badge

Sunday, December 6, 2015

Ayo Dukung Program Sejuta Rumah Untuk Rakyat Indonesia

Ayo Dukung Program Sejuta Rumah Untuk Rakyat Indonesia. Rumahku Istanaku, sering sekali ya mendengar ugkapan seperti ini. Sekecil apapun rumah selalu ingin kembali kesana. Terlebih jika di dalamnya teradapat kehangatan yang diberikan oleh keluarga. Rumah kecil atau besar itu tergantung kebutuhan setiap orang, tapi alangkah baiknya jika disertai dengan sarana dan prasarana yang baik dan memadai.

Allhamdulillah walau kecil kami juga sudah punya rumah sendiri. Begitu pula dengan teman-teman bukan. Jangan khawatir kalau masih belum punya saya doakan segera punya, Aamiin. 


Dalam rangka hari bakti PU (Pekerjaan Umum) ke-70 sudah digelar Pameran Infrastruktur dan Perumahan untuk Rakyat pada tanggal 26-27 November 2015 di area parkeir Plaza Selatan Gelora Bung Karno, Jakarta. Pameran ini juga bertujuan sebagai pelayanan bentuk informasi bagi masyarakat langkah-langkah apa saja yang sudah dan akan dilaksanakan oleh Pemerintah untuk pembangunan Infrastruktur. 

Saya menghadiri talkshow yang digelar pada tanggal 27 November 2015 dengan tema "Ayo Dukung Program Sejuta Rumah Untuk Rakyat Indonesia". Sebagai narasumber sore itu ada Bapak Maurin sitorus. Ditjen Pembiayaan Perumahan dan Bapak Syarif burhanudin, Ditjen Penyediaan rumah PU.

Rumah adalah kebutuhan dasar, dan dijamin negara. Untuk itulah melalui rencana pembangunan nasional program 1 juta rumah diadakan sebagai mana yang tercantum dalam Peraturan Menteri PU & Prumahan Rakyat No. 38/PRT/M/2015. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan akses masyarakat berpenghasilan rendah terhadap hunian yang layak diperlukan bantuan prasarana, sarana dan utilitas umum perumahan. Karena dari 250 jt penduduk hanya 20% yg memiliki hunian layak .

Program utama pemerintah untuk mewujudkan program 1 juta rumah khususnya untuk :
1. Kepemilikan, yang belum mempunyai rumah, income perkapita mampu untuk mencicil
2. Rusun, yang tidak mampu mencicil
3. Memiliki tanah tetapi tidak mampu membangun, swadaya. 
4. Memiliki tanah dan rumah tapi tidak layak huni.

Salah satu program sejuta rumah untuk rakyat adalah rumah sejaktera tapak melalui KPR-FLPP (Kredit Pemilikan Rumah-Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan). Yaitu dukungan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan kepada MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) yang pengelolaannya dilaksanakan oleh ementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Untuk masyarakat yang ingin memperolah infromasi KPR FLPP bis amenghubungi Bank Pelaksana dan Pengembang yang membangun rumah sejahtera tapak.



Bank Umum yang ditetapkan sebagai bank pelaksana diantaranya yaitu BTN, BNI, Bank Mandiri, BRI, Bank Artha Graha dan Bank Mayora serta bank-bank lain yang juga ikut serta.

Melalui tulisan ini diharapkan teman-teman yang mempunyai kenalan atau kerabat jika belum memiliki rumah bisa mengajukan diri untuk mendapatkan fasilitas rumah dengan syarat yang sudah ditentukan. 

Seperti yang ita ketahui penyebab rendahnya daya beli masyarakat berpenghasilan rendah untuk mendapatkan rumah karena ada kendala uang muka 10% dari harga rumah. Melaui Program Sejuta Rumah semoga kedepannya makin banyak keluarga Indonesia yang bisa memiliki rumah layak huni. Aamiin.

"Setiap Orang/Keluarga/Rumah Tangga Indonesia Menempati Rumah yang Layak Huni"


Informasi link untuk Program Sejuta Rumah
http://sejutarumah.id

15 comments:

  1. Semoga program ini berjalan lancar, dan bisa terus berkesinambungan. Karena masih banyak lo, teman-teman yang belum punya rumah. TFS Mak.

    ReplyDelete
  2. Aku belum punya sendiri, nabuuuuungggg

    ReplyDelete
  3. Wah, mudah2an rencana Pemerintah yang ini berjalan lancar, ya.

    ReplyDelete
  4. Program keraakyatan seperti ini tentu sangat bermanfaat, terutama bagi yang memang belum memiliki rumah.
    Karena rumah adalah salah satu kebutuhan primer, pemenuhan kebutuhan rumah akan menjadi basic, terpenuhinya kebutuhan hidup yang lain.

    ReplyDelete
  5. Patut diapresiasi langkah pemerintah menciptakan program ini sangat bersahabat utk rakyat.. Terutama bagi yg ingin memiliki rumah dgn cara cicilan bisa difasilitasi melalui bank yg ditunjuk.. Alhamdulillah aku bisa pun rumah dgn cara mencicil melalui BTN..

    ReplyDelete
  6. Menarik programnyaaa... duh aku juga belum punya rumah pulak XD

    ReplyDelete
  7. semoga program ini bisa tepat sasaran ya mbak..karena rumah adalah kebutuhan utama bagi sebuah keluarga... :)

    ReplyDelete
  8. Programnya bagusss, semoga semakin bnyak yg terbantu n pjnya rumah sndiri. Aamiin

    ReplyDelete
  9. Rencana yang bagus. Semoga pelaksanaannya bisa lancar...

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah... akhirnya ada kesempatan buat punya rumah bagi yang kantongnya pas pas-an. Kasihan kalau selalu berpindah kontrakan.

    ReplyDelete
  11. Program yang bagus ya mbak. Semoga dengan begini jadi banyak teman-teman yang bisa punya rumah sendiri :)

    ReplyDelete
  12. Bismillah semoga bisa punya rumah dengan segera

    ReplyDelete
  13. Ini ni yang lagi aku cari. makasih infonya mak Lidya

    ReplyDelete
  14. Semoga program pemerintah ini berjalan dengan baik dan bisa membuat banyak rakyat Indonesia yang belum memiliki rumah sendiri menjadi terbantu. Untuk cari berita hari ini serta berita terkait program pemerintah lainnya, bisa kunjungi Sindonews.com. Terima kasih :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...