badge

Wednesday, December 9, 2015

Mana yang Lebih Mudah dan Murah: Pesan Hotel via Aplikasi Traveloka atau Agoda?


Manusia dan gadget sudah tidak bisa dipisahkan lagi setiap harinya. Berbagai aplikasi didownload untuk mempermudah melakukan berbagai aktivitas. Banyak banget perusahaan atau startup yang mulai beralih dari versi desktop ke aplikasi mobile. Begitu pula dengan situs reservasi hotel online, seperti Traveloka, Agoda, atau tiket.com, yang kini sudah hadir di iOS dan Android. Kenapa? Soalnya mereka berlomba-lomba ingin memberi kemudahan kepada pengguna dalam memesan kamar hotel, hanya lewat genggaman. Kapan pun dan di mana pun, kita bisa cari dan pesan hotel yang kita mau. Dalam perjalanan bisa pesan online seketika, pokoknya mudah sekali. Jadi pingin liburan deh akhir tahun ini :).

Lalu, online travel agent mana sih yang bisa ngasih harga murah dan juga kemudahan dalam memesan hotel? Saya akan coba membandingkan dua aplikasi (selanjutnya disingkat “app”) pemesanan hotel terbesar di Asia Tenggara: Agoda app dan Traveloka app. Anggap saja uji coba sebelum saya beneran mencari hotel untuk liburan nanti. Namanya emak-emak gak harus irit dong dan memilih yang murah namun memberikan kepuasan yang banyak.

Langsung saja ya, saya akan bandingkan kedua aplikasi tersebut, mulai dari pencarian, detail hotel, cara pesannya, metode pembayarannya, sampai harganya. Penasaran kan mana yang lebih mudah dan murah? Yuk simak aja di bawah ini:

1. Proses pencarian hotel


     
Gambar: Pencarian hotel di Seminyak via Traveloka app (kiri) dan Agoda app (kanan). 

Pertama-tama, saya coba cari hotel di Bali. Kedua aplikasi ini bisa menampilkan hotel di area yang lebih spesifik di Bali, contohnya area Seminyak. Perbedaannya bisa dilihat dari hasil pencarian di layar. Melalui Traveloka, berdasarkan popularitasnya, Swiss-Belinn Seminyak, hotel bintang empat dengan tarif kamar per malamnya seharga Rp263.300, tampil di urutan teratas. Lalu, di urutan kedua ada Safin Inn Harmony Seminyak, hotel bintang dua dengan harga Rp258.472. Di urutan bawah lainnya, banyak hotel dengan tarif kamar kurang dari Rp500.000. Nah, Traveloka app membuktikan hotel populer tidak harus mahal nih.

Sedangkan untuk pencarian hotel lewat Agoda app berdasarkan popularitasnya, terdapat hotel W Retreat & Spa Bali di urutan paling atas, hotel bintang lima yang tarif kamar per malamnya seharga Rp4.711.176, lalu di urutan kedua ada The Haven Bali Seminyak yang tarif kamarnya seharga Rp615.868 per malamnya. 


2. Perbandingan detail dan harga hotel


       Gambar: Tampilan detail hotel via Traveloka app (kiri) dan Agoda app (kanan)

Setelah itu, saya coba bandingkan detail hotel. Traveloka maupun Agoda sama-sama memberikan informasi yang lengkap seputar hotel, baik itu detail kamar, review pengguna sebelumnya, juga foto-foto hotel. Namun, ada satu hal menarik yang saya temukan pada Traveloka app, yaitu tersedia tampilan peta alamat hotel dan lokasi menarik terdekat, seperti Pantai Double Six yang terletak 1,4 km dari hotel, atau Pantai Seminyak yang jaraknya 1,5 km dari hotel, dan beberapa objek lainnya. Lumayan berguna, nih, buat cari tahu hotel terdekat dari objek wisata yang dituju, atau sebaliknya. 


3. Proses pemesanan hotel


       Gambar: Perbandingan Traveloka app (kiri) dan Agoda app (kanan). Hotel dan tanggal booking sama, tapi harga beda.

Saat melakukan pemesanan, pengoperasian kedua aplikasi ini sama-sama gampang kok. Cukup cantumkan nama, nomor telepon, dan email pemesan. Namun, ini dia penemuan yang penting! Apalagi kalau bukan soal harga. Ternyata harga awal yang tertera di Agoda app belum termasuk semuanya, alias masih ada tambahan “hotel tax and service fees” sebesar Rp62.515. Alhasil, total biaya yang sebelumnya Rp297.693 ujung-ujungnya menjadi Rp360.208 untuk satu malam. Hal ini berbanding terbalik dengan Traveloka app, total harganya lebih murah dari harga awal yang tertera. Emang bisa gitu? Nih, harga awal yang tampil sebesar Rp263.300 malah menjadi Rp262.378 per malamnya. Wah, selisihnya hampir Rp100.000!


4. Metode pembayaran

     
Gambar: Perbandingan Traveloka app (kiri) dan Agoda app (kanan). Traveloka app lebih banyak pilihan metode pembayaran dibanding Agoda app

Setelah selesai melakukan pemesanan, tahap selanjutnya adalah memilih metode pembayaran. Sesuai dengan gambar di atas, Agoda app hanya menerima pembayaran dengan kartu kredit dan PayPal. Berbeda dengan Traveloka app yang punya seabrek pilihan pembayaran. Tidak harus dengan kartu kredit, tapi juga bisa bayar melalui ATM, transfer via mobile, hingga bisa bayar di Indomaret. 

Menurut saya, pilihan metode pembayaran yang beragam itu sangat penting untuk transaksi online. Mengapa? Karena tidak semua orang punya kartu kredit. Jangan sampai hanya karena tidak punya kartu kredit, kita malah harus mengurungkan niat berlibur dan menginap di hotel idaman. Banyaknya pilihan pembayaran juga bisa bikin kita menentukan mana yang lebih sesuai dan mudah buat kita. Ini nih salah satu alasan awal saya malas memesan tiket online karena harus menggunakan kartu kredit.

Kesimpulan:

Setelah ubek-ubek dua aplikasi di atas, saya merasa memesan hotel via Traveloka app jauh lebih mudah dan nyaman dibanding Agoda app. Selain harganya yang jauh lebih murah, ada informasi bermanfaat, seperti jarak hotel dengan objek wisata terdekat sampai metode pembayaran yang gak membutuhkan kartu kredit. Satu lagi nih, menurut saya, tampilan Traveloka app lebih enak dilihat dibanding Agoda app. Bahasa kekiniannya tuh lebih clean dan simple.


Nah, itu saja ‘temuan’ dari uji coba saya kali ini. Kalau menurut pengalaman kamu sendiri, bagaimana? 

Eh, ternyata ada satu ‘temuan’ lagi, nih! Setelah baca-baca berbagai sumber di dunia maya dan ‘berselancar’ di website resminya, saya baru tahu kalau dengan pesan hotel melalui Traveloka App, kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibanding memesan lewat desktop. Oke, sekarang saya tahu harus pakai aplikasi yang mana kalau mau mencari hotel untuk berlibur! Susun Itinerary ah buat liburan

28 comments:

  1. Aku belum pernah coba cari hotel via Traveloka atau app yang lain, sih. Biasanya aku "sedapatnya" atau menyerahkan sama bookingan di travel. Tapi lain kali boleh dicoba, nih. Sepertinya bisa ngirit juga, hihihi :D

    ReplyDelete
  2. Pernah coba pesan tiket pake Traveloka, tapi yang akses bukan saya...nyuruh adek...

    ReplyDelete
  3. Aku blm pernah pesen hotel via applikasi mbak :D
    Wong nginep di hotel dibayarin mulu..hihi

    ReplyDelete
  4. Kalo suamiku malah sukanya pakai agoda mak

    ReplyDelete
  5. Kalo aku sih lebih suka agoda, harganya lebih murah.. hehehe

    ReplyDelete
  6. Belum pernah nyobain dua2nya. Tapi kalau Agoda kakak ku pernah ikutan affiliasinya dan hasil lumayan :D

    ReplyDelete
  7. pokoknya mana yang murah itu yang disikat. hahahaha

    ReplyDelete
  8. Mantaap mbaa perbandingannya...
    Aku malah blom pernah book hotel lwt app traveloka..kalo perbandingannya kayak gitu, boleh nih dicoba install appnya buat pesen2 hotel..:)

    ReplyDelete
  9. belum pernah nyobain keduanya sih mbak hehee

    ReplyDelete
  10. klo utk hotel belum pernah pake Traveloka maupun Agoda, klo utk tiket pesawat siih udah beberapa kali beli di Traveloka.
    siips deh, nanti kapan2 kali pak Suami mau diajakin jalan2 mau cobalah cari hotel via Traveloka ini :D

    ReplyDelete
  11. Traveloka seperti juga punya reputasi yang lebih baik.

    ReplyDelete
  12. ih, mbak satu ini rajin banget :)
    kalo saya sih jujur aja belom pernah coba keduanya
    paling kalo pergi, sama kantor udah disediain akomodasi, kamar, dll
    jadi tinggal duduk manis ajaaaaaa

    ReplyDelete
  13. Iya Mbaak...aku juga pernah booking hotel pakai app traveloka dan dapat muraah looh.Check in pun gampang tinggal nunjukin email yang ada di smartphone

    ReplyDelete
  14. Ane seumur umur nginep di hotel baru 2x itu pas piknik sama diajak pembimbing sekolah dulu , kalau traveling terus capek ya nggembel di pinggir jalan :D jadi ane kurang paham mengenai aplikasi ini. wkwkwkw #curhatya

    ReplyDelete
  15. saya belum pernah cobain keduanya, sih. Jadi tertarik :)

    ReplyDelete
  16. setelah dibandingkan dengan detil ternyata traveloka lebih murah ya mbak Lid..
    * kalau saya hotelnya gratis mbak alias dirumah sendiri...hehe.. :)

    ReplyDelete
  17. sepertinya aplikasi ini saya juga harus punya nih, supaya gampang kalo mau nginap di hotel :)

    ReplyDelete
  18. Ngerti saya selama ini yang Traveloka, hehe...

    ReplyDelete
  19. wah biasanya dicariin kalau hotel :D

    ReplyDelete
  20. Okee, noted traveloka ajah hehe. Aku belum pernah kalau hotel mba, kurang piknik huhu

    ReplyDelete
  21. aku puas kemarin waktu ngebolang di sukabumi pake traveloka mbak, harga hotel yang ditawarkan lebih murah

    ReplyDelete
  22. Waktu kmrem di surabaya aku pesen hotel dr agoda gagal mulu, akhirnya lari ke traveloka. Hihihi entah kenapaa.

    ReplyDelete
  23. Belum pernah coba agoda mbak. Selama ini pesan hotel paling lewat traveloka atau travelio.

    ReplyDelete
  24. Sudah pernah nyoba keduanya. Traveloka enak, harga yang tertera sudah fix termasuk tax ya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...