badge

Wednesday, June 10, 2015

Happy Mommy Healthy Baby

Mau sharing tentang talk show yang bertema Happy Mommy Healthy Baby yang saya ikuti di Hongkong Cafe pada hari Sabtu, 30 Mei 2015 lalu. Acara tersebut diadakan atas kerjasama transplumin dan kamillosan.

Salah satu pembicara yaitu ibu Anna Surti Ariani seorang psikolog anak. Menurut beliau jika seorang ibu mengalami depresi makan si anak akan cenderung mengalami gangguan psikologi. Salah satu dari tanda adanya gejala depresi adalah adanya perubahan pola makan dan tidur. Jika tanda-tanda tersebut dialami selama dua minggu berturut-turut harus diwaspadai dan meminta bantuan ahlinya agar depresi tidak berkelanjutan.

Kurang memonitor anak saat kecil, kemungkinan saat dewasa akan mengalami gangguan psikis. Jika seorang ibu mengalami depresi bukan berarti tidak bisa menjadi ibu yang baik loh. Seburuk apapun masa lalu seorang ibu ketika hamil dan mempunyai anak pastinya akan berusaha dan belajar menjadi orang tua yang baik.

Ibu Anna meminta kami menuliskan kata atau kalimat positif seorang ibu yang baik itu seperti apa sih pada selembar kartu pos yang dibagikan, setelah selesai dikumpulkan kembali. Contoh kata positif yang diberikan oleh Ibu Anna diantaranya : 

  • Peduli.
  • penuh cinta.
  • Penuh perhatian.
  • Ceria.
  • Kreatif.
  • Sabar


Dengan menuliskan kalimat positif diharapkan sebagai orang tua mempunyai konsep untuk menjalani peran sebagai orang tua yang baik. Menurut penelitian untuk menjadi bahagia dibutuhkan hal-hal berikut :

Sehat. Jika mempunyai tubuh yang sehat merupakan modal untuk bahagia. Jika kita sakit maka anak-anak tidak akan terurus itu bisa membuat kita sebagai orang tua sedih.

Cukup. Sebagai orang tua kita selalu berharap apa yang kita butuhkan selalu tercukupi. Contohnya saat seorang ibu hamil, maka harapannya adalah ingin persalinan lancar dan keuangan terukupi saat melahirkan nantinya.

Syukur. Senantiasa bersyukur apa yang kita punya.

Percaya Diri. Contohnya yang diberikan Ibu Anna adalah ada pada gambar seorang anak yang akan naik pohon. Jika si anak tidak memiliki kepercayaan diri maka tidak akan bisa naik pohon hingga atas. Tidak percaya diri bisa membuat anak goyah dan tidak berhasil. Jika si anak bisa sampai puncak maka kebahagiaan yang dia dapatkan. Dalam kehidupan sehari-hari percaya diri bisa mengganggu keseharian tidak hanya untuk anak-anak tapi semua orang apalagi seorang ibu.

Agar percaya diri maka kita harus mengetahui tiga hal yaitu :
  1. Kenali.
  2. Akui.
  3. Perhatikan.
Selanjutnya masing-masing peserta mengambil kembali kartu pos secara acak. Kartu yang kita ambil adalah gambaran karakter positif yang kita miliki baik disadari atau tidak. Menurut Ibu Anna di dunia ini tidak ada hal yang kebetulan. Begitu pula dengan kartu bertuliskan kat apositif yang saya dapatkan itu sudah ditentukan dan bukanlah hal kebetulan. Saya mendapatkan kartu dengan tulisan santai dan gembira. Jika kita tidak menyadari kalimat positif tersebut ada didalam diri ini juga bisa menjadi teguran atau pengingat bahwa kita pun punya karakter tersebut. Saya juga mendapatkan kalimat positif yang sudah disimpan di bawah kursi yang saya duduki.



Jika kita tidak mengakui tulisan tersebut maka kita belum mengenali karakter diri sendiri. Tulisan-tulisan yang ditulis oleh Ibu Anna diharapkan bisa menjadikan kita menjadi orang tua yang baik. Aamiin. Berusahalah untuk menjadi ibu yang selalu bahagia agar anak-anak kita selalu sehat selalu.

8 comments:

  1. Kita sebagai emak emang kudu bahagia dulu ya spy bisa mendidik anak dengan cinta kasih yang tulus. Nice info makk XD

    ReplyDelete
  2. Apa yang terjadi pada ibu, sebagian banyak bisa mempengaruhi anak ya mbak..

    ReplyDelete
  3. jadi inget kasus pembunuhan Angeline yaa, hiks, merasa tertekan yg diduga sering dimarahi ibunya :(

    ReplyDelete
  4. Ibu yang bahagia penting banget karena akan mempengaruhi karakter anak yg dididiknya

    ReplyDelete
  5. aaaah...ilmu yang sangat bermanfaat...thanks maklid..

    ReplyDelete
  6. Bunda ... kalo suami istri kan pasti mampu bekerja sama dengan pasangan. Bukti nya muncul baby2 nya yaaa hehehe #Dikeplak

    ReplyDelete
  7. yaa, aku juga meyakini mak, klo emaknya bahagia, ngurus anaknya juga jadi lebih mudah dan ringan, dan anakjuga jadi bahagia

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...