badge

Saturday, June 20, 2015

Pentingnya Memilih Tabungan Anak

Mengajarkan anak untuk menabung sejak dini itu penting. Selain belajar menyimpan uang juga untuk belajar menahan diri dari membeli sesuatu yang tidak penting. Namanya anak-anak pastilah kesukaannya membeli mainan, atau buku kalau anak-anak saya sih.

Melalui celengan awalnya saya mengajari anak-anak untuk belajar menabung. Mulai dari celengan kaleng biasa sampai celengan dengan bentu-bentuk yang menarik. Bahkan saya pernah melihat celengan berbentuk mesin ATM dalam ukuran mini, alat ini selain untuk menyimpan uang juga bisa mengambil uang menggunakan kartu ATM, menarik sekali ya. Memang melalui hal-hal yang menyenangkan ini lah kita bisa mengajarkan anak menabung.

Seiring waktu berjalan, karena sering melihat orang tuanya pergi ke bank atau mengambil uang di mesin ATM jadilah anak-anak juga ingin mempunyai kartu ATM dan buku tabungan sendiri katanya. Apalagi saat ini banyak tabungan anak yang di tawarkan berbagai bank dengan kartu dan buku bergambar kartun kesukaan anak-anak.


Waktu itu kebetulan sekali si sulung baru saja di khitan dan memasuki bulan ramadhan mendapatkan uang dari sanak keluarga, tentu saja si bungsu juga kebagian uangnya. Momen ini saya gunakan untuk mengajarkan mereka menabung di bank. Saya memilih CIMB Niaga Tabungan Junior karena promonya Spongebob kesukaan anak-anak. Apalagi saat itu jika menabung dengan setoran awal tertentu akan mendapatkan tas ransel Spongebob, wah tambah senang sekali mereka apalagi punya kartu ATM sendiri. Uang yang mereka miliki saya jadikan setoran awal. Selanjutnya mereka menabung dari sisa uang jajan harian yang saya berikan. Kecuali si kecil ya belum diberikan uang jajan, jadi sesekali dia menabung dari uang yang memang sengaja kami berikan. Sampai saat ini sih ATMnya belum pernah digunakan untuk mengambil uang, paling mengecek saldo saja mereka sudah senang sekali.


Nah beberapa waktu yang lalu teman saya curhat, katanya anaknya merengek ingin punya tabungan di bank. Teman saya ini bingung harus pilih bank mana yang bagus untuk tabungan anak. Untunglah saya baru membaca webnya cermati.com, dan mengarahkan teman saya kesana untuk perbandingan dan memilih bank mana yang cocok. Bukan hanya tabungan ada pula informasi berbagai kredit seperti kredit multiguna dan lain-lain.

Cermati merupakan perusahaan start-up yang bergerak di bidang teknologi financial Indonesia yang didirikan oleh tenaga ahli dari Silicon Valley. Yang mempunyai visi menjadikan informasi financial lebih mudah diakses dan berguna dengan menggunakan platform teknologi. Dan Misi mereka adalah memungkinkan setiap orang untuk mendapatkan kendali atas situasi financial mereka, dan menghemat uang mereka dengan membuat keputusan financial yang cermat.

Di web juga saya bisa membaca berbagai artikel keuangan yang saya butuhkan, contohnya ada 5 Tips Memilih Tabungan Untuk Anak. Cocok sekali nih apa yang sedang dibutuhkan oleh teman saya. Menurut yang saya baca sebaiknya setoran awal juga berasal dari uang milik anak sendiri sehingga mereka bisa mengklaim bahwa itu tabungan mereka. Wah jadi yang saya terapkan selama ini tidak salah ya, anak-anak menabung dari sisa uang jajan mereka.

Kembali lagi ke tabungan anak ya, Untuk CIMB Niaga Tabungan Junior misalnya disana sudah tertera berapa besar setoran awal, diskon menarik yang bisa digunakan hingga mainan gratis yang disediakan. Ada beberapa yang bisa kita pilih dan bandingan sebelum memutuskan tabungan mana yang akan dipilih.



Tinggal pilih-pilih saja deh tabungan anak mana yang cocok buat kita. Dengan mengajarkan anak menabung sejak dari dini bisa membiasakan si anak pandai menabung hingga besar nanti.

29 comments:

  1. wahh seru nih..
    kirain yang bs nabung yg udah ad KTP aja
    jadi ga sabar anakny lahir hehe
    bagus tu mak kalo ad cermati..
    jadi kita bs melek keuangan ya..
    mksh sharingny ^^

    ReplyDelete
  2. Yang betah ya menabung diniaga :D
    coba sek ah... milih2 dulu pasnya apa pake cermati

    ReplyDelete
  3. Wiih mantap, aku jg lg baca2 nih mbak di cermati, tertarik pengen nyoba tabungan deposito ^^

    ReplyDelete
  4. Anak sy jg udah punya tabungan di sebuah bank syariah...angpao lebaran, angpao sunatan, ditabung...:)

    ReplyDelete
  5. Alif blm punya ATM baru nyelengin az niih...

    ReplyDelete
  6. Anakku udah punya dong tabungan sendiri.. perolehan angpau dia jika lebaran

    ReplyDelete
  7. bagus sedari kecil sudah diajarkan menabung, anakku disekolahnya sudah ada tabungan dari bank, jadi banknya datang setiap hari jum'at mengambil tabungan anak-anak diakhir semester biasanya buku tabungannya dibagikan terserah ingin melanjutkan atau diambil, anakku Icha diterusin saja nanti saja kelas 6 baru diambil, kemarin kakanya yang kelas 6 baru saja ngambil tabungannya lumayan banget....hehehe...dia piknik bayar perpisahan dari uang tabungannya sisanya buat ditabung lagi dan beli barang keinginannya :) lumayan kan duit emaknya ngga keluar duit, lumayan buat beli sembako...heheheh

    ReplyDelete
  8. eh yg cimb ini ada yg syariahnyakah yg u anak

    ReplyDelete
  9. anak-anak saya semuanya udah pada punya tabungan anak. Tapi, suami yang bukain. Mungkin kalau velum punya memang bagus juga lihat di Cermati dulu, ya. Buat referensi :)

    ReplyDelete
  10. Ya ampun, kartunya Spongebob ;)) Bisa bikin anak semakin rajin nabung ya kalau didukung dengan gambar yang lucu2 :D

    ReplyDelete
  11. Wah saya kalah nih sama anak'a mba yg udah punya tabungan

    ReplyDelete
  12. Dari kecil anak memang harus diajari menabung yah

    ReplyDelete
  13. Betul sekali, anak-anak perlu diajari mengenai menabung, sehingga pas udah masuk usia remaja gak kewalahan lagi mengontrol keuangan mereka.

    ReplyDelete
  14. Waa harus siap nih kalo besok tau2 Jiwo minta punya ATM juga :D

    ReplyDelete
  15. baru tau nih ada kartu Spongebob, pastinya bikin anak2 kecil getol menabung :)

    ReplyDelete
  16. Waah ATM nya lucuuuk, Thifa juga udah punya ATM, tapi maknya yang pegang hehe

    ReplyDelete
  17. jadi semangat nabung yaaa...
    dan ngajarin anak hemat dari kecil itu penting

    ReplyDelete
  18. ATMnya gbar kartun gitu, ya. Hihihi
    Mau banget utk anak2 saya kelak, Mbak. :D

    ReplyDelete
  19. perlu komitmen ya untuk nabung gitu, suka semangat awal2 doang euy kadang. Lebih suka kalau autodebet dari gaji langsung ke tabungan

    ReplyDelete
  20. Mak Lid, Kalo buka tabungan anak. Jadina QQ atau nama anak sendiri?
    Pengen bikin Tapi masih galau.
    Makasih infonya, Mak

    ReplyDelete
  21. aih semangat menabung ya Calvin... yuk yuukk diperbanyak saldonya

    ReplyDelete
  22. Nabung buat anak anak mah di sekolahan aja bu

    ReplyDelete
  23. Menabung memang harus dibiasakan sejak kecil ya. Anak-anakku juga punya tabungan sendiri, biasanya dikumpulin dulu sampe agak banyak dari uang jajannya, baru ditabung di bank.

    ReplyDelete
  24. tabungan anak memang sangat penting untuk keperluannya juga nantinya dan membantu meringankan beban kia, istilahnya tinggal kurang2 dikit mah, cari tambahnya lebih gampang

    ReplyDelete
  25. Anakku dulu didatengin sih dr bank ke sekolah.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...