badge

Saturday, November 7, 2015

Festival Kabupaten / Kota Layak Anak (KLA)


Halo -  hai
Hai -  Halo
Siapa Kita?  Anak Indonesia
Anak Indonesia - Luar biasa 

Demikianlah sapaan dan jawaban yang diajarkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Ibu Yohana Yembise sesaat sebelum memberikan sambutan dan membuka Festival Kabupaten/Kota Layak Anak 2015, di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (7/11).


Acaranya baru pertama kali diadakan ini atas kerjasama PT. Sarihusada dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuandan Perlindungan Anak Republik Indonesia di gelar selama dua hari 7-8 November 2015. Festival KLA ini memberikan informasi menarik bagi semua, orang tua, anak, masyarakat umum, pemerintah yang disajikan dalam potret mini KLA. 

Festival ini di mulai dari pukul 7 WIB, dan terbuka untuk masyarakat umum dengan gratis. Bagi siapa saja yang datang akan mendapatkan kaos dan passport untuk di stamp pada 5 stand yang ada. Dengan catatan ini berlaku bagi 500 orang yang datang pertama ya. Gak ada ruginya bukan datang pagi, selain dapat goodie bag, passprt juga bisa di tukarkan dengan kupon uang untuk membeli makanan pada stand food bazaar.
Sebelum Festival KLA dibuka oleh ibu Menteri, kami menyanyikan lagu Indonesia raya yang dipandu oleh Edo Kondologit. Dan doa bersama oleh Bapak Jamal dari KPPA. Sambutan awal oleh Mr. Olivier Poerredon selaku Presiden Direktur Sarihusada. PT. Sarihusada mendukung upaya pemerintah yang berpihak pada anak Indonesia untuk tumbuh dan  berkembang secara oprimal menjadi generasi bangsa yang sehat, cerdas, dan produktif. Melalui Festival KLA diharapkan bisa membantu menciptakan lingkungan yang layak bagi optimalisasi tumbuh kembang anak dan bisa diimplementasikan secara berkelanjutan.

Ibu Yohana Yembise juga mengucapkan terima kasih kepada Mr. Olievier yang sudah mendukung dan memberikan support kepada KPPA. Melalui KLA adalah salah satu cara memperhatikan anak dengan bentuk kongkrit menuju percepatan pembangunan Indonesia Layak Anak. Saat ini sudah ada 262 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota di Indonesia yang sudah tersentuk program ini.

Diantara poin-poin penting yang disampaikan oleh ibu menteri antara lain :
  • Beberapa cluster yang perlu dijaga salah satunya adalah Hak Sipil untuk memiliki Akte Kelahiran bagi seluruh anak Indonesia. Anak yang belum mempunyak akte kelahiran maka hak mereka terbatas untuk menikmati kesehatan dan pendidikan.
  • Pemerintah kota harus menyediakan tempat bermain yang layak bagi anak.
  • Adanya Rumah sakit dan sekolah ramah anak.
Tujuan utama dari Kota Layak Anak adalah menurunkan bahkan menghilangkan kekerasan pada anak. Tidak hanya pemerintah yang menjalankan program ini tetapi juga didukung oleh pihak lain seperti dunia usaha contohnya Sarihusada yang mempunyai tugas menjadikan anak lebih baik. Membangun kesadaran semua bahwa semua anak wajib dipenuhi hak-haknya dan dilindungi dengan tag-line "Semua Anak, Anak Kita"

Festival KLA pun resmi dibuka oleh Ibu Yohana dengan memukul gendang ditemani oleh Mr. Olivier. Dilanjutkan paduan suara dari SOS Children Choir dan Edo kondologit menyanyikan lagu Berkibarlah Benderaku dan Dari Sabang Sampai Merauke. Selanjutnya berkunjung ke semua stand yang ada pada Festival Kota Layak Anak.




HAK SIPIL

Di sini pengunjung terutama anak-anak diberikan edukasi hak-hak apa saja yang harus diperoleh oleh mereka. Diantaranya adalah hak diberikan nama dan akte kelahiran. Edukasi disajikan dalam games menarik sehingga anak tertarik untuk belajar sambil bermain.


LINGKUNGAN KELUARGA

Keluarga sebagau pengasuh utama untuk anak-anak wajib memberikan perlindungan dan kasih sayang yang baik. Tidak ada lagi anak yang menikah di usia dini adalah titis berat pada cluster Lingkungan Keluarga. Di stand ini ada juga makmin dari KEB loh yang ikut mengedukasi. Ada Mak Tanti yang mengajarkan menggambar untuk anak-anak.


Di sini juga disediakan booth foto gratis. Pengunjung bisa difoto dan mendapatkan hasil fotonya secara cuma-cuma.


KESEHATAN

Salah satu edukasi yang diajarkan pada pengunjung adalah tentang kesehatan gigi pada anak. Anak-anak mengikuti games untuk lebih mengetahui tentang kesehatan gigi mereka. Setelah selesai anak-anak diberikan certificate yang menunjukkan mereka sudah tahu bagaimana cara membersihkan gigi dengan baik.

Selain itu ada pula edukasi lainnya seperti bahaya rokok, narkoba, ASI Ekslusif dan pelayanan ruamh anak di Puskesmas

PERLINDUNGAN KHUSUS

Di sini orang tua diedukasi agar melindungi anak dari tindakan kekerasan. Bukan hanya anak sendiri saja tapi anak-anak lain yang memerlukan perlindungan seperti anak berkebutuhan khusus, anak korban bencana dan lain-lain.



PENDIDIKAN

Setiap anak wajib belajar selama 12 tahun. Di harapkan sekolah ramah anak ada di tiap sekolah. Ternyata rute aman dan selamat dari dan ke sekolah juga diperlukan. Saat ini sudah banyak orang tua yang mengantar anaknya ke sekolah demi kesleamatan mereka.

PERMAINAN

Selain edukasi yang diberikan ada pula berbagai permainan yang juga ada unsur edukasinya. Yang sempat dimainkan oleh Aa dan Ade adalah gangsing yang bisa meningkatkan kemampuan konsentrasi mereka. Jug apermainan ular tangga yang mengandung unsur pendidikan melalui setiap langkah yang ada dan ular tangga raksaksa.

Aktivitas lainnya yang bisa diikuti oleh anak-anak adalah :

  1. Mewarnai (gratis krayon dan meja).
  2. Membuat pedang dari anyaman janur kelapa.
  3. Seluncuran dari plastik udara.
  4. Face painting.
  5. Menanam.
  6. Berbagai kuis di setiap booth.










Talk Show

Talkshow menarik bisa kita ikuti untuk menambah ilmu dan pengalaman. Untuk yang suka Yoga dan pilates bisa ikut serta juga. Berikut run down acara untuk besok. 



21 comments:

  1. Pontianak udah dapat penghargaan kota layak anak dari bu mentri. Semoga makin lebih baik deh

    ReplyDelete
  2. Wiiih. . .
    Mak Tanti ngisi acara di sini juga. Kereen. . .

    ReplyDelete
  3. seru banget acaranya yah mbak Lid. pasti bocah pada senang banget

    ReplyDelete
  4. acaranya bagus ya. Kapan di surabaya

    ReplyDelete
  5. Wah... acaranya seru. Bikin di Bandung juga atuh. Anak-anak pasti suka dibawa ke sana, ya :D

    ReplyDelete
  6. Acaranya meriah dan bernas ya mba lia, nambah ilmu pisaaan....

    ReplyDelete
  7. Balikpapan sudah masuk di antara 262 kabupaten dimaksud atau bukan ya?

    ReplyDelete
  8. Sayang anak yang suka ngajak pergi lagi packing mau pindahan, jadi ya, si bunda terpaksa mangkal aja di Pamulang, hehe... Postingannyan yang menarik bagi mereka yang gak mau pergi, jadi deh pergi bersama anak cucu, kellcuali bunda, hiks..

    ReplyDelete
  9. Asyik ya Mbak Lidya.
    Kota saya sudah dicanangkan juga sebagai kota layak anak ... tapi pemerintah sini belum ngeh untuk mengundang blogger. Saya pun tahunya setelah peresmian

    ReplyDelete
  10. moga ntar ada di Bandung juga acara serupa ini...

    ReplyDelete
  11. saya paling miris kalau ada orang merokok disekitar anak kecil...itu bahaya sekali kan...

    * senang ya mbak bisa mengikuti acara yang bagus dan seru ini... :)

    ReplyDelete
  12. hi hi hi
    saya kemaren sempat ngintip beberapa kali dari balik pagar
    secara, eventnya kan tepat di seberang kantor saya :)
    acaranya meriah dan inspiratif

    ReplyDelete
  13. wah, sayang gak sempat ke sini melihat Festival Kota Layak Anak...:))

    ReplyDelete
  14. Yah kelewatan deh. Tapi semoga semakin banyak kota layak anak, ya. Kemarin Hana ikut Konfa Bobo juga mengangkat tema kota layak anak :).

    ReplyDelete
  15. Wah seru sekali acaranya. Ada permainannya juga, pasti anak-anak suka.

    ReplyDelete
  16. kalo rumahku di jabodetabek pasti aku datang mbak :)

    ReplyDelete
  17. Yaah, pas lg di surabaya aku, smoga kpn2 ada lagi acafa kaya gini, mau ajak maska :)

    ReplyDelete
  18. nice informationnya...sayangnya uda lewat :(
    http://acemaxs31.com/

    ReplyDelete
  19. seru ngumpulin stamp trus dapat hadiah hehehe dan gw biasanya paling males hahaha

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...