badge

Wednesday, June 24, 2015

Mengenal Gyrosphere

Yang sudah nonton film Jurrasic World tentunya sudah tau ya gyrosphere. Jujur aja sih saya juga baru tahu setelah nonton filmnya. Yaitu kendaraan berbentuk bola kaca yang bisa dikendarai oleh pengunjung di Jurrasic Wolrd untuk berkeliling di taman tersebut sehingga bisa melihat berbagai species dinosaurus. Dalam film tersebut dikendarai oleh kakak beradik Zach dan Gray. Adegan seru juga ada pada film itu saat mereka di kejar oleh tyrex.

Gyrosphere itu mempunyai kecepatan 5 mph dan memiliki monitor komputer built in untuk mengidentifikasi satwa liat bersejarah. Walaupun bundar seperti bola, pengendaranya tidak akan terbalik saat menaikinya. Jadi ingat dengan bentuk globe si bola dunia yang berisi peta seluruh dunia.


Ini sama halnya dengan gyroscope yang saya baca artinya di wikipedia yaitu alat untuk mengukur atau mempertahankan orientasi, yang berlandaskan pada prinsip momentum sudut. Sebetulnya pada smartphone juga kalau tidak salah ada alat semacam ini ya. Saat kita memutar ponsel pada posisi landscape atau potrait posisi layar akan mengikuti ponsel dengan catatan posisi auto rotate aktif ya.

Saat bermain game mobil balap juga contohnya, ponsel kita gerakkan ke kiri atau kanan otomatis mobil bergerak kearah sesuai arah ponsel. Hal ini karena di dalam ponsel tersebut ada sensor gyroscope. Pada kompas atau pesawat pun sebetulnya sudah mengenal lebih dulu gyroscope ini.

Wah asyik juga ya kalau bisa naik gyrosphere kata anak-anak di rumah setelah menonton film Jurrasic World. Berhubung tidak bisa naik, cukup menggambar gyrosphere aja ya :). Mereka berhayal dan bercerita ketika menggambar, katanya kalau naik gyrosphere ini mau jalan-jalan lihat tyrex sambil pakai Kaos T-Rex. Seru juga ya mengikuti khayalan mereka. 


Ini gambar gyrosphere Aa, dimana ya bisa naik kendaraan ini secara asli :). Mungkin untuk saat ini baru bisa naik permainan watter ball atau bola air saja ya di tempat wisata biasanya tersedia. Prinsipnya sama sepertinya ya, pengunjung yang naik kedalam bola yang ditempatkan di sebuah danau atau kolam. Walaupun kita menjalankan bola tersebut kesana kemari tetap orang yang naik tidak akan terbalik.

18 comments:

  1. Aku baru ninton iklannya mba.

    ReplyDelete
  2. Wahhh...Aa sampai ngegabar gyrosphere sendiri :))

    ReplyDelete
  3. Gambarnya baguuusss :D

    Mudah2an nanti2 tercapai yaa bisa naik gyrosphere ini yaaa

    ReplyDelete
  4. Hihi.. Aku kok malah jd kepikiran kaos trex, anakku kayaknya bakal seneng dibeliin

    ReplyDelete
  5. Jagoaaaan deh... Kebayang kalau naik beneran.. Tapi maleees kalau ada dinosaurnya hehehe

    ReplyDelete
  6. saya udah nonton mak, pengen nonton lagi, fimnya seru apalagi pemandangannya sama dinosaurusnya yg keliatan real

    ReplyDelete
  7. Aku dulu pernah ikut projek nulisbuku. Tulisanku ditaruh di halaman pertama, buku pertama. Tentang cewek alien yg jalan2 ke bumi dg kendaraan mirip kyk gambar Aa :D

    ReplyDelete
  8. saya yang permainan bola air itu aja belum pernah, Lid :D

    ReplyDelete
  9. biasanya impian manusia akan terwujud sekian tahun mendatang Mbak Lid.. jadi bisa dipastikan kendaraan ini pasti benar2 terealisasi di saat kita sudah tua :D

    ReplyDelete
  10. Brlum bisa nonton jurrasic park dibioskop huhuhu

    ReplyDelete
  11. whoaaa. ditempatku engga ada bioskop. hiks hiks

    ReplyDelete
  12. Aku bermimpi menaikinya dengan Oween,...akkhh owenn :)))

    ReplyDelete
  13. Huaaaa :(( di Kudus belom ada cineplek yang kayak studio 21..harus ke semarang nih klo mau nonton filmnya

    ReplyDelete
  14. asyik kali ya naik gyrosphere bareng Matt Damon ahahaa.... teuteup

    ReplyDelete
  15. Hihihi udah nonton Jurassic World juga dan terkesima ama kendaraan satu ini... Keren banget transparan... Ada yang pink transparan ga yaaa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...