badge

Tuesday, May 12, 2015

Cara Menggunakan E-money Untuk Naik Commuter Line

Tinggal di Jabodetabek penting sekali kita mempunyai e-money untuk beraktivitas sehari-hari, baik untuk pengguna kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Bahkan untuk saya seorang ibu rumah tangga pun e-money sangat membantu sekali saat saya bepergian atau berbelanja.

Awalnya sih saya punya e-money dari Indomaret card yang jarang sekali dipergunakan. Tapi sejak e-money bisa dipergunakan untuk membayar tiket perjalanan kereta commuter line dan busway jadi lebih sering saya pergunakan. Lebih mudah, cepat dan praktis serta tidak perlu antri lagi saat menggunakan kendaraan umum.

Saat harus menggunakan Commuter Line bersama keluarga, kami masih menggunakan tiket harian kereta api yang dibeli di loket stasiun. Saat pembelian tiket harian sih tidak ada masalah, namun saat kembali hendak menukarkan tiket dengan uang jaminan milik kami antrinya panjang bukan main. Karena antri inilah anak-anak sering protes karena lama menunggu menukarkan tiket harian tersebut. Jika tidak ditukarkan sayang sekali 4 tiket dikali uang jaminan sebesar 10ribu rupiah, yang artinya kami harus kehilangan uang sebesar 40 ribu rupiah. Gak rela dong membuang uang sebanyak itu. Awalnya sih uang jaminan hanya sebesar 5000 rupiah tapi sejak April 2015 naik menjadi 10.000 rupiah.


Akhirnya saya membeli 2 buah e-money lagi, karena sebelumnya sudah mempunya indomaret card dan Gramedia card yang bisa digunakan. Jadilah saat ini saya mempunyai 4 buah e-money yang disimpan dalam Alumunium Card Holder agar lebih mudah saat digunakan.


Banyak teman-teman yang sudah mengetahui cara penggunakaan e-money pada commuter line ya, disini saya akan memberitahukan cara menggunakan bagi teman-teman yang belum mengetahui ya.

Oh ya jika mempunyai anak berumur 3 tahun keatas wajib mempunyai tiket sendiri ya. Atau anak dengan tinggi badan lebih dari 90 CM wajib memiliki tiket.


tinggi Ade sudah melebihi 90 CM, berarti wajib membeli tiket 

Berikut cara menggunakan e-money untuk naik commuter line :
  • Satu kartu e-money berlaku untuk satu orang.
  • Pastikan saldo sebesar 11.000 rupiah.
  • Isi e-money sebelum menggunakan commuter line sesuai tarif tapi sebaiknya lebih saja  karena jika kurang akan dikenakan denda. 
  • Di stasiun saat pertama kali menggunakan e-money bisa di tap pada mesin berwarna merah seperti di bawah ini untuk melakukan aktifasi. Saat melakukan tap akan keluar informasi saldo dari e-money.



  • Setelah melakukan aktivasi kita bisa tap lagi pada pintu masuk ke stasiun.
  • Saat sampai di stasiun tujuan bisa men-tap lagi pada pintu keluar. Di sini lah saldo e-money akan di potong sesuai tarif tiket commuter line.

Mudah bukan cara menggunakan e-money untuk naik commuter line, tanpa harus antri dan mengembalikan uang jaminan kita bisa langsung beraktivitas di tempat tujuan.

Oh ya saat ini posisi kereta commuter line sudah bisa di cek di applikasi andorid loh. Untuk di stasiun Kota juga contohnya kita bisa melihat posisi kereta pada layar yang sudah disediakan. Jika kereta akan masuk di Stasiun Kota pun kita bisa melihat kereta tersebut ada di jalur berapa.

real time posisi kereta commuter line

28 comments:

  1. Udah lamaaa ga pernah pake fasilitas commuter ini. Udah keren ya, kalau singapore kan pake EZlink tuh, Indonesia udah mulai sedikit2 ke arah sana pake e-money ini. Aku sendiri cuma punya yg indomaret card aja buat e-toll sehari-hari. Thank u sharenya, berguna untuk model aku yang ga familiar sama commuter line :)

    ReplyDelete
  2. Waaah udah bisa liat posisi kereta segala? Kereeen

    ReplyDelete
  3. Banyak amat mbak e-money nya :D
    Aku cuma punya satu kartu flash doank :D

    ReplyDelete
  4. Sistemnya sekarang sudah keren ya mbak

    ReplyDelete
  5. Wah keren ya ... e-money bisa dipakai buat naik commuter line

    ReplyDelete
  6. Wow, kartu e-money-nya banyak banget Mbaaa... aku punya satu buat naik busway aja. Abis udah beli kartu kereta T.T Kalau e-money di busway bisa buat beberapa orang, kalau di kereta ga bisa ya... :D

    ReplyDelete
  7. terima kasih Mbak Lidya. Info buat kami yg jarang ke ajakarta ini sangatlah penting :)

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah, Indonesia sudah semakin maju, dan berusaha mempermudah akses berbagai layanan..

    ReplyDelete
  9. Aku belom pernah naik komuter, Mbaaak.. Syedih. Wkwkwk :P

    ReplyDelete
  10. hihi aku juga pakai e-money dong mak :) biar gak ngantri2 setiap hari hihi

    ReplyDelete
  11. wah, sekarang e money makin bisa dipakai dimana mana ya kak :)

    ReplyDelete
  12. Terimakasih info nya. ini sangat membantu . jadi nanti kalau mau maen bisa nyiapin dulu.hee
    obat tipes

    ReplyDelete
  13. Belum pernah coba nih aku..nanti pasti pakai..

    ReplyDelete
  14. Ade cepet gede ya. Aku belum pernah naik CL, pengin kyk teman2 Jkt biar kekinian hihiihii

    ReplyDelete
  15. Ohh saya baru tahu ternya 1 e-money cuma hanya 1 penumpang Comuter Line saja ya.. Tidak seperti transjakarta 1 kartu bisa di pakai beberapa org di tujuan dan waktu yang sama

    ReplyDelete
  16. Untuk pertama kali memangnya harus aktivasi dulu ya? Saya kira kalo udah punya e money sudah bisa di tap langsung tanpa aktivasi

    ReplyDelete
  17. Waah baru mau nyobain doain berhasil haha

    ReplyDelete
  18. Sis, saya punya e-money angry bird sudah dicoba mesin kereta tp tidak berhasil? Kenapa ya? padahal saya sudah diisi ulang

    ReplyDelete
  19. Mba, saya punya e-money angry trs coba cek di mesin kereta tapi tidak berhasil, kenapa ya? Padahal saya sudah diisi ulang

    ReplyDelete
  20. Owh..gitu ya...kirain langsung aktif, pastesan kemarin ga bisa...makasih banget sharingnya...

    ReplyDelete
  21. Hehehe mksh informasinya, lagi nyari info eh-money bisa di pakai nggak di cl secara kartu langganan cl udah di kasih Ponakan coz kerja udah deket rumah jadi udah lama nggak naikin kereta, informasi yang berguna banget berikut gambar E-money juga jadi nggak salah lagi yang bisa digunakan

    ReplyDelete
  22. Oo bisa ya kirain cuma flazz sm BNI.. Abis ngeliat di stasiun cuma ada 2 edc itu doang..
    Ditiap stasiun ada ya mesin aktivasinya?
    Cukup sekali kan ya aktivasi utk selamaya?

    Sorry ya nanyanya ngerampok 😁

    ReplyDelete
  23. Indonesia jadi keren berkat pemimpin yang keren..

    ReplyDelete
  24. Mba kartu indomart saya yg warna biru tpi bikinnya udah pas tahun 2014. Bsa gk dipake buat baik krl?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...