badge

Saturday, August 8, 2015

Lukisan Sunflowers Karya Van Gogh

Sunflowers adalah salah satu lukisan Van Gogh yang terkenal di dunia. Awalnya saya hanya tahu bahwa lukisan tersebut ada satu. Setelah menonton film Detective Conan : Sunflowers of Inferno saya baru tahu bahwa lukisan tersebut dibuat sebanyak 7 buah. Ternyata setelah saya browsing betul lukisan Sunflowers ini memang dibuat sebanyak 7 buah.

Di film Conan tersebut ketujuh lukisan Sunflowers muncul dalam sebuah pameran yang diadakan oleh keluarga Suzuki di Jepang. Pada film tersebut lukisan ke dua dan kelima akan di curi karena memiliki hubungan emosional dengan kedua lukisan tersebut. Apakah Conan berhasil menggagalkan pencurian itu di tonton aja filmnya ya :).

Kalau bukan karena ikut anak dan suami nonton film Conan mungkin saya tidak akan mencari tahu tentang lukisan sunflowers ini. Kebetulan Aa hobi sekali membaca dan mengkoleksi komik Detektif Conan yang saat ini komiknya sudah sampai edisi 84. Conan the movie ini adalah film yang ke-19. Saya sendiri baru menonton filmnya satu kali ini

Seperti yang kita ketahui Van Gogh adalah seorang pelukis terkenal asal Belanda yang lahir pada 30 Maret 1853 beraliran pasca impresionis yang sudah menghasilkan banyak lukisan indah. Saat ini lukisan asli dari Sunflowers saat ini hanya ada lima berada di Galeri Nasional London, Museum Amsterdam, Tokyo, Muenchen, dan Philadelpia Amerika Serikat. Kalau di film Conan dua yang hilang diceritakan ditemukan di Jepang.

Gambar di ambil dari Wikipedia

Lukisan ini harganya mencapai 100 juta poundsterling. Gambar-gambar Sunflowers saat ini banyak digunakan untuk kartu pos, mangkok, poster, kalender dan lain-lain. Gambar bunga matahari ini memang cantik sekali dijadikan hiasan. Bunganya pun indah, waktu saya kecil sempat punya bunga ini di halaman.

Ternyata bunga matahari ini bunga nasional Ukraina juga bunga resmi negara bagian Kansas. Bijinya juga enak dimakan biasanya sebagai kuaci. Jadi ingat hewan hamster yang makanannya biji bunga matahari. Jadi kepingin sekali menanam bunga matahari di rumah nih, indah pastinya ya

32 comments:

  1. Bagus-bagus memang lukisannya ya Mbak. Kalo yang dua hilang kenapa ya Mbak?

    ReplyDelete
  2. Waaaw... Lukisannya mahal gitu yaa. Hihi.. Ngga kebeli ah klo aku :v

    ReplyDelete
  3. Bagus ya lukisan nya. Lagi musim bunga matahari banget disini. Dimana mana lg dijual bunga matahari.

    ReplyDelete
  4. harganya mahal banget... eciye header baru :D

    ReplyDelete
  5. Saya suka banget makan kwaci bunga matahari mbak, :). Tapi disini bunganya, jarang sekali ketemu. Lebih suka tanam bunga kamboja kayaknya

    ReplyDelete
  6. Saya malah baru teringat kembali dengan lukisan ini setelah membaca tulisannya mbak, bahwa ada banyak karya satra yang begitu menarik untuk kita teliti. Salah satunya ya lukisan Sunflowers van gogh. Mungkin kita selama ini lebih terkesima akan pamor dibalik kemisteriusan lukisan monalisanya Da Vinci, sehingga karya2 seperti lukisan Sunflowers ini terkesampingkan....

    ReplyDelete
  7. 100 juta poundsterling kalau di rupiahin nol nya banyak banget ya *fiuh

    ReplyDelete
  8. Baru baca ceritanya, lukisannya seperti asli bunga mataharinya

    ReplyDelete
  9. Lukisan Van Gogh memang sangat terkenal, tp ya ampuuun itu filmnya nggak banget, kesukaan suamiku juga hahahaaaa

    ReplyDelete
  10. Pelukis emang suka bikin beberapa frame untuk satu karya. Ada juga yang dibikin berseri.

    Van Gogh emang keren harganya. Eh pelukis Indonesia juga ada yang harganya satu milyar lebih kaya karyanya Nyoman Masriadi. Padahal kalo liat gambarnya, hadeuuuh...

    ReplyDelete
  11. Bungan matahari bagus2 dr dulu kepingin nanem tp blm kesampaian hiks

    ReplyDelete
  12. Keren ya lukisannya, biarpun hanya didominasi warna kuning, tapi kesannya memang beda kalo dilukis sama pelukis kelas dunia...
    Apa kabar Lidya?
    Mohon maaf lahir batin ya...ini masih dalam rangka lebaran ceritanya...hehe

    ReplyDelete
  13. lukisannya harganya mahal sekali ya.

    ReplyDelete
  14. Aku suka semua hal tg bunga matahari malah kwacinya juga suka hehehe. Wah teh Lidya kereeen tau sejarahnya Van Gogh dan koleksi komik Detective Conan Aa juga keren udah 84 aja

    ReplyDelete
  15. Aq ga mudeng ama filmnya Lia. Tapi untukku yg sama sekali ga suka bunga, satu2nya bunga yg cantik emang bunga matahari ini. Kok bisa pas banget sih jadi postinganmu, kamu suka kepoin aku yaaa hahahaaa

    ReplyDelete
  16. pengen banget nanem bunga matahari di depan rumah.. tapi udah ada pohon kemboja... kira-kira mecing ga sih bunga matahari ama pohon kemboja *ini pertanyaan yang rada ga nyambung ama postingan.. hihihihi

    ReplyDelete
  17. Waktu bongkar2 lemari beberapa tahun lalu, aku nemu buku kecil yang isinya karya beberapa pelukis diantaranya lukisan Van Gogh. Duh dimana ya itu bukunya sekarang?

    ReplyDelete
  18. Suamiku punya 3 buku yang isinya lukisan2 salah satunya Van Gogh. Duh kemana sekarang buku itu ya *harus bongkar2 container dulu :D

    ReplyDelete
  19. Mencengangkan harga lukisan ini....

    ReplyDelete
  20. Mba lia, bunga matahari emang cantik apalagi di lukis sama ahlinya dan dimasukkan ke dalam film detektif conan. Jadi pingin samperin Aa pinjrm komiknya

    ReplyDelete
  21. Lukisan yang satu ini memang ngetooop banget ;)

    ReplyDelete
  22. Van gogh kayaknya demen banget melukis sun flower :D

    ReplyDelete
  23. Subhanallah...apik e lukisane....

    ReplyDelete
  24. bagus sih lukisannya... tapi muahal banget harganya xD

    ReplyDelete
  25. Gambarnya sederhana yaa...tak sesederhana harganya! Hehe :)

    ReplyDelete
  26. Aku juga dah nnton conan level yg ke 19.
    Eh ternyata stelah browsing, ada nih penjelasannya.. :D

    ReplyDelete
  27. Sukak nih film ama penjelasannya :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...