelapa. katanya itu khas daerahnya sana. hmm hmm... beda versi kali ya tan :D

    ReplyDelete
  10. Kalo nasi goreng nya namanya yakuza, bukan khas Indo lagi dong jadinya. :p

    ReplyDelete
  11. waahhh kapan nih pak bondan ke pekanbaru, kenalin masakan khas melayu riau pada dunia....colek-colek mas gajah pesing y mbak xxiixix

    ReplyDelete
  12. Huaaa deket banget sama Rumah ortuku.
    Aku biasanya mampir GGP kalo kontrol ke rs sebelahnya :D

    ReplyDelete
  13. eh bolak-balik scroll enggak nemu gimana cara bikinnya? hehe mupeng smoothiesnya

    ReplyDelete
  14. Wow Cal-Vin foto bareng pesohor kuliner, jago lagi dalam lomba menghias.
    Izin ngopy resep smoothiesnya ya Jeng.
    Salam

    ReplyDelete
  15. Asyik bisa foto sama mereka mbak. Mana dapet tips yang oke punya. Mau dicoba ah

    ReplyDelete
  16. Es Durjana. Nama yg unik. Hihihi
    Terus, icip2 semua masakan tuh, Mbak? :D

    ReplyDelete
  17. eh,aku baru tahu yang buahnya ditaruh di freezer...makasih tipsnya mbak.asiknya ketemu pak bondan^^

    ReplyDelete
  18. Assalaamu'alaikum wr.wb, mbak Lidya... alhamdulillah, beruntungnya bisa berbincang dan berfoto bareng dengan chef2 yang hebat ya. Smoothies itu mengasyikkan saya, membuat saya ingin mencobanya. Saya copas ya mbak. Thanks sudah berkongsi. Salam manis dari Sarikei, Sarawak. :)

    ReplyDelete
  19. wooo, utk smoothies buahnya malah lbh enak jika di bekukan dulu ya? Pengen coba bikin ah kapan-kapan

    ReplyDelete
  20. mantappp, tambah ilmu kuliner ya ketemu ahlinya

    ReplyDelete
  21. Kalo ngomongin makanan memang bawaannya enak ya mbak, apalagi bisa icip2 gratis... wah.. makin maknyus aja :D
    btw untuk smoothiesnya, buahnya aja ya yg di bekukan, untuk pisang apa juga dibekukan ya mbak?

    ReplyDelete
  22. Waah keren acaranya Mbak .. :)
    Senangnya Aa dan Ade ya

    ReplyDelete
  23. Selamat ya Aa dan Adek dua2nya dpt juara :)

    ReplyDelete
  24. Tentunya bisa mak nyus ya mbak, bincang-bincang kuliner sama Pak Bondan..

    ReplyDelete
  25. smoothies nya jadi pengen bikin jugaaa....dibekukan dulu yaa...

    ReplyDelete
  26. Aku alergi dingin jadi gak kuat kalo harus minum smoothies... paling buat jus buah n sayuran biasa aja

    ReplyDelete
  27. Jadi gitu to mbak cara bikin smoothie. Tfs ya...
    Oh ya, selamat buat aa dan ade.

    ReplyDelete
  28. Penasaran Mbak sama gabus pucung. Smoothies emang paling enak kalau dibikinin, hahaha. Ibu aku minum smutis tiap pagi. Warnanya kadang mengerikan, hahaha. Suka ditambah kencur juga... Kadang-kadang rasanya kayak sop kurang ditambah daging aja. Tapi aku sih doyan-doyan aja hahaha :')

    ReplyDelete
  29. Wah mantap sekali nih, aplagi bisa ketemu langsung sama pak Bondan :D maknyus

    ReplyDelete
  30. kalau ngomong kuliner nggak ada habisnya apalagi bareng ahlinya

    ReplyDelete
  31. Paling senang kalo diundang icip2 makanan... Apalagi makanan khas daerah..

    ReplyDelete
  32. di koran kemarin juga ngomongin kuliner Bekasi, bagus deh Bekasi mulai bangkit

    aku udah pernah nyoba gabus pucung he..he...
    ke GGP sering main, apalagi kl udah buka gerai makanan nusantara bakal makin sering mampit

    ReplyDelete
  33. Waaa sayur di jusss... Kalo kacang suka, kali sawi blm pernah

    ReplyDelete
  34. Itu minumannya enak dan alami kayaknya... :) Pengin nyoba.. :)

    ReplyDelete
  35. salah malem2 kesini...laper ._________________.

    ReplyDelete
  36. Seger banget. Selama ini belum pernah coba ngejus atau bikin smoothies sendiri :(

    ReplyDelete
  37. Enak bangeeeet ituuuu... eh makannya sama yang ahli di bidang kuliner :D

    ReplyDelete
  38. Seru banget acara nya yaa bunda.
    Aku di undang mas arie tp aku ngak bisa datang ihik ihik ihik

    ReplyDelete
  39. Es durjana itu apa isinya mak lid? namanya unik :)

    ReplyDelete
  40. wah saya mauu ... foto bareng dengan mereka hihi :p

    ReplyDelete
  41. Wah seneng bgtt mbak lidya ketemu pak bondan dan chef bara.. dpt ilmu yg bermanfaat jg...

    Thanks for sharing mbak Lidya... nanti aku jg mau coba bikin ah di rumah :-D

    ReplyDelete
  42. wisata kuliner memang paling okeee....enak bangeet semua yaaa...hebat Aa ama ade menang menghias salad :)

    ReplyDelete
  43. Seneng ya Lidyaaaa, bisa menikmati suasana seperti itu.
    Ketemu pak Bondan itu pasti seru, karena bisa denger langsung jargon andalannya :D

    ReplyDelete
  44. ooo gabus pucung yaa.. jadi penasaran kyk apa gabus pucung itu, bs beli duli ggm ya mbak?

    ReplyDelete
  45. terima kasih sudah icip-icip hidangan kami
    mampir lagi yuuk :)

    ReplyDelete
  46. Pernah bikin smoothies dari buah beku susah mblendernya. Karena takut blender rusak, saya tambahi air agak banyak biar meleleh.

    ReplyDelete
  47. Waa, kebayang bgt serunya acara ini.
    Makanannya bikin ngiler.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...