badge

Monday, December 7, 2015

Saya Mau Ke Mekah

Saya Mau ke Mekah
Berkeliling-keliling Ka'bah
Sambil Baca Talbiah
Dan Wukuf di Arofah
Lalu melempar jumroh
ula, wusto, akobah
lari-lari kecil dari Safa ke Marwah
lari-lari kecil dari Safa ke Marwah

Allah maha pengasih
tanpa memilih kasih
Allah Maha penyayang
sayangnya tak terbilang
Allah yang maha tau
tanpa diberi tahu
Allah..Allah Laa Illa HaIllallah
Allah..Allah Laa Illa HaIllallah

Lirik lagu Saya Mau Ke Mekah dengan nama Saya Mau Tamasya ini sering Ade nyanyikan di rumah sebelum pelaksanaan Manasik Haji 19 November 2015 lalu. 




Setiap bulan haji di TK-TK Islam kebanyakan mengadakan manasik haji untuk murid-murid TK B di sekolahnya. Biasanya sih sekolahnya Ade ikut serta di Asrama Haji di Pondok Gede. Baru tahun ini ikut serta di Asrama haji Kota Bekasi.



Selain belajar melalui lagu, anak-anak juga diajarkan dengan cara sederhana dan mudah diterima oleh mereka. Ade jadi tahu apa saja yang biasa dikerjakan saat ibadah haji dan umroh. Tujuan pembelajaran ini agar anak-anak bisa sedini mungkin belajar soal haji sebagai mana yang terdapat dalam Rukun Islam yang ke-5 yaitu pergi Haji.

Tidak hanya itu murid-murid juga mengenakan kain ihram seperti layaknya pergi haji sungguhan. Cuma bedanya kata Ade pegri hajinya tidak naik pesawat dan Ka'bahnya kecil. Mudah-mudahan bisa secepatnya pergi haji sungguhan ya De, dan menjadi haji yang mabrur.

Karena orang tua tidak diperkenankan untuk ikut manasik hajinya, saya cuma bisa mendengar cerita dari Ade saja. Katanya Ada lempar jumroh, keliling ka'bah dan lari-lari kecil. Ada juga melewati terowongan warna hijau mungkin ini ceritanya terowongan mina ya. Ada juga sholat dua rakaat.

Lucunya selain mereka mengguakan kain ihram juga menggunaan tanda yang berbeda di tiap rombongan. Tidak lupa memakai sendal yang nyaman untuk jalan. Mirip seperti pergi haji sungguhan pokoknya :)



28 comments:

  1. Kok kayaknya Alvin tumbuhnya cepet amat sih =)) Udah kelihatan gede... amiin cepat ke Mekkah ya Vinnn :')

    ReplyDelete
  2. Subhanallah.. kecil2 sdh didengungkan nyanyian lafaz utk ke Mekkah.. semoga terwujud ya ananda ke Baitullah karena setiap perkataan bia berarti niat dan juga doa..

    ReplyDelete
  3. Saya juga mau ke Mekah Teh Lidd...

    ReplyDelete
  4. Cita2 tertinggi kita semua ya. Semoga dijabah Allah SWT. Aamiin.

    ReplyDelete
  5. waaa...lagunya bagus sekali tuh mbak, bisa menumbuhkan kerinduan anak-anak kepada Baitullah... :)

    ReplyDelete
  6. wuaah..Ade seru ya abis manasik, mudah2an bisa ke mekkah beneran ya suatu saat nanti. aamiin

    ReplyDelete
  7. Lucu, tetanggaku jg suka sm lagu ini.

    ReplyDelete
  8. Anak TK sekarang aneh-aneh yaa pake manasik haji gini yaa, yang rempong emak nya :p

    ReplyDelete
  9. Pembelajaran dasar disesuaikan perkembangan anak ya Jeng Lia. Terwujud cita cita Calvin ibadah di Mekah

    ReplyDelete
  10. aku suka banget lagu itu mbak..
    seru ya,bener2 simulasi naik haji...

    ReplyDelete
  11. Wah gak boleh ikutan ya, ortunya? Dulu jaman Hana, ortu bisa mendampingi. :)

    ReplyDelete
  12. Disini emaknya boleh ikut trus pada rempong cari baju putih2 Mbak :)

    ReplyDelete
  13. Duh, aku prnah nih nganter anak manasik manasikan. Hati rasanya bergetar gitu pas ikutan ngucap labbaika Allahuma labbaik...

    ReplyDelete
  14. Amiiin amiiin ya robbal alamiiin...

    Semoga nular ke kita semua yah :)

    --bukanbocahbiasa

    ReplyDelete
  15. senangnya, kecil-kecil udah diajarin manasik haji :)

    ReplyDelete
  16. aamiin... saya juga mauu...

    lagunya juga sering dinyanyiin anakku mba :D

    ReplyDelete
  17. saya jg pengen....

    wkt sekolah pasti praktek ibadah haji. Maklum sekolah agama sih

    ReplyDelete
  18. AAaamiiinnn saya juga mau...
    Semoga segera ya bisa ke Mekkah...

    ReplyDelete
  19. Aaamiin ya Allah ...
    Saya juga mau ke Mekkah.
    Manasiknya di Asrama Haji? keren inih, dee, uwak juga jadi ikut nyanyi deh hehe

    ReplyDelete
  20. anak2 kalo ikut manasik haji di sekolah itu, seneng banget ya...

    ReplyDelete
  21. Aamiin.. Semoga bisa ke Mekkah sekeluarga yaa

    ReplyDelete
  22. Ade keren. Aamiin... aamiin... aamiin

    ReplyDelete
  23. Wahh... latihannya sudah, insya Allah akan berangkat bersama mama papa ya, mempraktekkannya di Mekkah sana. :)

    ReplyDelete
  24. aamiin.. bunda juga pengen :-)
    Selma wkt itu harusnya ikut manasik haji tp sayang dia sakit

    ReplyDelete
  25. semoga bisa ke tanah suci sekeluarga ya, mba Lidya. aamiin

    ReplyDelete
  26. semoga doa Ade terkabulkan yaaah sayang, bisa ke Mekkah dan bisa bareng sekeluarga yaaa sayang :*

    ReplyDelete
  27. Semoga ade bisa segera berkunjung ke Mekkah bersama keluarga dengan segera amien

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...