badge

Thursday, October 22, 2015

Tombol Pengaman Eskalator

Bawa anak-anak ke pusat perbelanjaan harus punya extra perhatian pada mereka. Apalagi saat akan menaiki atau menuruni eskalator. Sudah banyak kejadian yang tidak diinginkan saya lihat di berita. Biasanya saya akan menyampaikan pada anak-anak agar lebih hati-hati dan tetap dekat dengan orang tua saat di eskalator.

Masalahnya anak-anak kebanyakan suka sekali turun naik eskalator. Selama ini sih saya tidak pernah membiarkan mereka turun naik sendiri, harus di dampingi. Kalau perginya berempat pasti pegang satu-satu. Tapi kalau hanya saya saja ya di gandeng dua-duanya.

Beberapa hal yang biasa saya beritahukan pada anak-anak saat di eskalator :
  • Jangan berdiri di pinggir eskalator.
  • Kaki berada di tengah-tengah tangga, jangan terlalu mepet ke belakang ngeri kejepit.
  • Masing-masing berada di samping saya atau suami.
  • Tidak loncat-loncatan di eskalator.
  • Kalau pakai sepatu bertali,pastikan talinya terikat dengan kencang supaya tidak menyangkut.
  • Usahakan tidak memakai sandal atau sepatu karet, ini lebih berbahaya.
Ternyata di eskalator kalau kita lihat ada tombol loh baik di bagian atas maupun bawah. Selama ini saya kurang perhatian dengan ini. Padahal tombol ini penting sekali kita ketahui jika sewaktu-waktu ada yang terjebak di eskalator.



Lihat di atas atau bawah eskalator ada tombol seperti di gambar. Lebih jelasnya ada di gambar bawah ini.


Dengan menekan tombol berwarna merah bertuliskan stop otomatis eskalator akan berhenti. Biasanya orang akan panik minta tolong jika ada yang terjepit atau menyangkut. Alangkah baiknya jika yang berada di sekitar situ bisa menghentikan jalannya eskalator. Dengan menendang tombolnya eskalator akan berhenti. Memang sih ada sekurity atau petugas lainnya yang akan menghentikan tapi butuh waktu kan, apa salahnya membantu orang lain kalau menurut saya :)

Semoga sih aman-aman saja ya kalau kita lebih hati-hati. Yuk lebih perhatian sekeliling. Maklum lah emak parno yang takut ada apa-apa sama anaknya, wajar kan. Pasti teman-teman juga begitu ya menjaga anak-anak.

48 comments:

  1. Kejadian-kejadian di eskalator emang bikin ngeri. Ternyata ada tombol itu ya.. Baru tau. Semoga gak ada kejadian lagi. Makasih udah share :)

    ReplyDelete
  2. Mba, kenapa sih kalau pakai sepatu karet malah bahaya, saya baru tau nih.. hihihi btw, thanks informasi ttg tombol bahaya ini. Nanti harus lebih aware lagi nih.

    ReplyDelete
  3. Aduh iya, saya juga emak parno. Mudah-mudahan jangan pernah ada kejadian berbahaya di sekitar kita deh. Aku trauma pernah menyaksikan anak membiru krn tenggelam di kolam. Jgn pernah lagi.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih mbak, jadi tau, kirain itu stop cuman tulisan trus pake kunci buat stopinnya.

    ReplyDelete
  5. Keren tulisannya Mbak. Bikin orang awam aware. :)

    ReplyDelete
  6. paling ngeri banget kalo bawa anak kecil naik eskalator

    ReplyDelete
  7. wahhh, baru tau saya mbak kalo ternyata pada eskalator ada tombol stopnya, TFS yah mbak :)

    salam kenal :)

    ReplyDelete
  8. katanya sih kena denda juga kalo matiin tombol eskalator mbak kalo emang nggak ada apa2...

    ReplyDelete
  9. Selama ini gak memperhatikan tombol di eskalator Mbak, harus hati" nih para orang tua untuk menjaga anaknya :)

    ReplyDelete
  10. gara2 berita yg kemarin2 itu mak, kalau ketemu ekskalator pasti aq nyarik tombol ekskalatornya...*emak2 parnoan

    ReplyDelete
  11. Pas liat video di Youtube pernah ada yang anak2 nyangkut di eskalator jadi ngeri memang kalo pakai yang karet2 gitu deh Mba

    ReplyDelete
  12. betul mbak, banyak kejadian yang menyeramkan di eskalator
    makanya, kalo saya bawa adik yang paling kecil tuh, harus bener2 dipegang, pas naik/turun...

    ReplyDelete
  13. Makasih infonya mak jadi ngerti deh biasanya kan kita suka panik aja kalo ada apa2 padahal tombol itu membantu banget ya

    ReplyDelete
  14. Jadi inget dulu pernah ada temen yang jail neken tombol merahnya. Seketika itu aku sama yang lain panik. Haha

    ReplyDelete
  15. Saya juga menerangkan pada anak-anak, kalo naik eskalator, kaki harus berada di dalam garis kuning. Jangan sampai menginjak garis kuningnya.

    ReplyDelete
  16. Iya, aku termasuk emak parno sama anak-anak kalo deket eskalator. Jadinya, aku pasti selalu deket mereka kalo deket-deket eskalator. Takuuuut...

    ReplyDelete
  17. kalo naik eskalator harus aku pegang erat tangan si Alfi supaya aman mbak

    ReplyDelete
  18. saya aja kadang ngeri mba naik ekskalator apalagi yg tinggi banget ekskalatornya..ada loh di mall mana ya say alupa, ekskalatornya tinggiiii banget

    ReplyDelete
  19. Iya mb kita yg terdekat bisa membantu :)

    ReplyDelete
  20. Sensor eskalator modern do sebelah tombol itu mainanku dan anak2 Lidya...

    ReplyDelete
  21. wah,baru tahu saya...makasih mbak infonya^^

    ReplyDelete
  22. baru tahu ada tombol dieskalator, selama ini cuek saja...
    thanks ya mbak Lid infonya... :)

    ReplyDelete
  23. Waktu kecil aku isengnya minta ampun, terus pijit tombol itu waktu lagi di eskalator mall. Waktu tahu fungsinya aku langsung "pamer" sama sepupu-sepupu, hahaha. Tapi pas besar aku jadi tau kalau itu bisa buat emergency. Sama kaya kalau kita pijit tombol "close" dan "floor" di lift, itu bikin lantai yang gak diinginkan ter-skip. Katanya sih ini trick polisi supaya cepat sampai ke TKP. Nah, aku coba-coba ini pas 2 tahun lalu waktu di RS, mau operasi tumor. Pas berhasil aku pamer-pamer sama susternya, hahaha. Nakal, sih. Tapi sekarang jadi tau kalau emergency harus apa :D

    ReplyDelete
  24. hal kecil yang sering terabaikan..
    biasanya klo panik kadang malah jadi ngeblank ikutan panik. thank you mba lid ^^

    ReplyDelete
  25. paling ngeri kalo ada anak-anak sekolah yang tali sepatunya dibiarkan terlepas, soalnya pernah baca berita di cina ada yang kejepit eskalator gara-gara tali sepatu. parahnya orang lain malah sibuk merekam video bukannya menolong :(

    ReplyDelete
  26. saya pernah tuh tali sepatu gak diiket nyangkut di eskalator . langsung jatoh reflek nonjok si tombol itu. ehh langsung berenti. kirain gara2 kekuaatan tonjokan taunya emang tombolnya yang ditonjok. hehe

    ReplyDelete
  27. Iya, meskipun anak-anak sudah gede, aku tetep suka parno kalo anak-anak berdiri dekat eskalator. Baru tau kalo ada tombol di situ.

    ReplyDelete
  28. oo gitu ya
    aku klo naik pegangan temen, katrok bgt klo sama eskalator

    ReplyDelete
  29. Eskalator itu sebenarnya area berbahaya. Tapi ortu seringkali tak waspada.

    ReplyDelete
  30. mbaknya bagian security eskalator yah ??
    *eeeh

    ReplyDelete
  31. Ah, iya bener.
    Sering lihat tanda seperti ini..
    Nice info, Bun
    :D

    ReplyDelete
  32. Suka syerem kalau naik eskalator bawa anak, duh pegangan deh erat - erat

    ReplyDelete
  33. Pentiiing ini untuk diketahui.. Aku pernah nyangkut ujung gaunku di eskalator. Untung bagiaan bawah jadi aku robek ajaaa. Kalau anak2 berbahaya memang main di eskalator.. TFS

    ReplyDelete
  34. Swalayan di sini blm ada yg pakai eskalator. :)
    Musti hati2 banget kalau menggunakan eskalator brg anak2 yo, Mbak. . .

    ReplyDelete
  35. harus hati-hati ya, Mba...saya juga kadang masih suka takut takut...heheheee

    ReplyDelete
  36. Nah, ini sepele dan sederhana namun tiap orangtua maupun para remaja kudu mengerti yak. Ayo sosialisaikan di rumah atau ketika sedang mengajak putera dan puteri di mall yang ada eskalatornya. Ada satu tombol yang membantu menghentikan ketika sesuatu terjadi. TFS Mbak

    ReplyDelete
  37. Betul sekali, Mbak, dengan mengetahui tombol tersebut, kita segera bisa bertindak apabila ada yang terjepit roknya, tali sepatunya, atau masalah lain di eskalator. Makasih ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  38. Terimakasih mba infonya, baru tahu saya cara mengehentikan eskalator :D

    ReplyDelete
  39. informasi yang bagus nih, saya baru ngeuh di bawah eskalator ternyata ada tombol stop, apa lagi sekarang2 ini di berita banyak banget lhoo yang kejadian kecelakaan di eskalator apa lagi kasusnya kebanyakan anak2

    ReplyDelete
  40. Bener banget, biasa nya kita panik doang tapi ngak berbuat sesuatu. Alangkah baik nya langsung pencet tombol stop itu yaaa kak

    ReplyDelete
  41. iya betul, karena udah panik akhirnya tombol kecil itu suka gak keingetan

    ReplyDelete
  42. Waah baru tau saya ada tombol eskalator ini mbak.Thanks infonya..

    ReplyDelete
  43. Iya baru tau juga ada tombol Ekslator ini. Kadang kadang kami pake eskalator ini cuma make aja. Nda begitu perduli dengan fasiltas yang ada di areal ini. Mungkin ini bisa menjadi pengalaman dan menambah pengetahuan juga bagi kami sekeluarga. Informasi yang bermanfaat sekali. Mantafss mbakyu

    ReplyDelete
  44. aku baru tahu mbak... iya kerasa banget ini anak lasak... kalau aku pernah baju keserimpet pake ini jug abisa ya

    ReplyDelete
  45. Pernah dulu lihat video kejadian kejadian ngeri di eskalator bahkan sp katanya ada yg meninggal.. Huhu ngeri...

    ReplyDelete
  46. Memang tak semua orang mau memperhatikan dan belajar tentang serba serbi eskalator mba, cenderung jadi konsumen saja, hehehe
    Padahal penting banget untuk mengetahui ya, agar bisa mengatasi jika terjadi masalah saat menggunakan eskalator

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...