badge

Monday, November 16, 2015

Pancake Buatan Anak-anak

Hari ini anak-anak pulang sekolahnya siang semua, kalau biasanya kan Aa pulangnya sore. Katanya sih guru-guru kelas 4-6 sedang ada pelatihan untuk kurikulum 2013 dari Diknas. Biasanya harus ada camilan tambahan nih kalau anak-anak pulang sekolahnya siang. Untung deh masih punya bahan membuat pancake, pasti seneng deh mereka ikutan membuat sama-sama.

Seperti biasa saya gak mau repot hehehe sudah membeli tepung pancake siap pakai tinggal dimasak saja. Yang penting anak-anak suka deh, Bismillah aja mudah-mudahan enak. Yuk ah kita eksekusi tepungnya.


Bahan yang harus disiapkan Pancake mix (siap pakai)
  • Margarine
  • Telur 2 butir
  • Air atau susu cair 130g (saya pakai susu uht)
Cara membuatnya :
  • Cairkan margarine
  • Campur 1 bungkus pancake mix dengan air atau susu dan 2 butir telur. 
  • Aduk hingga rata atau sampai halus.
  • Kemudian masukkan margarine yang sudah dicairkan tadi lalu diaduk lagi sampai rata
  • Panaskan wajan dengan api kecil, saya menggunakan wajan kecil yang bulat supaya pas dan mirip pancake yang dijual di resto :)
  • Tuangkan adonan secukupnya ke dalam wajan
  • Masak sampai matang dan berwarna kecoklatan.
  • Pancake sudah jadi dan siap dihidangkan.
Setelah pancake jadi tinggal diberi toping sesuai selera saja. Di rumah cuma ada toping, madu, keju dan Selai Nuttela coklat kesukaan semua.

Ini dia pancake buatan anak-anak

Walaupun kedua anak saya laki-laki tapi mereka suka tuh kalau melakukan kegiatan masak seperti ini. Biasanya kalau ke supermarket mereka suka di lorong bahan-bahan kue. Yang memilih tepung panckae pun mereka kok, selain itu mereka memilih es krim juga. Kayanya PR selanjutnya membuat es krim.

Besar nanti kan mereka harus mandiri juga, siapa tahu saja kuliah atau bekerja jauh dari rumah otomatis harus bisalah masak yang simple supaya bisa irit. Syukur-syukur pintar masak juga jadi bisa masakin saya nantinya di rumah hehehe. Selama ini sih mereka baru antusias kalau membuat kue, untuk masakan nanti deh saya kenalkan juga.

24 comments:

  1. Keren! Setuju, walau anak laki, juga perlu bisa memasak. Siapa tahu kuliah di luar negri dan harus urus semua sendiri. Ya tak? :)

    ReplyDelete
  2. Om Budi mau dong... Nanti topingnya om budi kasih sendiri, soalnya Om Budi suka Moca. Boleh deh dikirim ya....

    ReplyDelete
  3. akkkk gampaaang yah teh. besok-besok mau coba!

    ReplyDelete
  4. Melihat anak-anak belajar masak menyenangkan ya mbak Lid...

    *anak saya kalau belajar masak heboh banget... :)

    ReplyDelete
  5. Widihh keren banget si Aa bisa blender sendiri

    ReplyDelete
  6. akupun kalau bikin pancake pakai tepung mix aja mbak. praktis.. cuma tambah telur dan susu doang.. praktes. hahahahaha

    ReplyDelete
  7. heubat aa pascal bisa buat pancake sendiri euyy

    ReplyDelete
  8. wah,seru ya masak bareng anak2....kayaknya besok2 ada omba masak buat anak2 blogger, ada si Aa, ade, sama nai hehehe

    ReplyDelete
  9. wah... serunya anak diajak berkreasi

    ReplyDelete
  10. Seneng, ya, sekarang udah banyak tepung kue premix, jadi bikin apa2 gampang, gak terlalu ribet nimbang2. Anak-anak juga kalau mau bikin2 sendiri jg bisa :)

    ReplyDelete
  11. bakal jadi lelaki idaman para cewek-cewek ini mah.. :D

    ReplyDelete
  12. Pascal keren tuh mau mixer adonan ya. Tapi seru kalau masak bareng anak-anak *comot pancake nya.

    ReplyDelete
  13. itu dede atau aa yg sedang nge- mix? gayanya serius bener hehe...

    ReplyDelete
  14. Widiiih, Pascal kayak mas Milzam waktu kecil, masih pakai seragam gak sabar bantuin Mama. Asik emang masak bareng anak-anak :)

    ReplyDelete
  15. Aa semangat banget bikin pancakenya. Ganti seragam dulu Aa... >,<
    #salahfokus

    ReplyDelete
  16. Wah kok pinter banget ya? Nggak seperti kakak2 disini nih, pd nggak pernah bikin apa2 :((

    ReplyDelete
  17. boleh nih tar kasih tau istri ah supaya belajar :D

    ReplyDelete
  18. Aa, tuh Mama pingin dimasakain kelak. :D

    ReplyDelete
  19. anak laki laki yang hebat, calon mantu idaman

    ReplyDelete
  20. Wah keren tuh masih anak-anak udah bisa bikin pancake, kalau aku mah seumur-umur belum pernah makan yang namanya pancake. :3

    ReplyDelete
  21. Asikkkk...
    Memasak memang menarik buat anak-anak, laki-laki ataupun perempuan ya.

    ReplyDelete
  22. Memasak sih sebenernya gak terpaku sama jenis kelamin, mau laki-laki atau perempuan kalo emang suka ya gak masalah belajar memasak, buktinya koki di restauran terkenal biasanya malah laki-laki ya.
    yang kayak gini perlu dicontoh nih, ngajarin anak buat masak, biar mereka bisa lebih mandiri kalo sudah gede nanti.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...