badge

Thursday, September 3, 2015

Landmark Sebuah Kota

Dalam suatu percakapan dengan beberapa teman Blogger mengenai landmark atau icon sebuah kota atau tempat kita tinggal. Biasanya landmark atau icon ini biasa dijadikan petunjuk arah, lokasi suatu tempat. Landmark bisa berupa patung, gapura, jembatan dan lainnya.

Dulunya di Bekasi ada sebuah patung lele dan kecapi. Tetapi masyarakat Bekasi menyebutnya dengan patung lele. Lokasinya cukup strategis di tengah jalan raya. Di dekat patung tersebut dekat dengan stasiun, Rumah Sakit Umum, Masjid Agung Bekasi, Polres, PMI dan alun-alun. Patung ini didirikan sekitar tahun 1995, namun berdirinya patung ini hanya bertahan selama 7 tahun. Karena menurut info lele dan kecapi bukan ciri khas dari kota Bekasi. Entah di rubuhkan atau di bakar saya sendiri juga kurang tahu tiba-tiba patung ini sudah menghilang, padahal sudah cukup dikenal. Jika kita akan menunjukkan suatu lokasi di sekitar sana tinggal menyebutnya patung lele saja, masyarakat langsung bisa mengenali.

Lucunya seorang teman Blogger tidak tahu kalau patung ini sudah tidak ada. Wajar saja sih saya juga telat taunya kok saat itu.

Nah kalau di dekat rumah saya ada patung kuda ini juga sebagai patokan jika ada teman yang akan berkunjung. Om NH tau pasti ya tentang patung kuda ini :).

Kalau saat ini masyarakat Bekasi tahunya jembatan Summarecon di jalan KH Noer Ali sebagai salah satu icon kota Bekasi,  selain piramida terbalik yang ada di Kota Summarecon Bekasi
.
Sebenarnya ada tulisan Kota Bekasi ala-ala Hollywood gitu. lokasinya di pinggir sungai Kalimalang di jalan Cut Mutia. Tepatnya di seberang Unisma (Universitas Islam 45) dan Blue Plaza. Sungai ini juga sering dijadikan tempat bermain kano dan kayak oleh komunitas yang ada di kampus tersebut. Mereka juga mengenakan alat pengaman lengkap seperti helm, pelampung, dan dayung. Rutin juga diadakan perlombaan di sungai itu. Sungai yang berada di pinggir jalan raya ini cukup bersih karena saya melihat rutin di bersihkan dari eceng gondok serta di keruk tanah untuk menghindari pendangkalan sungai. Jika ingin nonton perlombaan kano jangan lupa pakai topi ya, maklumlah di Bekasi mataharinya terik.


Di ujung jalan Cut Mutia Bekasi Timur berdiri patung bambu runcing, ukurannya tidak terlalu besar namun biasa dijadikan petunjuk arah juga oleh masyarakat sekitar.

40 comments:

  1. itu patungnya semacam angklung ya mba

    ReplyDelete
  2. Kalau mudik seneng bgt ketemu gapura "Selamat adtang di.."
    Sayang ya kalau landmark yg jd ciri khas suatu wilayah hilang.

    ReplyDelete
  3. Landmarks bisa juga dijadikan patokan dalam menunjuk arah ya Mbak Lid :)

    ReplyDelete
  4. Jadi lebih tau seluk beluk Bekasi nih dari tulisan-tulisannya mbak Lidya..

    ReplyDelete
  5. wow mirip sama tugu/monumen/patung bambu runcing di Kota Pahlawan: Surabaya, hehehe.

    ReplyDelete
  6. ehhh aku jg pernah liat pas mlipir k bekasi k rmh saudara...

    ReplyDelete
  7. Kalau Bogor berarti Tugu Kujang ya yang jadi landmark Ibu Kota

    ReplyDelete
  8. Saya koq malah engga tahu icon dikotaku, kalau lewat ya lewat aja sih.

    ReplyDelete
  9. tapi sampai sekarang, saya belum tau wisata yang menarik di Bekasi itu apa

    ReplyDelete
  10. Baru tahu, julukannya "kota patriot" ya, Mbak Lidya

    ReplyDelete
  11. iya benar,terkadang patung bisa jadi penunjuk jalan/arah

    ReplyDelete
  12. akuuumauuu kebekasiiiii ajak halan-halannn yaaaa

    ReplyDelete
  13. Heheee akhirnya ada yg nulis ttg Bekasi. Tak banyak tulisan ttg Bekasi meski Bekasi adalah penyokong utama Jakarta.

    ReplyDelete
  14. saya pernah lewat waktu amprokkan blogger sama kampung fiksi 2011 lalu
    tapi sekarang mah udah ga pernah lagi ke sana :)

    ReplyDelete
  15. Mestinya setiap bagian kota punya landmark sendiri ya Mbak. Kalo saya ngomong rumah saya dari monas pasti jauh ya. Hihihi

    ReplyDelete
  16. wah jadi mikir di kota saya landmartnya yg mana yah ? :D

    ReplyDelete
  17. aku jugaaa pernah nyasar gara2 patung lele. Jadi ceritanya mau ke rumah om nya mama aku di daerah bekasi, emang udah lama banget kesana beberapa tahun lalu, patokannya patung lele. pas kesana nyari patokan patung lele gak nemu2 akhirnya keblablasan, eh tnyt patung lele udah gak ada hahahahaaa

    ReplyDelete
  18. hahaha.. aku jg baru tau klo patung lele dah ga ada, dibakar kali ya? trus dimakan hahahaha.. aku dah jarang lwt daerah pat lele itu, jd gaptek deh..

    ReplyDelete
  19. Aku baru ngeh kalo di Bekasi ada patung2nya juga nih mbak...

    Kalo di Bandung mah paling ciri khas nya gedung sate banget lah yah :))

    ReplyDelete
  20. Kalau di Lombok, landmark nya Senggigi.. eh.... bukan Landmark yak.. beachmark....

    ReplyDelete
  21. Jadi ini land mark kota bekasi ya mbak? Kalo cilegon landmarknya baja.. tapi belum selesai pembangunannya :))

    ReplyDelete
  22. Syukurlah sungai Kalimalang sudah dapat digunkan bermain kano dan kayak, apalagi mendengar ada acara rutin perlombaan di sungai itu.
    Sungainya sudah cukup bersih dari eceng gondok dll, semoga Pemda Bekasi bisa merawatnya dengan baik...

    ReplyDelete
  23. bekasi timurr, jarang bgt ke daerah situuuu, btw, congrat yah mbaaa menang dulux. :)

    ReplyDelete
  24. Biasanya patung2 seperti ini ada di alun-alun kota ya.

    ReplyDelete
  25. Bekasi Kota patriot :)
    Belm pernah ke Bekasi tapi dl punya karib di Bekasi sayang setelah masing2 menikah hilang kabar, mungkin sayanya yang kurang peduli :(

    ReplyDelete
  26. Bekasi sangat lekat dengan ingatan kami melalui puisi Khairil Anwar Karawang-Bekasi, Jeng Lia

    ReplyDelete
  27. Mirip-mirip sama patung bambu runcing di Surabaya :)

    ReplyDelete
  28. Dulu kalau ke Bekasi biasanya ke mall doang tp lupa nama mallnya apa :D

    ReplyDelete
  29. Baru tahu landmark kota Bekasi. Gimana mau tahu, ke sana aja cuma mampir-mampir doang. :D

    ReplyDelete
  30. Nah ini... di Madiun tuh orang2 tua suka bilang soal "perempatan tugu" padahal sekarang tuh yang dimaksud dengan "tugu" itu aja aku gak pernah tahu hahaha...
    Tapi sampai sekarang masih aja disebut gitu, bahkan pos polisi disitu tetap dinamai pos polisi tugu :D

    ReplyDelete
  31. Hahahaa. . .
    Jadi inget Mbak Putri. :D Btw, aku baru tahu Bekasi kota Patriot. Hihihi

    Aku pingin juga nulis landmark. Tulisan ini menginspirasi. :D

    ReplyDelete
  32. Kalo di Bandung apa yaa...hmm, mungking tulisan 'BDG.' yang ada di jalan dago... :)..

    Salam kenal ibu fitri.. (saya kagum dengan blognya)..

    ReplyDelete
  33. kayak angklung mbak...unik...hehehe

    ReplyDelete
  34. angklung or bambu runcing nih hehehe....

    ReplyDelete
  35. Kayaknya kurang ngehitzzz landmark nya di bandingkan nama nya yg kesohor hahaha

    ReplyDelete
  36. Di Cilegon baru dibuatlagi landmark wehehehehe

    ReplyDelete
  37. Kalau di Jawa itu banyak patung-patung tokoh jaman dulu gitu. Kaya di Tulunggagung itu, patung2 Raja Pentung gitu2 deh,hampir ditiap sudut kota ada, itu bisa di sebut landmark juga ga?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...