badge

Monday, June 8, 2015

Mie Sagu Makanan Khas Dari Riau

Makan mie itu bikin nagih ya, tapi biasanya saya membatasi makan mie instan. Bahkan di rumah ga stok mie instan,sesekali beli mendadak aja ke warung kalau kepingin banget. Kebanyakan sih mie biasa terbuat dari tepung atau gandum. Tapi saat ini bahan baku pembuatan mie sudah beraneka ragam. Ada mie yang terbuat dari jagung, ubi jalar, tepung beras, kacang hijau, tepung sagu dan lain-lain.


Awalnya sih saya gak tahu tentang mie sagu. Waktu itu mbak Dwinanya Bang Atta posting tentang cara memasak mie sagu. Saya penasaran banget karena di sini ga ada yang jual mie sagu. Iseng-iseng tanya beli mie sagu di mana sih? Eh ternyata malah dikirimi mie sagu mentah sama Mbak Dwina. Jadi enak banget ya hehehe. Terima kasih loh mbak kiriman mienya.

Oh ya mie sagu ini memang makanan khas dari daerah di Riau, tepatnya Selat Panjang. Buat orang sana ini sudah tidak asing lagi, waktu cerita ke Mak Waya yang orang sana dia malah kangen katanya makan mie sagu, selama di Jakarta belum pernah makan mie sagu lagi. Duh maaf ya jadi bikin kangen kampung halaman ya.

Warna mie sagu ini berbeda dengan mie pada umumnya, mie ini berwarna abu-abu dan bentuknya lebih besar dari mie lainnya yang biasa saya makan. 

Saya langsung ingin merasakan makan mie sagu ini. Dengan pedenya saya buat mie rebus. Sebelumnya mie saya rebus dengan air panas dulu. Lalu di masak dengan bumbu seperti biasa kita memasak mie rebus. Rasanya enak tapi kalau di diamkan terlalu lama kuah atau airnya habis terserap mie. Kata Mbak Wina biasanya memang di masak dengan cara di goreng . Wah saya salah ya hehehe.


Akhirnya di lain kesempatan saya masak lagi mie sagu,kali ini digoreng, karena bahan pelengkap hanya ada bakso dan ketimun ya gak masalah lah.

Allhamdulillah masak mie sagu goreng berhasil. Dan memang benar kalau mie sagu ini lebih cocok di masak dengan cara goreng. Di tambah bawang goreng,telur dan daun bawang lebih enak.

33 comments:



  1. semoga kapan-kapan bisa nyicipin.

    enak nih kayaknya

    ReplyDelete
  2. Kalau saya makanan apa aja seru banget kalau ditaburin bawang goreng. malah sengaja beli ke warung yang udah jadi biar nggak capek gorengnya. Hehe bilang aja malas goreng sendiri :D

    ReplyDelete
  3. aiihh jadi penasaran sama mi sagu mbak.. rasanya mirip mirip mie lainnya atau ada yang beda mbak?

    ReplyDelete
  4. Mbaaakkk di pontianak juga ada mie sagu. Tapi prnyajiannya beda. Gak di goreng dan gak direbus kayak mie biasa. Tapi ditumis pake kucai. Terus makannya ntar pake kuah cabe yang ada kacang tanahnya gitu. Enak bangeeettt. Kapan kapan mau posting aahh mie sagu pontianak. 😆

    ReplyDelete
  5. duuuhh mbak Lid bikin ngences pagi-pagi.. hahahaha

    ReplyDelete
  6. baru tau ada mie sagu.. enak ya mba.. aku pengen cobaiiiinn..

    ReplyDelete
  7. jadi penasaran pingin nyoba jg :D

    ReplyDelete
  8. Belum pernah makan mie sagu, dr fotonya keliatan enak mbak :)

    ReplyDelete
  9. Menggoda itu yang kedua,.
    nama menunya apa mba? Mie Sagu Goreng Chef Fitri hehe

    ReplyDelete
  10. di Siak banyak banget mi sagu hehehe. pernah makan sekali,dikasih tetangga,enak ternyata hehe

    ReplyDelete
  11. nyam, nyam, nyam,... kayaknya enak yah? :p

    ReplyDelete
  12. Duuhhh enak banget kayaknyahhhh.
    Bisa alternatif mie instan don ya mak?

    ReplyDelete
  13. Teksturnya kayak kwetiauw ya, Mbak. Rasanya gimana? Lebih mirip mie atau kwetiauw?

    ReplyDelete
  14. lbh baik ya drpd mie instan.. menggoda bgt mie nya hehe..

    ReplyDelete
  15. Ribet gak sih cara buatnya? Di Sultra tuh bnayak banget sagu, hanya kebanyakan diolah jadi Sinonggi(di Papua disebut Pappeda), pengen coba kalau dijadiin mie..

    ReplyDelete
  16. Belum pernah makan mi sagu Mbaaa T.T

    ReplyDelete
  17. kayaknya enak nih, kenyal-kenyal, ya.
    Itu mie mentahnya kering atau basah, mbak?

    ReplyDelete
  18. mie sagunya pasti enak sekali ya mbak...nyam nyam nyam...

    ReplyDelete
  19. penasaran sama rasanya mie sagu itu pengen nyoba

    ReplyDelete
  20. Saya penyuka mie.. Kayaknya boleh dicoba nih mie sagu dari Riau ini.. :)

    ReplyDelete
  21. Belum pernah nyoba Jeng. kreativitas membuat mi dari bahan setempat yang dijumpai yaitu sagu. Salam

    ReplyDelete
  22. hmmmm... gmn rasanya tuch mbak

    ReplyDelete
  23. Hihihi, salah, ya. :D
    Tapi yang berkuah dr foto nampak enak. :P Segaar, MbakLi. :D

    ReplyDelete
  24. Baru tau ada mie sagu. Enak banget dimakan anget pas cuaca dingin ya :)

    ReplyDelete
  25. wah sepertinya lebih enak dan lebih sehat ya mb, suami saya orang riau tapi dia kok ga ngerti yak?hahaha

    ReplyDelete
  26. tampaknya nikmat sekali itu yang digoreng

    ReplyDelete
  27. Waaaa, jadi pengen..... Seumur2 blm pernah merasakan mie sagu aqnya, mba... Enakan mana sama mie biasa? Bisa beli di mana tuh, mba?

    ReplyDelete
  28. Mau donk, mba Lidya... Kapan masak lagi? Kabari biar aq berkunjung yaaa! Hehe

    ReplyDelete
  29. Aku baru tau ada mie sagu di riau, yg gw tau kalo sagu pasti indonesia timur hehe

    ReplyDelete
  30. Wah, kayaknya enak niih. Jadi pengen

    ReplyDelete
  31. Hehehee makanya aku heran kok fotonya direbus?? Ternyata memang salah masak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...