badge

Wednesday, April 1, 2015

Dari Film Home ke Kucing Calico

Sudah pada nonton film animasi Home belum? Kalau belum bisa baca sedikit reviewnya di blog saya satunya ya ada kok di sidebar :). Nah di film tersebut ada tokoh seekor kucing Calico. Anak-anak suka sekali dengan filmnya apalagi kucing caliconya lucu begitu. Anak-anak juga punya mainan kucing calico hadiah dari salah satu fast food :)

Tokoh Cat Pig kucing Calico pada film animasi Home
Saya sih kurang tahu betul jenis-jenis kucing. Suami yang memberi tahu bahwa kucing di film Home itu jenis Calico. Yang mau tahu kucing calico seperti apa, ini saya ada fotonya kucing calico yang ada di dekat rumah. Entah kucing milki siapa, pinjem dulu ya buat di foto.

Calico betina dengan 3 warna
Oh ya menurut yang saya baca dari berbagai sumber, Tanya juga sih sama Echa Maminya Rafi :). Kucing Calico itu mayoritas berkelamin betina. Kemungkinan kucing calico jantan adalah 1 banding 3000, hal ini di sebabkan oleh faktor genetika.

Di dunia hewan (dan Manusia), Betina memiliki 2 buah kromosom X, artinya mereka hanya bisa menurunkan 1 buah kromosom X ke anaknya. 

Sebaliknya Jantan memiliki 1 buah kromosom X dan 1 buah kromosom Y, hal ini membuatnya bisa menurunkan kromosom X atau Y ke anaknya.

Jadi seandainya Betina dan Jantan tersebut kawin, maka akan memberikan masing - masing 1 kromosom ke anaknya. Anak betina akan menerima 1 kromosom X dari ibunya dan 1 kromosom X dari Ayahnya. Sedangkan Anak Jantan akan menerima 1 kromosom X dari ibunya dan 1 kromosom Y dari Ayahnya.

Fungsi lain dari kromosom X pada kucing selain untuk menentukan jenis kelamin adalah untuk menentukan warna bulunya (diluar warna Putih) apakah Hitam atau Kuning. Seekor kucing butuh 2 buah kromosom X untuk disebut sebagai Calico. 

Ketika masih berupa janin di dalam perut induknya, setiap sel hanya membutuhkan 1 buah kromosom X dari induknya, otomatis salah satu kromosom X akan di non aktifkan (ingat penjelasan sebelumnya bahwa betina mempunyai 2 buah kromosom X). Namun demikian, beberapa sel tidak sepenuhnya non aktif dan justru aktif lagi menjadi kromosom X baik dari ibunya maupun ayahnya. Jika kromosom X tersebut dikodekan menjadi masing - masing Hitam dan Kuning, maka akan menghasilkan kombinasi warna Hitam dan Kuning, menjadi kucing dengan 2 warna yaitu Hitam Kuning. Faktor genetik lain (tidak berhubungan dengan kromosom) juga mempengaruhi timbulnya warna putih, menjadikannya memiliki 3 warna (Hitam Kuning Putih) atau Calico. Hal ini disebabkan kurangnya pigment pada area kulit dan bulu tertentu yang membuatnya jadi berwarna putih.

Jadi kesimpulannya, Jika kucing Calico butuh 2 buah kromosom X, bagaimana mungkin tercipta kucing Calico Jantan (kromosom X + Y) ?
Jawabannya adalah Kucing Calico Jantan ini tercipta karena dia mendapatkan 1 tambahan kromosom X yang membuat genetiknya menjadi XXY. Sayangnya hal ini yang membuat kucing calico jantan menjadi mandul, karena dia memiliki 2 buah kromosom X yang seharusnya dimiliki oleh betina. Kemungkinan kucing calico jantan tidak mandul adalah 1 banding 1000 kucing calico jantan. Susah ya, untuk menemukan 1 kucing calico jantan saja kemungkinannya 1 banding 3000.

Wah panjang juga ya penjelasannya :). Kami sih tidak memelihara kucing di rumah. Tapi di postingan pernah saya ceritakan kalau ada seekor kucing hitam yang sering mampir ke rumah. Biasanya suami yang memberikan Makanan Kucing pada si hitam. Kami tidak menyediakan makanan khusus, tapi sesekali boleh juga ya membelikan buat si hitam yang biasa di panggil toothless oleh anak-anak karena mirip naga yang ada di film How to train your dragon.

47 comments:

  1. Baru tahu kalau kucing celio ini karena faktor genetik saja, kalau di cerita2 sih katanya kalau kucing jantan berwarna putih hitam dan kuning, maka dia akan menjadi raja dari kucing-kucing itu, makanya kucing jantan akan memakan anak kucing jantan yang berwarna seperti macan itu, itu sih mitosnya hehehe

    ReplyDelete
  2. ooh.., Calico itu kirain ras khusus, ternyata hanya karena warna bulunya dan kromosom aja
    tau jenis Calico dari game Hay Day, aku punya 2 ekor Calico di game itu

    ReplyDelete
  3. Dari baca tulisan Mbak Lidya ini jadi tahu jenis kucing. Kirain semua kucing sama hehehe

    ReplyDelete
  4. pernah ada bahasan tentang kucing calico di Detective conan, dan katanya untuk beberapa pattern tertentu itu langka dan bisa jadi mahal, tapi gtw bener apa enggak sih hhehhe

    ReplyDelete
  5. iya mba, kucing calico jantan emang langka, dan katanya itu kucing pembawa keberuntungan :D

    ReplyDelete
  6. Ide tulisannya keren Mbak ... :)

    Iya benar ya kucing ini kebanyakan betina

    ReplyDelete
  7. Bahkan kalo ada kucing belang tiga berjenis kelamin jantan, harganya bisa jadi mahal banget, Mbak.. Banyak yang suka buru ih.. Kasian.. :'

    ReplyDelete
  8. Itulah kenapa kucing calico yang jantan itu harganya mahal...

    ReplyDelete
  9. kromosom, jadi inget zaman sma, belajar itu, tapi lupa he

    ReplyDelete
  10. Wah... mbak saya baca jadi inget pelajaran biologi tentang kromosom dan genetika jaman SMA hahaha... Sama Kayak Monda Punya kucing Calico di Hayday... Btw cuman karena warna ya.... pengen miara tp g mungkin... Asik nih follow y

    ReplyDelete
  11. Baca ini sambil flashback pelajaran biografi jaman SMA wkwkwk... Dulu kucingku jenis Calico cuma mati kelindes mobil tetangga :(

    ReplyDelete
  12. Ooo, calico itu mungkin kalo di kita namanya kembang telon ya, yg bulunya ada 3 warna. Emang unik kucing itu. Pengen banget ajak anak-anak nonton Home ah...

    ReplyDelete
  13. waah kucing kampung ada jenisnya juga ternyata. kirain cuma kucing mahal aja yang ada jenis2nya. wkwk

    ReplyDelete
  14. Kalo asli ada gak ya yang warnanya kayak di film Home yg berwarna-warni :D

    ReplyDelete
  15. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  16. kucing calico jantan emang langka, dan katanya itu kucing pembawa keberuntungan :D keren

    ReplyDelete
  17. seperti kucing kampung ya bentuknya

    ReplyDelete
  18. untuk koleksi bagus tuh mba hehehehe

    ReplyDelete
  19. Saya baru tau kucing Calico. Mak Echa termasuk salah satu pakarnya kucing, ya :)

    ReplyDelete
  20. Dari baca tulisan Mbak Lidya ini jadi tahu jenis kucing. Kirain semua kucing sama hahahhahahahahahha :D

    ReplyDelete
  21. artikelnya mudah di mengerti..
    terima kasih telah berbagi.. :)

    ReplyDelete
  22. kata kata nya menarik..
    salam kenal :)

    ReplyDelete
  23. Kucing tiga warna ya calico itu. Aku pernah nonton drama Jepang, tokohnya pengen banget pelihara kucing tiga warna yang jantan, saking langkanya dia bunuh yang punya kucingnya biar dapet tuh kucing =))

    ReplyDelete
  24. Waaah apa nich kucing gak terancam punah ya hehehehe

    ReplyDelete
  25. Aku tahunya kucing persia sama kucing anggola doang :D

    ReplyDelete
  26. jadi keinget pelajaran biologi dulu
    mainan kromosom :D

    ReplyDelete
  27. mungkin itu Itulah kenapa kucing calico yang jantan itu harganya mahal :D

    ReplyDelete
  28. wah bagus to filmnya mak...alde ngajak nonton tapi agak ajaib aja liat tokohnya...hihihi lucu ternyata yaa

    ReplyDelete
  29. iya makanya kucing Calico ini kebanyakan betina.. katanya ada yg jantan, tapi saya kurang percaya karena belum pernah melihatnya.

    ReplyDelete
  30. lucu ya.,, kucing kucing Calico... ada juga tas di design khusus untuk kucing..biasanya kucing di taruh di dalam tas atau keranjang pada saat berpergian... :-)

    ReplyDelete
  31. bener setahu saya kucing Calico kebanyakan betina, kata orang Jawa, kucing kembang telon

    ReplyDelete
  32. Baca ini langsung google cari tau tentang kucing belang tiga, baru paham.
    Fokus sama mainan diatas sih, lucu-lucu..

    ReplyDelete
  33. iya, calico jantan jarang sampai dewasa... waktu itu ceuceu nemu calico jantan masih kecil sendirian di pasar, dibawa ke rumah tapi sayang umurnya gak panjang... :(

    ReplyDelete
  34. Aku bukan penggemar kucing, tapi baca ini jadi paham. :)

    ReplyDelete
  35. kucing calico...baru tau hehe. Saya takut kucing tapi kalo lihat gambarnya suka,lucu hehe

    ReplyDelete
  36. makanya kalo ada calico aku langsung bilang pasti kucing ini cewek xD gak pake mikir

    ReplyDelete
  37. Ooh istilahnya kucing calico toh.. aku baru tau..
    Aku taunya dulu ada tetangga (org jawa) bilang kucing telon (kayak minyak telon yah hehehe)...

    Warnanya 3... telon jg berasal dari bhs jawa telu (tiga) krn minyak telon terdiri dari 3 macam minyak...

    Ehhehee...

    Jd kangen kucing telon ku yg meninggal ketabrak motor :(

    ReplyDelete
  38. Ooh baru tahu klo kucing belang tiga itu jenis kucing Calico. Disini banyak banget Mbak kucing Calico, dan pada doyan banget berojol, xixixiix

    ReplyDelete
  39. Gak suka kucing... Tp mau jg ngasih makan

    ReplyDelete
  40. Orang Jawa bilang, kembang telon mbak :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...