badge

Tuesday, September 29, 2015

Menikmati Hidangan Nusantara di Festival Kuliner

Saat ini Indonesia terdiri dari 34 Provinsi yang berada dari Sabang hingga Merauke. Setiap Provinsi mempunyai beberapa makanan atau kuliner khas. Salah satu cara mencicipi kuliner nusantara adalah dengan traveling ke daerah tersebut. Namun jika kita belum bisa traveling ke daerah tersebut, kita masih bisa loh sekali mencicipi hidangan dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Menikmati Hidangan Nusantara di Festival Kuliner adalah salah satu cara cepat dan pintar.

Biasanya Festival Kuliner ini diadakan oleh Mall yang ada di kota tertentu. Saya sudah beberapa kali menikmati hidangan nusantara melalui festival kuliner. Salah satunya adalah Festival Kuliner Bekasi dan Serpong di area parkir Summarecon Mal.

Weekend kemarin saya dan keluarga ke Festival Kuliner Bekasi yang bertempat di Summarecon Mall Bekasi dengan tema Kampung Banjar. Pengunjung bisa menikmati hidangan dari kampung banjar seperti es kelapa muda Banjar, nasi uduk Banjar, soto Banjar dan lainnya.

Walaupun temanya Kampung Banjar, tapi banyak kuliner dari berbagai daerah kok, sehingga pengunjung bisa juga menikmati kuliner dari daerah lainnya.

Saya mencicipi Tahu Kok di Stand Mie Bangka Belitong. Awalnya tertarik beli Mie Bangkanya tapi akhirnya saya membeli Tahu Kok yang terbuat dari tahu kok atau tofu kok diisi daging ikan. Ada campuran mie basah, sawi,daun bawang, dan tauge, tapi saya tidak memakainya. Ada semacam ikan goreng seperti otak-otak juga bakso ikan. Kuahnya berasa sup ikan di tambah bawang goreng. Rasanya segar sekali.

tahu kok
Satu porsi tahu kok dijual dengan harga Rp. 28.000. Sedangkan untuk harga Mie udang Belitong dan Mie Ikan Bangka di jual dengan harga Rp. 27.000. Harganya sih standar untuk ukuran Mall besar ya. Tapi dibanding dengan makanan yang dijual di rumah makan biasa tentu lebih mahal ya.


Kalau si sulung memilih salah satu makanan kesukaannya yaitu sate padang. Betul kan apa yang saya tulis di atas, walaupun ini festival kuliner dari Kampung Banjar tapi kami masih bisa menikmati kuliner dari daerah lainnya. Waktu saya tanya rasanya gimana? Dia bilang sih enak tapi sedikit, satu porsinya cuma 7 tusuk sate. 

sate padang

Saya jadi ingat juga saat menikmati hidangan nusantara di festival kuliner khas Sulawesi di Summarecon Serpong. Saya mencicipi Ikan Tude bakar dan Konro Bakar.



Dari Festival Kuliner ini selain bisa menikmati berbagai hidangan nusantara, saya juga bisa mengenal lebih dekat kuliner dari daerah yang belum saya ketahui sebelumnya.

Apa sih OpenSnap

Nah berhubung festival kuliner ini waktunya terbatas, kalau ingin menikmati kuliner itu lagi bagaimana dong caranya. Wah ini sih mudah sekali tinggal menggunakan aplikasi OpenSnap saja. OpenSnap adalah sebuah aplikasi yang berisi panduan untuk makan enak yang bisa di download di App Store dan Google Play. Pengguna dapat memilih dan menentukan makanan serta tempat makan terdekat.

Pengguna bisa memberikan review mengenai makanan yang sudah dicobanya dengan menggunakan rating. Fitur yang ada pada OpenSnap banyak sekali diantaranya adalah :
  • Mendapatkan inspirasi makanan dari lokasi terdekat, Restoran baru, Promosi terdekat dan makanan terpopuler.
  • Pada menu pilihan editor kita bisa mendapatkan informasi dan rekomandasi yang bagus.
  • Menjelajahi hidangan dan makanan.
  • Menjelajahi wilayah kunjugan populer. dan lainnya.


Saat ini ada penambahan futur terbaru yang akan memanjakan dan memudahkan pengguna OpenSnap. 5 Feature Terbaru pada OpenSnap  tersebut adalah : 

  1. Personalized Your Food App by Bookmark. saya bisa bookmark restoran, jenis masakan atau makanan favorit. 
  2. Social Visited. Saya bisa kepoin temen-temen nih sudah makan dimana saja, jadi saat saya butuh info kuliner bisa lihat dari list ini.
  3. Map View. Saya bisa melihat restorant mana saja yang terdekat dengan lokasi rumah. Kebetulan sekali nih si sulung minta dibelikan serabi, saya bingung penjual serabi terdekat dengan rumah saya. Dengan menggunakan Map view saya bisa mengetahui lokasi terdekat dan mengetahui lokasi yang pasti melalui peta.
  4. Personalize your favorite location. Asyiknya aplikasi ini saya bisa mengatur lokasi yang paling sering saya kunjungi di halaman depan. Kalau untuk kami sekeluarga sih tempat makan yang paling sering dikunjungi ada di Summarecon Mall Bekasi.
  5. Everyone  Tab. Saya akan menerima update dari seluruh foodie , mereka makan apa saja sih, dan dimana.
Jadi ketagihan nih pakai aplikasi OpenSnap. Anak-anak jadi ikut mencari sendiri nih. Mereka mencari Kue Cubit yang lagi happening banget nih. Mungkin karena unik dan berbeda tidak seperti kue cubit pada umumnya ya. Anak-anak suka dengan pilihan toping kue cubit yang bisa bebas dipilih sesuai selera. Kalau kesukaan si sulung kue cubit rasa green tea dengan toping chunky bar,sedangkan si bungsu ikut kakaknya saja tapi dengan toping keju atau coco crunch.  

31 comments:

  1. Ooo... baru tau saya tentang OpenSnap ini... boleh... boleh.... Makasih banyak ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  2. Tahu Kok???hehehe..aku baru denger mbak,berarti kayak bakso tahu ya...

    ReplyDelete
  3. unik namanya "tahu kok"
    jadi penasaran pengen coba

    ReplyDelete
  4. Kue cubit? Itu sepertinya banyak di jual di depan sekolah. Berarti yg ini istimewa y kalo sampe happening

    ReplyDelete
  5. Assalaamu'alaikum wr.wb, mbak Lidya.... kalau makanan saya suka banget mbak. Untung ya kalau banyak kuliner untuk dicoba. Saya pernah makan sate padang, rasanya pedas dan tidak manis ya mbak.Mungkin saya bioasa makan sate Malaysia yang manis-manis kuahnya. Salam manis dari Sarikei, Sarawak.

    ReplyDelete
  6. wah, keren aplikasi OpenSnap, buat yg doyan kuliner enak-enak, kudu diintip nih aplikasinya.....ngiler ngilerrr...

    ReplyDelete
  7. Jadi sekarang kalau mo berburu kulinee tinggal buka open snap aja ya mbak..ga perlu nyasar ato kebingungan lagi

    ReplyDelete
  8. Aaahhhh... infonya lengkap mb... Emg enak kl ada festival kuliner ya... cukup ke satu tempat bs makan apa aja... hehe..
    Baru tau aplikasi itu mb... tar coba ah...

    ReplyDelete
  9. Kalau di Kendari udah bisa dipakai blum yah aplikasinya? Menarik nih...

    ReplyDelete
  10. Deh... makanannya begitu memikat hati.
    Semakin canggih aja sekarang, semuanya pada beralih memanfaatkan teknologi alias pada menggunakan aplikasi untuk memudahkan pelanggan.

    ReplyDelete
  11. Baru tau ada tahu kok hahaha...seger kelihatannya

    ReplyDelete
  12. Waaah aplikasi cocok ni buat saya hehe...btw mbak festival kuliner di sumarecon itu tiap hari ganti trma atau memang judulnya festival kuliner banjar seluruhnya?

    ReplyDelete
  13. Kue cubit kayak apa ya? pernah dengar tapi lupa haha.

    ReplyDelete
  14. kue cubit, udah lama ga makan :)

    pengen cicipin kuliner lainnya, tapi jauh euy di bekasi
    nunggu libur cuti aja deh...

    ReplyDelete
  15. Makin mudah ya Mba mencari tempat makan pake OpenSnap.. Untung aku juga sdh donlot aplikasinya..

    ReplyDelete
  16. Udah daftar tapi masih bingung makenya. -_-

    ReplyDelete
  17. Sate padangnya ituh, saya mau dong dikirimin ya Mbak

    ReplyDelete
  18. Blum pernah nyobain tahu kok... pgn ih...

    ReplyDelete
  19. wah saya mesti download aplikasinya .. mengingat seneng banget kuliner :D

    ReplyDelete
  20. Itu sate padangnya pake daging apa ya? daging sapi atau ayam? Aku pingin tahu kok nya :)

    ReplyDelete
  21. Postingannya bikin laper ini mbak T_T Ntar coba tengok-tengok si opensnap ah..

    ReplyDelete
  22. belum nyoba makan tahu kok
    mau dong mba

    ReplyDelete
  23. Sekarang banyak banget yaaa layanan online seperti ini :-)

    ReplyDelete
  24. Aaaak jadi kangen sate padang

    ReplyDelete
  25. Jadi penasaran pengen coba aplikasi OpenSnap mak

    ReplyDelete
  26. kepingin tahu kok nya kayak mie bakso gitu ya mbak...? :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...