badge

Friday, June 5, 2015

Berperan Sebagai Dokter Gigi

Bermain dan belajar di Kidzania selalu menyenangkan buat anak-anak, begitu pula dengan Ade. Rabu lalu tanggal 3 Jun 2015 saya, Ade dan beberapa teman berkunjung kembali ke Kidzania. Tidak pernah bosan rasanya bermain disana walaupun sudah berkunjung tiga kali.

Untuk menceritakan kegiatan apa saja yang kemarin dilakukan oleh Ade rasanya tidak cukup deh kalau ditulis dalam satu postingan. Masing-masing anak punya kegiatan favorit. Semuanya berkesan bagi mereka.

Melalui bermain anak bisa menyerap ilmu dan profesi yang sedang dikerjakan. Pada arena belajar Pepsodent Dental Clinic anak bisa belajar dan merasakan bagaimana sih pekerjaan seorang dokter gigi itu.



Layaknya seorang dokter gigi, anak-anak juga diberikan fasilitas yang sama dengan dokter gigi. Sebelum bekerja wajib memakai baju dokter berwarna putih, penutup kepala dan masker untuk menutup mulut. Jangan khawatir dengan maskernya, karena setiap anak diberikan masing-masing satu dan setelah selesai masker dibuang sehingga tidak menyebarkan virus atau bakteri kepada anak lain.

Anak diberikan edukasi tentang pentingnya perawatan melalui gambar visual di televisi. Setelah itu anak-anak diajarkan bagaimana cara menyikat gigi dengan benar. Diberikan alat peraga berupa gigi dan sikat gigi.  Ade jadi tahu deh nanti kalau menyikat gigi sendiri tidak salah lagi.

Setelah itu anak-anak beralih ke kursi tempat pasien gigi dirawat oleh dokter gigi. Di sana sudah disediakan boneka sebagai alat peraga sebagai pasien. Masing-masing anak diajarkan cara melihat dan mengecek gigi atas dan bawah. Juga diajarkan cara membersikan gigi menggunakan alat semacam bor. Aduh saya kurang paham istilahnya, harus tanya Bunda Vania dulu nih nama-nama alatnya J.




Allhamdulillah sampai saat ini giginya Ade masih dalam keadaan baik, tanpa karies atau lubang pada giginya. Saya sudah membiasakan menyikat giginya sejak bayi, bahkan sejak belum punya gigi. Saat pertama menyikat gigi saya membelikan pasta gigi khusus anak, tapi sekarang sih sudah bisa pakai pasta gigi dewasa. Dia sudah bisa membuang dan berkumur-kumur sehingga tidak menelan airnya. Tidak lupa juga mengganti sikat gigi secara berkala maksimum 3 bulan pemakaian. Tapi untuk anak-anak biasanya sebulan juga sudah rusak karena sering digigit.

Senangnya berperan sebagai dokter gigi. Bisa bahan referensi besarnya nanti saat memilih profesi yang akan dipilihnya.

21 comments:

  1. Klo alisha malah takut ke bagian dokter gigi hihi takut ma bonekanya

    ReplyDelete
  2. Acara boleh juga. Selain sebagai edukasi buat anak, bisa juga dijadikan salah satu cita-cita yang ketika dewasa nanti.

    ReplyDelete
  3. Tidak lupa juga mengganti gigi secara berkala maksimum 3 bulan pemakaian.? pake gigi palsu mba? apa kurang kata sikat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya kurang nulis kata "sikat" terima kasih ya

      Delete
  4. "Tidak lupa juga mengganti gigi secara berkala maksimum 3 bulan pemakaian."

    Maksudnya ganti sikat gigi, ya? Kalau ganti gigi kok malah seram bayanginnya? Hehehe :D

    ReplyDelete
  5. Aisyah juga harus ganti sikat gigi
    giginya udah 8

    ReplyDelete
  6. Mah asik yah ke kidzania, liat wajah anak2 yg pada seneng banget hehe..

    ReplyDelete
  7. harus dibanyakin kegiatan semacam itu biar anak anak ga takut lagi ke dokter gigi. makane aku pernah bilang ke gurunya si ncip biar ada main peran tukang cukur. abisnya si ncip paling wegah disuruh potong rambut...

    ReplyDelete
  8. Kmrn Millie ga ksitu krn wkt pertama kali ke KidZania, dia udah kesitu, pas aku kmrn tawarin lg, dia ga mau hihi

    ReplyDelete
  9. ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Pasti jadi pengalaman yang seru ya. :)
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬

    ReplyDelete
  10. Kunjungan balik mbak, anak" yg kreatif ya...

    ReplyDelete
  11. Semoga ade Alvin nanti beneran jadi dokter ya mak..semangat

    ReplyDelete
  12. wiiii serunya bun, adikku yang kecil malah kalo denger kata dokter gigi langsung nangis jerit2 gak mau kesana hihi

    ReplyDelete
  13. seru ya main di kidzania :)

    ReplyDelete
  14. Bagus ini untuk memicu semangat anak belajar biar bisa jadi dokter gigi :D

    ReplyDelete
  15. asiknya yg belajar jadi dokter gigi

    ReplyDelete
  16. Pasti seru banget ya mbak bermain sekaligus belajar disana. Sedja kalau diajak kesana pasti senang banget. Di rumah dia sering main dokter2an gitu :)

    ReplyDelete
  17. hahaha si Calvin, serius banget jadi dokter giginya :D

    ReplyDelete
  18. ade serious bangeeeet tuh hehehe...memang mau jadi dokter gigi yaaa..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...