badge

Monday, September 21, 2015

Kota Bekasi

Waktu saya menulis postingan yang berjudul Landmark Sebuah Kota, Mbak Lusi berkomentar "Heheee akhirnya ada yg nulis ttg Bekasi. Tak banyak tulisan ttg Bekasi meski Bekasi adalah penyokong utama Jakarta". Wah apa iya ya tidak banyak tulisan tentang Bekasi. Sebagai orang yang tinggal di Bekasi sejak tahun 1983 saya jadi mau ikut mengenalkan Bekasi nih sama teman-teman blog. 

Walau sederhana mudah-mudahan saja lebih banyak orang yang mengenal Bekasi dan tidak di bully lagi ya :). Saya akan mengenalkan Bekasi dari lokasi yang dekat dengan rumah ya.

Bekasi ini dibagi menjadi dua bagian ya yaitu Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi. Saya sendiri tinggal di perbatasan Kota dan Kabupaten tapi di KTP saya masuk ke Kota Bekasi. Dulu saat saya kecil masih tinggal di Kabupaten Bekasi bersama orang tua. Kota Bekasi baru berumur 18 tahun, waktu itu dipisah dari kabupaten pada tahun 1997.

Kata Bekasi berasal dari kata Bagasasi yang berarti Chandrabaga yang tertulis di Prasasti Tugu. Kota Bekasi yang mempunyai julukan Kota Patriot  dan Kota Pejuang, saat ini di pimpin oleh Walikota Bapak Dr. H. Rahmat Effendi dan sebagai wakilnya Bapak Ahmad Syaikhu. Ada 12 Kecamatan dan saya berada di Kecamatan Rawalumbu.

Kalau Hollywood punya icon tulisan, nah untuk Kota Bekasi juga punya loh, gak kalah deh pokoknya :). Tapi sayang sekali saya belum menemukan tepatnya tulisan ini berdiri, seingat saya sih belum dua tahun karena jalur ini hampir tiap hari saya lewati.


fotonya kurang jelas maaf :)

Tulisan Kota Bekasi ini berada di pinggir sungai Kalimalang yang berada di jalan Cut Mutiah dan dekat jalan Chairil Anwar. Di belakang tulisan tersebut ada kampus Universitas Islam 45 YPI. Selain itu ada juga Sekolah TK hingga SMA. Dari rumah saya kira-kira berjarak 2 KM. Sungai ini biasa dijadikan latihan olah raga Kano, kayak bahkan perahu oleh mahasiswa.


Di seberang sungai Kalimalang ada sebuah Mall yaitu Blu Plaza, tidak terlalu besar tapi cukup lah untuk berbelanja masyarakat sekitar karena sudah dilengkapi pula dengan dept. store serta Supermarket terkenal. Saat ini sih Mall terbesar sepertinya masih di pegang oleh Summarecon Bekasi. Asyik juga ada Mal di dekat rumah kadang-kadang ada keperluan sekolah anak-anak yang harus mendadak di beli seperti belum lama ini si sulung butuh sarung tangan, saya langsung beli di sana.

Dulunya lokasi mal ini adalah sebagai bumi perkemahan yang cukup luas yang ada di Bekasi. Sayang sekali ya bumi perkemahannya sudah di pindah ke lokasi lain. Saat SMP saya pernah berkemah di lokasi ini juga. Oh ya SMP tempat saya sekolah juga lokasinya dekat dengan Mall ini, berada di depatnya. .

Di tunggu tulisan lain tentang Bekasi ya, semoga teman-teman tidak bosan :). Nanti saya hunting lokasi lain lagi.

65 comments:

  1. Aaah, aku jadi malu jadi orang Bekasi. Kapan-kapan ikutan nulis juga ah. Thanks, sudah diingatkan ya. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak nulis juga tentang Bekasi :)

      Delete
  2. kemarin minggu aku ke bekasi mb, n kayaknya liat tulisan itu

    ReplyDelete
  3. Bekasi biasanya cuma lewat aja heheh... dulu juga pernah main ke mall di bekask tp mbuh apa namanya udah lupa :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mal mana mbak di ingat-ingat biar gak nyasar hehehe

      Delete
  4. Emang nggak boleh kemah di mall ya? Heheheee.... Tapi untungnya maklid udah nggak sekolah situ ya, kebayang habis sekolah ganti baju cuss main ke mall deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau itu SMA mbak, sekolahku dekat Mal lainnya pulang skeolah main juga

      Delete
  5. Replies
    1. Sama nih, belum pernah mampir ke bekasi juga :D kuliner bekasi yang rekomended apa ya? Kali nanti ada kesempatan main ke Bekasi :D

      Delete
  6. Mbaaa...aku malah ga ngeh ada tulisan kota bekasi di deket kali itu..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti kalau lewat liat lagi ya Des :) sayang banget kalau malam gelap gak bisa di foto

      Delete
  7. Dulu kalau ke Bekasi cuma ke mallnya :D

    ReplyDelete
  8. Udah 2 tahun tinggal di Bekasi, tahunya cuma sekitaran Pondok Ungu - MM
    Selebihnya buta arah
    Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga kalau Pondok Ungu kurang paham mbak

      Delete
  9. Ke Bekasi? Cuma lewat doang....itupun duluuuu...uu sekali...hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita ketemuan di Semarang aja ya mbak :)

      Delete
  10. Belum pernah ke bekasi, mb Lid. Mallnya banyak ya. Hehe

    ReplyDelete
  11. saya akhirnya gabung di bekasi selatan kurang lebih baru 2-3 tahunan... dan memang udaranya masih asri.. hanya untuk fasilitas air agak kurang... (kok jadi curhat ya....)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah jadi orang Bekasi juga ya ternyata

      Delete
  12. aku belum pernah ke Bekasi mbak..kapan2 mau main ke Bekasi ya...

    ReplyDelete
  13. Saya jarang main ke Bekasi.. hehe..
    Kemarin2 main tapi masih daerah Tambun aja.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga di Tambun dulu waktu masih SD mbak

      Delete
  14. Idem mb dwi aku juga belum pernah ke bekali, kayaknya skrg tambah rame dan lengkap fasilitasnya ya

    ReplyDelete
  15. Kalau ke Bekasi naik kendaraan umum agak rawan Mba,

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa sih, kendaraan umumnya apa nih? saya sih fine-fine aja selama ini

      Delete
  16. Bekasi yang ada diolok-olok ya mbak sekarang. :D Sebenarnya agak tetanggaan nih, karena ada wilayah dari Cibubur yang masuk Bekasi. Saya sendiri sih masuk yang ke Bogor. :D
    Bekasi Timur dan Bekasi Barat - itu sih yang sampai sekarang saya masih agak bingung bedainnya Mbak.

    Semangat mbak tulis tentang daerah tempat tinggal, saya juga lagi bikin series AADC - Ada Apa Dengan Cibubur. Hahahaha tapi dah lama gak update sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan binung cari aja gerbang tol bekasi timur sama barat hehehe. Barat yag ada Metropolitan Mall

      Delete
  17. belum pernah ke bekasi,tahunya summarecon bekasi yang lagi ngehits,itupun taunya dari tean2 blogger,termasuk mbk lidya^^

    ReplyDelete
  18. aku deket banget perbatasan ma bekasi...

    ReplyDelete
  19. Kapan yah aku bisa ke Bekasi? ke Jakarta aja belum pernah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau uda ke Bekasi bisa ke Jakarta mbak Li :)

      Delete
  20. Bekasi, kota yg paling dijadiin guyonan... Eh btw kalo ke Bekasi butuh bikin visa ga sih? Wkwkwk

    ReplyDelete
  21. Aku sering mengulas bekasi dari sudut berbeda. Kok aku baru tahu ada tulisan kota bekasi ya, ah kapan kapan aku mau potret. Yang benar itu kota bekasi atau bekasi kota ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. keduanya sering di pakai, tapi aku sering pakainya Kota Bekasi

      Delete
  22. kota Bekasi kayaknya masih asri ya mbak... :)
    kalau Kerawang mananya bekasi mbak Lid...(jadi ingat puisi Kerawang Bekasi..hi hi..)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lewat jalan tol cepet kok paling 30 mneit sampai ke karawang

      Delete
  23. Dulu waktu awal mneikah saya gak betah tinggal di bekasi mak, lama-lama cinta juga sama kota ini .... :))

    ReplyDelete
  24. Jadi inget pernah bahas soal Tangerang di blog juga. Tapi cuma bahas Pasar Lama-nya aja. Hahaha. Mungkin Ibu pernah baca juga dulu, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo di tulis lagi, biar aku mengenal Tanggerang

      Delete
  25. Oohhh, gitu tho ceritanya bekasi, makasih udah share ya mbak ...

    ReplyDelete
  26. Aku taunya bekasi cuma rumah eyang.. eyang winda xD

    ReplyDelete
  27. waah ada ya icon tulisan kota bekasi, belum pernah lihat

    ReplyDelete
  28. Saya tinggal di kota harapan indah, masih bekasi. Haha

    ReplyDelete
  29. Aku punya sepupu yg tinggal di Bekasi, sayangnya belum sempat dolan malah dia pindah tugas ke Singapura, hehe

    ReplyDelete
  30. aku kok jadi kangen bekasi hehehehehe...ngg jauh dari rawamangun tapi maceet

    ReplyDelete
  31. Rumah mertua di Villa Mas, jadi sering bolak-balik ke sana. Setelah mertua wafat beru kesana lagi, dan ternyata... yg dulu sawah sekarang jadi 1 kota benderang, Woow banget! Letak rumah nggak jauh dari situ. Jalan layang Sumarecon terlihat cantik di malam hari, persis di luar negeri.Sayang... ga bisa ambil ambil fotonya, karna mobil nggak bisa parkir di sana...:(

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...