badge

Saturday, October 3, 2015

Nasi Ulam Betawi

Saat menghadiri launching produk terbaru dari Philips Rice Cooker saya mencicipi berbagai macam nasi Indonesia. Menurut pak Bonan ada banyak sekali jenis nasi di Indonesia yang berasal dari berbagai daerah.

Ada 7 jenis nasi yang dikenalkan oleh Pak bondan di sana yaitu :

  • Nasi Campur Bali.
  • Nasi Uduk Jambi.
  • Nasi Ulam Betawi
  • Nasi Jagung Madura
  • Nasi Tutug Oncom
  • Nasi Kuning Banjar
  • Nasi Liwet Solo


Sebagai orang Sunda yang paling sering saya makan tentu saja nasi tutug oncom. Tapi dari ke-7 nasi yang dihidangkan di sana saya suka juga kok. Saya dan teman-teman mencicipi semua hidangan, Maknyuss kalau kata Pak Bondan.

Pak Bondan juga mempraktekkan cara membuat butter rice, nasi tutug oncom, nasi ulam Betawi dan Nasi Cakalang Pampis. Cakalang pampis adalah abon ikan cakalang ternyata, saya baru tahu. Pak Bondan selalu mencampurkan sayuran pada masakan apapun, ini salah satu cara untuk berdiet juga katanya. Untuk anak-anak yang tidak menyukai sayur ini juga merupakan salah satu tips agar menyukai sayur.


Pada acara itu Pak Bondan mengatakan bahwa banyak yang mengira bahwa nasi uduk adalah asalnya dari Jakarta. Yang benar adalah nasi ulam betawi. Wah saya baru tahu nih mengenai hal ini. Nasi Ulam Betawi adalah nasi putih biasa yang diberikan serundeng yang terbuat dari lengkuas atau kelapa, ditambah ebi sanggrai. Ulam sendiri artinya sayuran yang dirajang halus. Nasi Ulam yang dibuat Pak Bondan menggunakan kacang panjang. Untuk default lauk yang digunakan biasanya semur tahu, mihun goreng, perkedel dan kerupuk serta diberi garnish daun kemangi untuk mempercantik tampilan.

34 comments:

  1. paling familiar nasi liwet Solo mbak meskipun jarang makan juga... :)
    lauknya hampir-hampir mirip ya dan kerupuk ada dimana-mana... *hidup kerupuk...

    ReplyDelete
  2. lagi lapar lihat makanan euuuuh tambah lapar aja -___-

    ReplyDelete
  3. Ternyata nasi uduk bukan nasi khas betawi yaa :)

    ReplyDelete
  4. Huwa, bikin penasaran ama rasanya mbak, asyik ya ktmu lgsg pak Bondan ^_^

    ReplyDelete
  5. Penasaran sama nasi ulam Betawi nya Mbak. Laper deh. Hahaha

    ReplyDelete
  6. nyesel Teh kemarin ga dibawa pulang nasi tutug oncomnyaaaa hahahaha

    ReplyDelete
  7. Waah ternyata selama ini aku salah ya mbak?Aku juga nyangkanya nasi uduk berasal dari Jakarta.

    ReplyDelete
  8. Mau yang tutug oncomnya hwaaa.....siang-siang pula bacanya :'(

    ReplyDelete
  9. Belum pernah nyoba nasi tutug oncom nih
    tapi kayaknya enak

    ReplyDelete
  10. Wah, saya blm pernah nyoba satu pun mbak... :D

    ReplyDelete
  11. malem-malem liat beginian, bikin laper ajah hahhaa

    ReplyDelete
  12. mintaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa aku salah ini buka makanan jam segini laper jadinya

    ReplyDelete
  13. nampaknya enak2 ya, nasi gurih banyak macamnya

    ReplyDelete
  14. waduh... laper habis bacanya. hahahaha

    ReplyDelete
  15. paling suka nasi tutug oncom apalagi kalau pedas...btw, ngomongin kuliner Indonesia memang bikin kagum ya, tiap daerah punya khasnya sendiri-sendiri

    ReplyDelete
  16. mantap makanannya bikin ngiler

    ReplyDelete
  17. nasi liwet solo favoritku ^o^... tiap mudik ke kampung suami, nasi liwet ini yg ga pernah ketinggalan di buru utk sarapan ;D

    ReplyDelete
  18. Bahan dasarnya sama, nasi. Namun berkat sentuhan resep Nusantara akhirnya lahir lah kreasi beragam nasi :)

    ReplyDelete
  19. Aha ulam adalah sayuran yang diiris halus, tadinya saya kira ulam adalah ikan atau lauk. Nyam..nyam...

    ReplyDelete
  20. Jebulnya ada Ikan dg nama Cakalang, ya. Nembe tahu. :D

    ReplyDelete
  21. wah..saya malah cuma tau nasi uduk. Ternyata masih ada nasi-nasi yang lain toh.. Cerita tentang produk rice cookernya dong mbak, pengen tahu reviewnya..

    ReplyDelete
  22. tadinya kupikir nasi ulam itu sama aja dengan nasi uduk, ternyata beda ya

    ReplyDelete
  23. melihatnya aku jadi laper mbak...enak2 sekali nasinya...

    ReplyDelete
  24. nasi ulam favorit bgt nih..apalagi didekat tempat kerja ada yang endeusss banget nasi ulamnya

    ReplyDelete
  25. Kalau di Jawa namanya nasi gurih ya

    ReplyDelete
  26. Nasi ulam ini mirip sama nasi uduk serupa tapi tak sama :D

    ReplyDelete
  27. Dulu tetangga ku jualan nasi ulam, sekarang dah meninggal dan ngak ada lagi yg jualan ihik ihik

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...