badge

Wednesday, April 8, 2015

Wisata Lava Tour Lereng Merapi

Postingan kali ini tentang kunjungan kami  ke Jogjakarta November 2014 lalu, baru sempat diposting sekarang karena ada musibah waktu itu . Jadi kalau ada hal-hal yang berubah mohon di maafkan ya. Sebetulnya diawal jalan-jalan ke Jogja gak punya rencana untuk wisata ke lereng Merapi. Tapi saat kami menyewa mobil seharian untuk mengunjungi Borobudur, dan Prambanan, Pak sopirnya menawarkan wisata lereng Merapi yang kebetulan sejalur. Akhirnya kami menyetujui ajakannya. Dan ternyata wisata lereng Merapi ini yang paling disukai dan berkesan untuk anak-anak, apalagi Aa. Kata suami ternyata Aa sukanya wisata adventure seperti ini. Jadi tidak salah saat kami memutuskan untuk ke Merapi.

Untuk menuju ke lereng Merapi menurut informasi yang saya dapatkan dari pak sopir bisa melalui dua tempat. Kami ke lereng melalui Kaliurang, tepatnya Tlogo Putri. Untuk menuju ke lereng Merapi kita harus naik Jeep yang bisa di sewa disana. Penyewaan sudah termasuk sopir dan sekaligus guide turnya. Jeep yang kami naiki jenis Jeep Willys.

Pengunjung bisa memilih paket tour yang tersedia yaitu :
  • Short.
  • Medium.
  • Long.
  • Sunrise.
Karena kami kesana sudah agak sore maka mengambil paket short dengan biaya 300 ribu rupiah per jeep. Satu jeep bisa mengangkut 4-5 orang. Ini pertama kalinya kami naik Jeep loh. Aa dan Ade senang sekali. Oh ya sebaiknya saat mengunjungi lereng merapi bawa jaket ya karena udaranya di Jeep sangat dingin. Kalau mau mengunjungi desa tempat tinggal mbah Marijan sebaiknya ambil rute Medium atau Long.


Untuk rute tour short start dari terminal Tlogo Putri, kali kuning, mini museum, bukit petung, Kaliadem, bungker, desa jambu, batu wajah, desa bendo, Tempuran. Waktu tempuh kurang lebih 1.5 jam.

Wisata ini aman juga untuk anak-anak menurut saya, tapi sebaiknya membawa makanan dan minuman,khawatir nanti kehausan dan lapar dalam perjalanan. Walaupun di lokasi lava gunung merapi ada juga yang berjualan sebaiknya berjaga-jaga kan. Lebih enak lagi wisatanya sambil menikmati minuman Minuman Esprecielo jadi bisa menghangatkan badan di udara Merapi yang dingin.

Perjalanan pertama kami melewati jembatan kali kuning. Saat melintasi pemukiman yang tertutup oleh abu vulkanik gunung Merapi kami diberi masker masing-masing satu. Sepanjang perjalanan dipenuhi oleh abu dan pasir bekas erupsi gunung Merapi.

jembatan kali kuning

salah satu pemukiman penduduk yang terkena dampak abu vulkanik. Di sekitar situ juga ada mini museum yang beiris barang-barang yang terkena lahar panas.

Ini dikenal dengan Batu wajah. Karena kalau dilihat mirip dengan wajah manusia.

Sepanjang perjalanan banyak truk-truk pengangukut pasir.

Di bungker ini saya tidak berani masuk, yang masuk cuma suami an Aa

47 comments:

  1. Serruuu, pengen kesitu ah nanti :)

    ReplyDelete
  2. Mba Lid, itu deket rumah simbahku.
    Pernah ke sana tp blm pernah ikut lava tour.
    Makasih infonya, Mba.

    ReplyDelete
  3. Sepertinya tempatnya cocok banget buat hunting foto nih.....

    ReplyDelete
  4. Jeepnya keren yah... Tempatnya pas bangad buat fotografi dengan tema tentang "alam".

    ReplyDelete
  5. Aku belum sempat menulis tentang wisata lava merapi, eh keburu fotonya hilang gegara hardik penyimpan rusak. Tulisan Mbak Lid jadi obat kangen :)

    ReplyDelete
  6. oh ya ampuun... tante lid bikin aku kangen merapi. merapi mah makananku selama satu tahunan (2013-2014) kmaren tante.. aku nyampe lereng merapi pake motor, nyampe rumah mbah marijan juga. serem bangeet kesana berdua doang sama temenku, cewek. ada rasa takjub, ada rasa takut juga. apalagi pas lewat jalanan full kerikil, nanjak, panas, beuh. lengkap sudah. haha.. aku juga pernah tinggal di Turi (deket kaliurang), tiap hari pemandangannya merapi. heuu
    kangeeen ihhh....

    ReplyDelete
  7. aku pernah lihat di tv mini museum itu.. Mudah-mudahan bisa ke sana juga suatu saat nanti..

    ReplyDelete
  8. aku belum pernah,dan baru tahu ternyata tournya itu pakai jeep,makin seru ya...makasih mbak infonya^^

    ReplyDelete
  9. wahserunya. Makasih Mbak Lid ceritanya..

    ReplyDelete
  10. Seru ya. Kapan-kapan mau kesana ah.

    ReplyDelete
  11. Dalam bungkernya gmn tuh mbak?

    Iya yah, itu batunya mirip wajah manusia :D

    ReplyDelete
  12. Wah, agak-agak menyeramkan, tapi kayaknya seru karena banyak tantangan.
    Lidya, kebayang banget naik jeep terbuka di sore hari, duh, itu apa nggak pada kedinginan biarpun udah pake jaket?
    Hehe, tapi sepanjang bareng dengan orang-orang tercinta, semua pasti menyenangkan ya...

    ReplyDelete
  13. duh jadi pengen wisata ke sana ...

    ReplyDelete
  14. Waah aku aja dekat malah belum pernah kesana mbaak....Jadi pengin nih besok pas pulkam.

    ReplyDelete
  15. Pengen ke jogja lagi, entah kapan. Aq blm pernah ke merapi mbak #Curhat

    ReplyDelete
  16. salah satu tempat impian... pengen banget bisa bawa anak2 tour merapi... mudah2an bisa... aamiin

    ReplyDelete
  17. dari fotonya aja bungkernya keliatan serem...

    ReplyDelete
  18. wowwww pemandangannya mengagumkan ya...lereng merapi lebih ramah ya....

    di radius berapa kilometer si tingkat keamanannya mbak?

    ReplyDelete
  19. Pengen ke tempat tinggalnya Mbah Marijaaannn....

    ReplyDelete
  20. Aku jg pernah volcano tour dan itu seruuu banget ;)

    ReplyDelete
  21. seru banget ya klo bisa ke atas lihat lavanya

    ReplyDelete
  22. Aku mrebes mili mau nanggis waktu sampai di museum yg memajang benda2 peninggalan itu. Sedih tak berujung membayangkan mereka di jemput maut :-(

    ReplyDelete
  23. Iih ngeri juga ya kalo masuk bunkernya, keliatannya serem :)

    ReplyDelete
  24. Kapan ya bisa kesana seperti ibu dan keluarga yang sangat menikmati sekali wisata adventure ini? Rasanya mimpi saja untuk bisa melihat langsung sosok gunung merapi ini karena banyaknya keterbatasan ini dan itu. Ya, pada akahirnya hanya bisa merasakan kehebatan merapi dari tulisan-tulisan saja

    ReplyDelete
  25. Waaah..., kalo baca ini saya jadi kangen makan jadah-tempe makanan khas Kaliurang :)

    ReplyDelete
  26. Eh iya bener, mirip sama wajah manusia tuh batu. 0_o

    ReplyDelete
  27. Wah seru yah, aku paling seneng jalan2 ke gunung2 gitu

    ReplyDelete
  28. Bunkernya kosongan gitu ya? masih berfungsi?

    ReplyDelete
  29. subhanalloh mba itu batu wajah serem ya liatnya. seru sekali naik jeep. pengen juga ngajak navaro kesana..

    ReplyDelete
  30. kayanya seru deh kalau kesana rame2 :) + nambah pengetahuan

    ReplyDelete
  31. pengen banget kesana kyknya seru, bagus juga buat foto2 sekaligus mengingatkan diri sendiri tentang kekuasaan Allah :)

    ReplyDelete
  32. Seru ya mbak, saya belum pernah kesini sejak dijadikan tempat wisata

    ReplyDelete
  33. alvin keren dah nyampe kesana
    aku aja yang tinggal di jogja belum pernah wisata lava
    haha kacaw..

    ReplyDelete
  34. Ini memang paling mengesankan di Jogja sekarang mak :D

    ReplyDelete
  35. Ini tujuanku berikutnya kalo ke jogja lagi mbak.. hihihi... seru yah Aa dan Ade naik jeep... :D

    ReplyDelete
  36. Aku belom sempet ke sana, Mbak.. Next harus ah! :D

    ReplyDelete
  37. wisata adventure memang benar-benar sangat seruuuu juga sangat menyenangkan menikmati suasana keindahan alamnya.

    ReplyDelete
  38. pasti Pascal n Alvin seneng banget ya mak....

    ReplyDelete
  39. Makasih banget gan infonya,saya tidak segan mengunjungi blog anda,kunjungi balik ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...