badge

Thursday, November 5, 2015

Menikmati Soto Sokaraja di Purwokerto

Akhirnya saya bisa kembali lagi ke Purwokerto setelah 15 tahun lamanya. Kota Purwokerto punya cerita sendiri buat saya. Berawal saat saya kelas 3 SMP adalah salah seorang teman sebangku yang pindahan dari Purwokerto. Saya di kenalkan pada sahabatnya di sekolah yang lama. Kami kenalan lewat surat saat itu, ya bisa di bilang sahabat pena. Dari jaman surat-suratan, sms, telpon, hingga saat ini internetan kami masih saling berhubungan satu sama lain, walau tidak terlalu sering. Anehnya kami malah kehilangan sahabat yang memperkenalkan kami, yaitu Marti. Saya sempat mencari jejaknya tapi belum ketemu juga. Di tahun 2000 saya dan adik main ke rumahnya Leli di Purwokerto, ga nyangka aja sahabat pena bisa ketemuan.

Dalam rangka hari blogger nasional 2015 saya mengikuti bloggercamp. Sebetulnya diadakan di 4 kota, saya bisa saja memilih Jakarta, tetapi saya putuskan untuk memilih Purwokerto saja. Banyak alasan sih kenapa saya memilih kota tersebut. Yang pertama karena rayuan teman-teman, lalu pingin juga ketemuan sama Leli lagi. Alasan lain karena pingin ketemu srikandi blogger di sana tau kan Pungky :-D, ada Idah juga dan tentu saja ingin berkenalan dengan blogger lain yang berasal dari Purwokerto, Banyumas, Banjar dan sekitarnya.

Acara bloggercamp sendiri diadakan hari senin, tetapi saya sengaja mau menginap dulu di rumah Leli untuk melepas kangen. Oh ya berhubung Leli juga punya blog saya ajak sekalian untuk mengikuti bloggercamp, setelah dibujuk akhirnya Leli mau juga ikutan walau awalnya tidak pede.

Saya dijemput di stasiun Purwokerto lalu diajak makan siang di Soto Jalan Bank. Katanya sih soto sokaraja ini warungnya berada di jalan bank jadi diberi nama yang sama. Di sana juga ada tugu BRI kalau tidak salah (maaf kalau salah ya hehehe).



Ini pertama kalinya saya makan soto sokaraja, rasanya enak dan segar. Bedanya dengan soto-soto lain, soto sokaraja memakai bumbu sambal kacang, pedas lebih enak kalau menurut saya. Disajikan dengan ketupat, kenyang juga loh walau tanpa nasi. Soto terdiri dari daging ayam kampung, kerupuk, miereng (mie yang digoreng), dan bumbu-bumbu lainnya. Di Bloggercamp juga untungnya kami diberikan menu ini lagi jadi saya bisa menikmati soto Sokaraja lagi.

Saya dua kali diajak ke alun-alun kota Purwokerto. Pertama di ajak oleh Leli sekedar duduk-duduk dan ngobrol disana. Ramai sekali pengunjung yang bersantai di sana. Ketika pulang pun kami sempat mampir lagi, kebetulan ada kegiatan gladi resik untuk memperingati hari Sumpah Pemuda di alun-alun.


Sayang sekali kami malah lupa foto berdua, ada satu foto wefie saat di alun-alun. Semoga kita masih terus bisa bersahabat ya Leli walau terpisah jarak :). Terima kasih untuk tebengan tidurnya ya, juga oleh-oleh kue mino (biasa disebut juga nopia) yang dibawakan untuk saya.


28 comments:

  1. soto yg unik. penasaran pengen nyoba

    ReplyDelete
  2. Pengen sotonya juga mak, seger neh kayaknya.

    ReplyDelete
  3. Sebagai penggemar soto saya resmi penasaran dengan soto pake bumbu kacang ini Mbak Lid! Hahaha.

    ReplyDelete
  4. Sotonya unik itu, baru tau soto ada sambal kacangnya :D

    ReplyDelete
  5. Bloggercamp, kopdar dengan sahabat lama, terus makan soto Sokaraja. Sempurna deh traveling ke Purwokerto Mbak Lia...:)

    ReplyDelete
  6. Kuliner soto adalah khas Indonesia, ada di beberapa daerah dengan ciri masing-masing. Dan selalu segar!

    ReplyDelete
  7. rame keliatannya alun2 disana, pasti sering buat acara tuh, selain untuk sumpah pemuda, dan pastinya buat para muda mudi cari jodohjuga tuh

    ReplyDelete
  8. ini soto kesukaan ku mbak, di bogor ada, dan kalo beli selalu pake mendoan

    ReplyDelete
  9. Wah ini termasuk makanan favorit ane nih..
    hlah ane kan udah titip mbak?? kok belum sp rumah saya ya :D haha

    ReplyDelete
  10. Aku suka banget sama soto sokaraja ini, mba. Makan satu porsi rasanya nggak cukup. Hehe

    ReplyDelete
  11. aku penggemar soto, tapi soto ini belum pernah , mudah2an suatu waktu bisa mencobanya

    ReplyDelete
  12. denger Soto Sokaraja, jadi inget waktu lamaran, disuguhin Soto Sokaraja sama istri :D

    ReplyDelete
  13. saya juga penggemar soto mbak, melihat foto soto-nya saya jadi kepengen makan soto lagi :)

    ReplyDelete
  14. asik bgt, suka bgt sama soto sokaraja...

    ReplyDelete
  15. Soto Sokaraja memang enak, aku sering dibikinin ibuku

    ReplyDelete
  16. baru tahu soto pakai bumbu pecel.unik bangettt

    ReplyDelete
  17. wah belum pernah tau soto pake saos kacang hehe

    ReplyDelete
  18. Iya soto Sokaraja emang sueger gitu. Trus biasanya kalo yg saya makan krupuknya warna-warni merah kuning hijau putih. Asyik! :)

    ReplyDelete
  19. sotonya pakai sambel kacang..? belum pernah mbak, kayaknya seger juga deh..
    * krupuk tidak pernah ketinggalan ya mbak... :)

    ReplyDelete
  20. senang ya bisa ketemu sama sahabat pena, duh aku jadi keinget banyak teman-teman di Sokaraja,

    ReplyDelete
  21. Mbak Leli baik bangettt, yaaa. Pas arisan ilmu di pwt, Mbak Leli ngga ikuut.

    ReplyDelete
  22. Soto Sokaraja memang terkenal

    ReplyDelete
  23. Soto Sokaraja memang terkenal

    ReplyDelete
  24. belum pernah rasa nih soto sokaraja hehee

    ReplyDelete
  25. sotonya bikin makcerrrr..laper mbak Lid :)

    ReplyDelete
  26. Cuma lihat gambarnya aja udah kemeceran mbak :D
    pengen langsung nyruput.. Haha

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...