badge

Tuesday, May 26, 2015

Belajar Mengenal Bentuk Awan Dari Buku Kelas 3 SD

Ayo ngaku siapa aja temen-temen yang ikutan belajar atau mengajarkan anak-anak belajar untuk menghadapi UKK (Ujian Kenaikan Kelas)? Saya termasuk yang ikutan mengajarkan dan sekaligus merefresh ilmu. Banyak yang sudah hilang dari ingatan saya tapi sejak punya anak sekolah jadi ikutan belajar lagi nih.

Sebelum mengajarkan dan memberikan pertanyaan kepada Aa, biasanya saya membaca dulu materinya. Materi kali ini adalah pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang cuaca dan bentuk awan. Seingat saya sih waktu kelas 3 SD dulu belum diajarkan tentang bentuk awan deh :). Kalau bertanya sambil melihat buku kadang Aa suka komen, ih mama gak hafal ya hehehe. Makanya saya rela deh ikutan belajar menghafal lagi.


Bentuk awan sebetulnya ada banyak ya, tapi yang sedang dipelajari saat ini ada 4 bentuk yaitu :
  • Awan nimbus : awan berwarna gelap, tanda akan turun hujan,
  • Awan Stratus : tampak awan berlapis-lapis dapat berubah menjadi kabut.
  • Awan Kumulus : berbentuk gumpalan putih tanda cuaca panas dan kering.
  • Awan Sirus : awan berbentuk serabut-serabut halus, merupakan tanda akan turun hujan juga.
Saat saya tanya jawab dengan Aa untuk menyebutkan ciri-cici bentuk awan ada Ade juga yang ikut mendengarkan Aanya belajar. Waktu Aa menjelaskan bentuk awan nimbus, Ade langsung nyeletuk "Aku tau awan nimbus itu yang ada di film Up". Wah ternyata Ade langsung teringat dengan film Up yang sering di tonton ya. Secara tidak sengaja Ade jadi ikutan belajar juga  nih. Dengan pedenya dia bercerita aku tau sekarang nama-nama awan.

Saya jadi penasaran dengan bentuk-bentuk awan lainya, jadi browsing deh. Ternyata banyak juga ya bentunya. Salah satunya adalah awan cumulus nimbus yang bisa membahayakan penerbangan.

11 comments:

  1. Dulu Kak Vivi waktu pas pelajaran tentang awan ini juga heboh membahasnya, tebak2an ama ibunya yg udah lupa semua pelajaran sekolah :)

    ReplyDelete
  2. Eh iya, itu pelajaran kelas SDku dulu..

    Tapi kayaknya dulu baru masuk pas kelas 4 sd atau 5 pas IPA mulai masuk

    ReplyDelete
  3. benar" udah lupa dengan nama" angin :D

    ReplyDelete
  4. Kalo nama-namanya aku masih ingat Mba Lidya, kalo artinya ga inget. hahahaha.. Makasi udah ngingetin. jadi kan bisa apdet instagram pake hashtag nama awannya. Hihihihi

    ReplyDelete
  5. Andai jaman saya SD, internet sudah merajalela penggunaannya, hahaha

    ReplyDelete
  6. Emak semangat belajar, Cal-Vin juga semangat belajar sambil bermain

    ReplyDelete
  7. Jadi ingat film Sherina ya heheee

    ReplyDelete
  8. jadi ibu itu seru ya... jd ikutan belajar jg :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...