badge

Monday, October 19, 2015

Membuat Donat Menggunakan Tepung Instan

Membuat kue di rumah adalah kegiatan yang disukai oleh anak-anak, padahal mamanya juga gak ahli. Tapi mereka suka proses pembuatannya, bisa membantu dan melihat cara membuatnya. Ini yang paling excited sekali.

Sudah beberapa kali Aa minta dibuatkan donat sendiri di rumah. Berhubung belum pernah membuat donat sendiri, saya masih bingung beli ragi di mana, takarannya juga belum tahu. Akhirnya saya putuskan membeli tepung donat Chesa (bukan iklan loh). Enaknya dalam satu kemasan sudah tersedia tepung instan, ragi dan margarinenya. Harganya juga cukup murah kurang lebih 14-15 ribu rupiah.


Bismillah deh saya buat sendiri. Oh ya untuk 1 kuning telur tidak disediakan ya jadi harus beli sendiri. Cara membuatnya juga cukup mudah kok. Tepung dan ragi di aduk rata lalu masukkan kuning telur dan air dingin dalam wadah. Uleni adonan hingga kalis. Nah saya punya masalah saat menguleni, belum terbiasa saja mungkin ya jadi cukup pegal tangannya.

Setelah di uleni didiamkan bebrapa waktu yang sudah ditentukan lalu di cetak atau dibentuk bulat seperti donat. Goreng donat pada minyak panas. Karena tidak mempunya cetakan donat, saya bentuk asal saja yang penting bulat dan jadi.  Allhamdulillah walau penuh perjuangan jadi juga donatnya. Dan rasanya juga empuk, enak deh pokoknya :)

Tadinya mau di kasih taburan keju, atau coklat. Tapi anak-anak minta icing atau gula halus saja. Ini sih malah memudahkan mamanya jadi tinggal masukkan donat ke dalam plastik yang sudah berisi gula halus. Langsung makan deh. Lebih enak dimakan dalam keadaan hangat. Kalau sudah dingin bisa dihangatkan sebentar pada microwave supaya empuk kembali.

walau tampilannya kurang bagus tapi rasanya enak loh :)

29 comments:

  1. Belum pernah nyoba bikin donat pake tepung premix. Biasanya bikin pakai resep sendiri

    ReplyDelete
  2. Donatnya gede ya mbak,,, cepet kenyang tuh.

    ReplyDelete
  3. Keluarga saya penikmat donat utamanya yang membeli di Dunkin Donat...
    Donat katanya berhasil dari kata Dough dan Nut alias adonan yang berlubang mirip mur.
    Kalau bisa membuat sendiri mmang lebih ngirit dan sehat ya Jeng
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  4. enak juga ya ada tepung instant nya :)

    ReplyDelete
  5. ouwoooo..lihat donat jadi pengen..pengen buat juga deh mbak...

    ReplyDelete
  6. Aku pernah bikin pakai premix haan mba Lid. Enak sih tapi ga empuk euy. Kayaknya aku ngga bisaeun nguleninya. Hahhaha xD

    ReplyDelete
  7. suka banget sama donat yang pake gula halus

    ReplyDelete
  8. Kapan-kapan coba buat donat dairi tepung instan ah...

    ReplyDelete
  9. wah selama ini belum pernah buat donat sendiri nih...boleh dicoba kayaknya gak ribet2 bgt ya pakai tepung ini

    ReplyDelete
  10. jadi kangen donat kentang buatan ibuku...

    ReplyDelete
  11. asik ya kalo ada tepung instan,lebih praktis....mau donatnyaa^^

    ReplyDelete
  12. asik ya kalo ada tepung instan,lebih praktis....mau donatnyaa^^

    ReplyDelete
  13. Wah ternyata ada juga ya tepung donat instan, saya termasuk penggemar donat, dan saya suka browsing resep donat terus saya praktikan, terakhir saya membuat donat kentang dan hasilnya lumayan memuaskan, hehee...
    Sukses ya buat mama nya, smg makin disayang anak2 dan keluarga...

    ReplyDelete
  14. maoooo donatnya mbak, bisaan nih si mbak

    ReplyDelete
  15. nanti mau bikin donat juga ah :)

    ReplyDelete
  16. saya nih paling parno kalau masak yang harus buat adonan, pakai tepung instan mungkin bisa buat percobaan ya? hehe

    ReplyDelete
  17. Penampilan nggak penting, yang penting enaaak

    ReplyDelete
  18. Assalaamu'alaikum wr.wb, mbak Lidya.... memang sudah ada tepung khusus buat donut mbak. tetapi saya lebih suka buat sendiri. Ada satu kepuasannya mbak apabila berhasil membuat donut sendiri. Salut dengan 2 jempol. pasti nak Aa berbangga dapat merasai donut buatan ibunya.

    Mbak Lidya bisa melihat donut buatan saya di sini;

    https://webctfatimah.wordpress.com/2011/06/26/ct63-enaknya-donut/

    Salam Maal Hijrah 1437 dari Sarikei, Sarawak. :)

    ReplyDelete
  19. Kalo buat aku yang penting rasanya, tampilan itu nomor dua :)

    ReplyDelete
  20. Hahaaa.. Sama maak.. Uang penting buat dulu dan anak2 sukaaa

    ReplyDelete
  21. Samaaa mak.. Kalau aku yang penting rasanya heheheee.. Dan anak2 sukaaa

    ReplyDelete
  22. saya juga suka donat loohh Mbak...
    ayoo Mbak, buat lagiii yg tanpa tepung instan bisa divariasikan jd donat kentang juga pake kentang rebus :)

    ReplyDelete
  23. Lagi pada rajin banget masak iih. Donat labu, instan, terus apalagi yaa kmrn. ..
    *yakin itu enak* bhahahaha #Terrrrr

    ReplyDelete
  24. aww.. ak sukaaa donat ..
    tar aku ke rumah mb lia buatin ya eh ap anter aja ke rumahku #mulaingelunjak :D

    ReplyDelete
  25. saya udah beli chesa-nya.. tinggal niat bikinnya aja yang belum nongol :P

    ReplyDelete
  26. seriusss skr ada tepung donat bginiii?? aku juga termasuk penggemar donat pupur bgini mba ;p.. kalo donat2 modern sebangsa jco, krispy creme malah g doyan... bikin diabetes itu mah ;p aku mau cari tepungnya ntr ah ^o^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...