badge

Thursday, July 23, 2015

Cookies Cinta Untuk Pakde dan Bude

Sudah lama nih tidak ikutan Giveawaynya Pakde Cholik  di Blogcamp. Dalam rangka memperingati hari lahirnya Pakde pada tanggal 23 Agustus nanti sedang diadakan Giveaway Mini : Sepotong Kue Untuk Pakde. Walaupun di woro-woronya tidak ada pemberitahuan ulang tahun, tapi saya yakin kok tanggal lahirnya Pakde :).

Tidak banyak yang bisa saya berikan pada Pakde di hari ulang tahunnya nanti. Hanya doa yang bisa kami panjatkan untuk kesehatan, kesuksesan Pakde untuk program satu bulan satu buku di tahun 2015 ini, dan juga kemesraan dengan Bude Ipung senantiasa terjaga.

Sesuai permintaan Pakde, ingin dibuatkan sepotong kue yang pas di hati, di lidah dan di mata. Untuk itu saya ingin mempersembahkan Cookies Cinta Untuk Pakde dan Bude. Sengaja cookies ini ditambahkan nama bude karena pakde inta bude :). Walaupun bukan koki atau Chef handal tapi percayalah pakde cookies ini kami buat dengan penuh cinta. Special untuk Pakde dan Bude tercinta dari kami di Bekasi. Pembuatannya pun baru bisa dilaksanakan setelah kembali ke rumah di Bekasi.

Pas sekali hari ini tanggal 23 Juli diperingati sebagai hari anak international. Aa dan Ade sewaktu saya beritahu mau buat cookies mereka ingin ikutan dan yang mengeksekusi pembuatan kuenya. Mulai dari belanja bahan kue di pasar, membuat adonan, membakar kue di oven hingga menghias anak-anak ikut membantu. Karena ada rebutan soal rasa cookes yang original dan coklat akhirnya adonan saya bagi dua saja bereskan keinginan mereka bisa terwujud.

peralatan, bahan kue dan dua orang chef cilik

Yuk kita mulai membuat Cookies Cinta.


Alat-alat yang digunakan :
  • Mixer.
  • Oven.
  • Cetakan kue.
  • Kuas untuk mengoles hiasan pada cookies.
  • Tempat untuk mengaduk adonan.

Bahan-bahan :
  • 150 gram mentega.
  • 50 gram gula halus.
  • 250 gram tepung terigu.
  • 1/2 SDM maizena.
  • 2 butir kuning telur.
  • Coklat bubuk (optional), disini saya gunakan karena adonan dibagi menjadi dua yang satu rasa coklat yang satu plain.
Hiasan diatas cookies :
  • 2 butir telur putihnya saja.
  • 200gram gula halus.
  • Vanila.
  • Air jeruk secukupnya.
  • Pewarna sesuai selera. Di rumah adanya warna kuning dan merah.
Cara Membuat Cookies :
  • Kocok mentega dan gula halus hingga tercampur (kalau saya pakai mixer), lalu masukan kuning telur dan kocok lagi sebentar.
  • Masukkan terigu sedikit demi sedikit aduk menggunakan pengaduk dari kayu.
  • Aduk hingga adonan bisa di cetak.
  • Giling adonan sesuai selera tebalnya, lalu di cetak mengunakan cetakan yang ada.
  • Panggang adonan hingga matang, kalau yang bentuk huruf karena tipis saya panggang menggunakan oven listrik tidak sampai 15 menit sudah matang.
  • Keluarkan cookies yang sudah matang sambil menunggu hiasan.

Cara Membuat hiasan :

  • Kocok putih telur hingga mengembang.
  • Lalu masukkan gula halus sambil terus di kocok menggunaan mixer.
  • masukkan vanila.
  • Bagi adonan gula (icing) untuk hiasan menjadi dua untuk di warnai menggunakan pewarna makanan sesuai selera.
  • Masukkan icing kedalam plastik untuk ditaruh diatas cookies sebagai hiasan.
  • Berhubung anak-anak agak salah mengeksekusi icing, jadilah agak gagal sedikit. Icing terlalu encer. Ini sebabkan putih telur dan gula langsung dimasukan secara bersamaan. Saat itu saya sedang mengecek cookies di oven.
  • Walaupun agak encer masih bisa dibuat hiasan kok, saya minta anak-anak untuk mengoleskan icing diatas cookies menggunakan kuas kecil.



Ini dia cookies untuk pakde dan bude persembahan saya dan anak-anak
Pakde dan Bude walau penampakan Cookies Cintanya kurang sempurna mohon diterima ya, rasanya enak sekali loh, gurih renyah dan ada rasa manis dibagian atas cookiesnya. Harap maklum dengan ketidaksempurnaan kami ya karena kesempurnaan hanya milih Allah.

Belum waktunya mengucapkan selamat ulang tahun, tapi saya persembahan cookies ini terlebih dahulu ya. Insya Allah ucapan akan saya sampikan tanggal 23 Agustus nanti. Salam kami dari Bekasi untuk Pakde dan Bude di Jombang. Titip salam juga buat Emak ya pakde.

cookies tulisan pakde dan bude rasa coklat dibuat dengan alfabeth cutter, dan yang lainnya rasa plain dibuat dengan cetakan dari Ikea. Untuk huruf saya yang mencetak sedangkan lebihnya anak-anak.



Tulisan ini saya persembahkan untuk Giveaway Mini : Sepotong Kue Untuk Pakde

38 comments:

  1. wuaaah, saya mau cookiesnyaaa! :D
    semoga beruntung ya bun~ :)

    ReplyDelete
  2. Yang penting prosesnya ya, seruuuuu bareng kiddos :)))

    ReplyDelete
  3. Wah cookiesnya imut2, mau juga dong dibuatin cookies seperti ini :)

    ReplyDelete
  4. seru pisan ey....jadi pengeen...maaf lahir batiin mba lidya...

    ReplyDelete
  5. Alvin n pascal..tante jg mau dong dibuatin cookiesnya..

    Klo punya mixer n oven mau deh mbak nyobain bikin.

    ReplyDelete
  6. Sepertinya cookiesnya enak dan renyah, pasti pakde dan bude suka deh

    Salam Blogmate Indonesia

    ReplyDelete
  7. Persembahan yang istimewa buat Pakde dan Bude nih Mbak..
    Semoga sukses GA nya ya..

    ReplyDelete
  8. cookiesnya bikin ngiler aja mba :D
    cobain 1 boleh dong hahaha

    ReplyDelete
  9. Aiiih, mau dooong nyicip kukis cintanyaaaa

    ReplyDelete
  10. Eeeee aku kok nggak pesan aja sini yaaa heheheee

    ReplyDelete
  11. aih,serunyaaaa....
    mau kookiesnyaa^^

    ReplyDelete
  12. Asyik, pakdhe dibuatkan cookies. :D

    ReplyDelete
  13. kayanya enak banget tuh cookiesnya dibuat dengan penuh cinta :)
    Sukses GA nya mba :)

    ReplyDelete
  14. kapan ya bisa icip icip cookies buatan mbak Lidya, dilihat penampakanya menggoda selera tuh :)

    ReplyDelete
  15. Aku ikoooottt.... semangat nih liat kukis mak Lid!

    ReplyDelete
  16. aku mau mbak cookisnya....kirim donkkkk

    ReplyDelete
  17. kirim kukisnya ke lombok dong mak ...hahahhaa..
    huaaahh cantik nih kukisnya, apalagi dibuat dengan penuh cinta dari cucu2 pakde yang ganteng diatas itu ^_^

    sukses GAnya ya mak :)

    ReplyDelete
  18. Aiih lucu-lucu kuenya, pke cetakan alphabet pulaa..

    ReplyDelete
  19. Saya tidak berani ikutan hehe. Tidak punya resep kue

    ReplyDelete
  20. masih bisa ga ya ikut GA ini atau udah ditutup mba?

    ReplyDelete
  21. insya alalah menang nih GAnya

    Kreatif bgt

    ReplyDelete
  22. Hihihi. . .imut bangeet kuenya. :D

    Moga menang, Mbak.

    ReplyDelete
  23. waaah... senangnya, pakde dan bude dikasih kue buatan aa dan dd dgn penuh cinta :)

    ReplyDelete
  24. aduh pak de, saya jangan disuruh masak ya bisa berantakan entar hehe, mbak Lidya pinjam atuh cetakan kuenya,, kalo bikin buat anak2 pasti seru mbak

    ReplyDelete
  25. Hihihi yang penting bikinnya pakai cinta ya Mbak. Lagian penampakannya oke oke aja kok Mbak :)

    ReplyDelete
  26. Kreatif bgt nih mb Lidya...kue yang lucu dan imut tentunya pas di hati dan cocok di lidah...semoga Pakde dan Bude berkenan serta mb Lid sukses dg GA-nya

    ReplyDelete
  27. keren mba lia sama dua cheff handal

    ReplyDelete
  28. So sweet banget ya bikin cookies buat pakde dan bude nya :D mau juga dong dibuatin cookies xD hihihi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...