badge

Thursday, August 13, 2015

Membuat Takoyaki dan Okonomiyaki Sendiri

Aa suka sekali makan takoyaki, makanan khas dari Jepang yang terbuat dari tepung terigu berbentuk bulat biasanya di isi gurita atau bahan lainnya. Kalau di Mal sih biasa di jual 15-20 ribu untuk isi 5 buah. 

Nah belum lama ini Nely bundanya Adam pemilik blog http://www.mychaoskitchen.com menawarkan satu set bahan untuk membuat takoyaki. Wah boleh juga nih jadi bisa masak sendiri di rumah, apalagi saos takoyakinya halal, tanpa bahan pengawet, no alkohol, no sake dan no mirin. Satu set terdiri dari :
  • 4 tepung terigu.
  • saos takoyaki.
  • Saos sambal
  • Mayonaise.
  • katsuobushi (ikan serut).
  • anori (rumput laut)




Sore hari setelah pulang sekolah anak-anak langsung deh di eksuekusi membuat takoyaki. Untungnya sudah punya cetakan takoyakinya, emang niat banget deh ceritanya buat masak sendiri. Untuk memasaknya mudah kok sudah ada cara membuatnya juga. 

Bahan lain yang perlu di siapkan :
  • 1 butir telur (untuk 1 bungkus tepung terigu yang ada).
  • Air 250 ml.
  • irisan daun bawang (optional)
  • irisan kubis (optional juga)
  • untuk isinya bisa menggunakan gurita, ayam, keju, irisan sosis dan lain-lain. Pokoknya optional. Saya tidak menggunakan isi rasanya juga sama enaknya kok.

Cara membuat takoyaki :
  • Campur 1 bungkus tepung terigu dengan satu butir telur dan tambahkan 250 ml air lalu di aduk sampai rata. Untuk isi takoyaki sesuai selera saja atau sesaui adanya bahan kalau saya sih :).
    adonan takoyaki
  • Panaskan cetakan takoyaki atau Takoyaki Maker dengan api yang sedang saja. Oleskan sedikit minyak.
  • Masukan adonan secukupnya ke dalam cetakan, jangan terlalu penuh ya.
    adonan sebelum berbentuk bulat, abaikan bentuk yang tidak karuan ya :)
  • Kalau sudah agak kering pinggirnya balik menggunakan sumpit, lalu isi lagi ke dalam cetakan kemudian balikan lagi adonan sehingga berbentuk bulat. Di awal saya juga tidak terlalu bulat kok saat membuatnya.
  • Bolak balik bulatan takoyaki hingga matang.
  • Setelah matang siap disajikan menggunakan saos takoyaki, mayonaise, katsuobushi dan anori.
takoyaki ala chef abal-abal hehehe
Okonomiyaki.

Nah kalau tidak punya cetakan takoyaki jangan khawatir karena bisa menggunakan di wajan biasa kok. Buat seperti telur dadar minyaknya gak usah banyak-banyak. Rasanya juga sama seperti takoyaki hanya bentuknya saja yang berbeda, Kalau di Jepang Okonomiyaki ini disebut juga Japanesse Pizza.
Okonomiyaki siap makan
Satu bungkus tepung terigu di makan berdua aja nih sama Aa dan Ade, mereka ketagihan. Sarapan pun minta di buatkan lagi. Oh ya bahan takoyaki ini untuk saosnya bisa bertahan selama 3 bulan di dalam kulsas. Yang mau coba buat sendiri bisa pesen bahannya sama Nely atau lewat saya juga boleh nanti di sampaikan ke Nely :)

72 comments:

  1. Aku mau dong pesan adonannya, bisa kirim ke yogya nggak ya :D
    Anak-anak juga suka takoyaki ini, kalau di yogya masih murah, Lidya. 10 ribu isi 5.

    ReplyDelete
  2. Rajin bingits sih mba lia ini, kirim doong

    ReplyDelete
  3. hayo di order.. makasih ya mal ;)

    ReplyDelete
  4. seumur2 belum pernah makan ini mak hehehe,,jadi penasarannn

    ReplyDelete
  5. Duh oishi banget pasti nih surabinya. :p

    ReplyDelete
  6. punya gw masih nangkring di kulkas utuh...pemalesan akuutttt...=))

    ReplyDelete
  7. Aduhhh jd kepengen makannn nyaaa.. Bikin ah kpn2 hehehe

    ReplyDelete
  8. Wah, enak sekali ini Mak. Takoyaki Makernya bikin lebih gampang ya :D

    ReplyDelete
  9. Hmm...di Semarang ada yg jual gak yaaa... klo enggak pesen aja deh via kamu ya Lia :)

    ReplyDelete
  10. wah jadi pengen, harus pake tepung takoyakinya ya mbak? gak bisa pake tepung biasa?

    ReplyDelete
  11. ngilerr... aku mau dooonk dibuatin maak..

    ReplyDelete
  12. kalo menurut aku okonomiyaki itu mirip bakwan yah mbak.. wahahahahahaha

    ReplyDelete
  13. Kalau pake tepung terigu biasa bisa gak mbak? Makasih :))

    ReplyDelete
  14. Aku suka beli di ambasador cuman 15 ribu

    ReplyDelete
  15. Nggak punya cetakannya, itu cetakan bisa buat kue lumpur, kue cubit, martabak mini dll, kan?

    ReplyDelete
  16. aku ndeso baru tau sekarang nih Tokoyaki ini

    ReplyDelete
  17. Headernya manis bangeeet. ;)
    Pingin buat juga.

    ReplyDelete
  18. aku minta dibuatin ini kalau maen ke rumahmu mbak :)

    ReplyDelete
  19. enak mak,, hobi deh makan itu. jadi bisa order nih,,, infonya manfaatt banget mak ,,, :*

    ReplyDelete
  20. Duh... jadi pengen makan lagi, hasil olahan tangannya menarik dan sayang kalau tidak dicoba.

    ReplyDelete
  21. waaah... bisa bikin sendiri dong ya di rumah :) tapi kalo ga punya cetakan takoyaki gimana dong.. pake cetakan kue cubit bisa kali ya? hihihi

    ReplyDelete
  22. Aku nyetok katsobusi dan anori, mak. Lagi itu pesan teman yg baru plg dr jepang. Kl adonannya mah gampang ya. Jd kadang2 kl lagi pemgen bisa lgsg bikin.

    ReplyDelete
  23. weleh bikin ngiler ini mama, pantesan pakai tepung na beda yaa :D

    ReplyDelete
  24. Kemarin pas ibuku ke Jepang tiap hari beli takoyaki... abis enak dan ngenyangin. Di sini takoyaki yang merek hits, 100 ribu 12 biji wkwkwkwk... asem...
    Mau dong takoyaki bikinan Mbak Lid...

    ReplyDelete
  25. Wah template baru nih, hehe.
    Kayaknya enak tuh takoyaki. Pengen nyoba ah

    ReplyDelete
  26. Kayaknya aku blm pernah deh icip santapan ini mak...meski namaya sdh pernah dengar....hehehe

    ReplyDelete
  27. huwaaahhhh teteh keren punya cetakan takoyaki segalaaa *takjub*

    ReplyDelete
  28. Meski di coba juga neh bikin di rumah

    ReplyDelete
  29. ebuset, emak yang satu ini rajin banget :)
    kayaknya segala macam bisa deh...

    sekalian request dorayaki yaaaaaaa

    ReplyDelete
  30. waah ... enaknya
    ntar penngen coba juga ah

    ReplyDelete
  31. nyomot atu buat sarapan,, hehehhee

    ReplyDelete
  32. Kalau bahannya ada cetakan mah nomor 2, kalau sudah jadi bentuk mah tidak masalah..yang penting rasanya^^ hihi...

    ReplyDelete
  33. Bisa nih bu bikin kedai takoyaki di rumah.... Jualan aja, bu. Lumayan, hehe

    ReplyDelete
  34. ngenceees....iyaa naksir cetakan takoyakinya mba lid hihihi

    ReplyDelete
  35. Mbak liddd. Mau donggg. Kontaknya apa biar bisa beli lansung. Atau mbak mau pesankan buat aku. Email yaaa 😁

    ReplyDelete
  36. ini cetakannya bisa buat bola2 nasi itu ya mbak?:)

    ReplyDelete
  37. wahhhh wajib dicoba ini buuun, kebetulan aku lagi seneng masak ini :D

    ReplyDelete
  38. Aku kalo lagi ke mall mesti beli takoyaki bwt anak2. Sayang belum punya cetakannya.

    ReplyDelete
  39. Mbak Lid, lama gak mampir blogmu. Btw skg headernya bagus mb, elegan dan sederhana xixiixix
    Aku paling suka sama takoyaki lhoooo pengin coba tapi ga punya wajan yg bulet2 gt

    ReplyDelete
  40. tepung terigunya khusus ya mba lid...gak bisa pake tepung terigu biasakah? *pengen nyoba*

    ReplyDelete
  41. Pengin nyoba menu takoyaki dan okonomiyaki nih :)

    ReplyDelete
  42. resep baru lagi nih, mbak lidya bisaan aja masak memasak, kudu belajar banyak ini sih kalo saya

    ReplyDelete
  43. aku malah belum cobaa itu rasanya takoyaki -__- padahal penasaran pngn coba udah lamaa
    gampangan bikin sendiri yaaa, mana raciakannya juga tinggal order aja, nanti cobaain ah :D

    ReplyDelete
  44. Aku bukan penggemar jajanan dan makanan Jepang sih :D Tapi kayaknya enak.

    ReplyDelete
  45. Wahhh bisa dicoba nih.... Anak ku suka makanan ini teh :)

    ReplyDelete
  46. kayanya enak banget tuh takoyakinya, mau dong :)

    ReplyDelete
  47. pengen ih... suka bgt sm takoyaki... tp hrs beli dulu takoyaki makernya...

    ReplyDelete
  48. kalau pakai cetakan kue cubit bisa gak, ya? :D

    ReplyDelete
  49. Andai deket, dipastikan saya jamin bantuin lho Mbak?
    Bantu ngabisin takoyakinya, hehehe

    ReplyDelete
  50. Aku suka takoyaki tapi waktu membakarnya itu yg nggak bisa euy krn pake pan bulet2 biasa

    ReplyDelete
  51. Kayaknya enaaaak.. Buatnya gampang yaaah hehehe

    ReplyDelete
  52. Takoyaki buatan Mama pasti terjamin kebersihannya ya Cal-Vin

    ReplyDelete
  53. hhhmm.... ngiler!!
    aku contoh ya resepnya mbak

    ReplyDelete
  54. Belum pernah makan itu mak.... tapi ngebayangin ikan serut, asiikkk banget! *Mupe euy! :)

    ReplyDelete
  55. Mak Lidya, ikan serutnya bisa dibeli di mana? Pengen bikin deh, kayaknya nggak ribet, cucok untuk nyumbang kueh saat kumpul kerabat.

    ReplyDelete
  56. Waah, ternyata bisa bikin sendiri ya kue ini, wajib dicoba deh kapan=kapan

    ReplyDelete
  57. nyammiiii...enak sekali..jd laperrrr

    ReplyDelete
  58. Wah, asyik juga kalo masak sendiri ya, Mbak. :)

    ReplyDelete
  59. Maubuat takoyaki sendiri di rumah ahhh... makasih mbak.. ^^

    ReplyDelete
  60. aaah, enak banget nampaknya takoyakinya mbaaa ^^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...