badge

Sunday, October 18, 2015

Menikmati Sate Ayam di Desa - Authentiek Indonesisch Restaurant Amsterdam

Sate adalah salah satu makanan favorite anak-anak di rumah. Apalagi jika mereka sedang tidak nafsu makan, kalau sudah di kasih sate pasti lahap makannya. Kelezatan sate ini juga menjadi makanan favorite wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia.

Sering melihat interview artis mancanegara yang sedang berkunjung ke Indonesia, kalau ditanya makanan kesukaan mereka selama di Indonesia salah satunya adalah sate, atau dalam bahasa Inggrisnya biasa disebut dengan satay. Orang asing menyukai rasa sate karena ada kemiripan dengan barbeque. Tapi bedanya tentu saja ada di bumbu sate yang khas. Bahkan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama pun menyukai kelezatan Sate.

Kelezatan sate yang terkenal hingga mancanegara bahkan masuk ke dalam survey makanan terlezat di dunia oleh CNN International. Perlu di ketahui sebenarnya di Indonesia banyak sekali jenis sate yang lezat berasal dari berbagai daerah. Sebut saja sate Madura yang paling terkenal, ada Sate maranggi dari Purwakarta, Jawa Barat, Sate Padang, Sate Lilit dari Bali dan dari daerah lainnya.


Salah satu teman saya yang sedang berkunjung ke Amsterdam pun memberitahukan bahwa sate terkenal juga di sana. Ada restoran yang bernama Desa - Authentiek Indonesisch Restaurant yang sering dikunjungi oleh orang Indonesia yang sedang berada di sana dan penduduk lokal Amsterdam sendiri. Restorant ini terletak di Ceintuurbaan 103, 1072 EX Amsterdam, The Netherlands. Restoran ini buka setiap hari dari jam 17.00 -22.30 waktu setempat.


foto milk teman saya Julia pemilik blog www.chefbyaccident.com


Kandungan Nutrisi Sate Ayam

Daging ayam yang dibuat sate mengandung energi, protein yang tinggi, karbohidrat, vitamin A juga lemak. Untuk kacangnya sendiri sebagai bumbu pelengkap sate mengandung lemak tak jenuh. Menggoreng kacang dengan minyak bisa menurunkan kandungan gizi. Lebih sehat disanggrai walaupun agak repot dan memakan waktu lebih lama.

Menurut penelitian makanan yang dibakar bisa meningkatkan resiko kanker. Karena kurangnya tingkat kematangan dibandingkan makanan yang di goreng, direbus atau dikukus. Ya gak usah takut lah makan sate bakar, asal dalam porsi yang wajar dan tidak berlebihan. Kalau saya memasak sendiri sih ada solusi lain biasanya daging sudah di rebus terlebih dahulu agar matang lalu di panggang dalam oven sehingga meminimalkan pembakaran menggunakan api dan arang.

Seringnya dalam menyajikan sate diberikan acar yang terdiri dari mentimun, wortel, bawang merah mentah dan cabe rawit yang dicampur dengan cuka. Selain mengandung vitamn C, dan sumber zat besi, Acar juga sebagai anti oksidan.

Waktunya makan siang nih, bagaimana kalau menu sate menjadi menu makan siang kita hari ini!




22 comments:

  1. Wow ternyata sate termasuk makanan favorite turis ya.

    ReplyDelete
  2. duh,jadi pingin sate..lamaaa banget nggak makan sate,giliran dah di batam belum sempa beli hehe...paling suka makan sate sama gule,cocok bangettt makannya sama acar^^

    ReplyDelete
  3. Halah,,,, Anak anak memang doyan sate Bu. Sama seperti yang dirumah saya. Ternyata bule juga suka satay ya??? hebat hebat... Jadi bangga juga nieh...

    Saya suka sate lilit atau kayak di Bali ada sate pentul,,, pa lagi kalo dibuat dari bahan ikan. emmmmmm

    ReplyDelete
  4. Uenak tenan. Kalau dalam KBBI sate itu satai :D

    ReplyDelete
  5. Sate menjadi pilihan suguhan netral disukai banyak orang ya Jeng. Sukses di GA ini.

    ReplyDelete
  6. jadi ingin sate...
    kapan ya keturutan makan sate

    ReplyDelete
  7. Wah baru tahu kalau bule-bule pada doyan sate juga! Makin bangga nih jadi orang Indonesia yang makanannya disukai sama bule2! :)))

    ReplyDelete
  8. Kalau sama acar, jadi segaar ya, Mbak. Sedaap!

    ReplyDelete
  9. Wah pasti sukses yg jual satay di luar negeri tuh ya, krn ternyata sate jd makanan favorit jg, tentuny dong...saya jg suka sekali makan sate..hehee...

    ReplyDelete
  10. Kalo sate ayam aku sukanya yang buatan orang Solo, sambelnya berasa bumbunya, agak pedes gitu :D

    ReplyDelete
  11. jadi inget teman kuliah yang lanjutin sekolah ke ausie pernah cerita di sana pernah di adakan festival sate, karena sate makanan yang cukup di kenal juga di sana

    ReplyDelete
  12. Sate emang jd menu aman buat makanan Indonesia ya. Never go wrong :)

    ReplyDelete
  13. sate disukai tua muda, termasuk saya..
    sate ayam mudah ditemukan dimana-mana dan harganya masih terjangkau... :)

    ReplyDelete
  14. sate sih makanan favorit orang indonesia pasti! nyarinya gampang, harganya nggak mahal-mahal amat ;D

    ReplyDelete
  15. Waaah kayaknya lezat banget itu ayamnya heheee

    ReplyDelete
  16. sateee aku suka, apalagi klo dibuat sendiri sambil ngariung sama temen2

    ReplyDelete
  17. wah satenya kok gede gitu ya, aku sukanya sate ayam, kalo daging sapi atau kambing nggak begitu suka.

    ReplyDelete
  18. Nama restonya mantaaap.. Desa ;).. Di Amsterdam dan kota2 lain di Belanda memang banyaaak resto Indonesia..

    ReplyDelete
  19. Lidya, anak bunda tuh paling sukaaa makan sate, sekarang nurun deh ke anaknya a.k.a. cucu bunda. Kalo gak 15 tusuk koq gak puas doi makannya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...