badge

Monday, January 25, 2016

Cara Membuat Manisan Kolang kaling

Sudah tahu dong dengan kolang kaling yang biasa juga di sebut dengan buat atap berbentuk lonjong, putih dan kenyal. Kolang kaling yang dibuat dari biji pohon aren. Mengandung karbohidrat yang cukup tinggi jadi bisa mengenyangkan juga nih.

Kolang kaling biasa disajikan pada es campur, kolak, es teler dan berbagai jenis minuman lainnya. Waduh hawanya kaya bulan puasa aja nih. Lagi kepingin kolang kaling, eh kok ya pas dibawakan manisan kolang kaling sama mama. Katanya kolang kaling ini mempunyai manfaat yang bagus untuk pencernaan, juga bagus untuk pertumbuhan tulang. Bagus juga untuk diet, eh tapi kalau dimakannya pada makanan manis masih bisa buat diet gak ya :-D.

Kalau selama ini saya cuma tau makannya saja, makanya saya minta diajari membuat manisan kolang kaling via bbm loh kasih resepnya. Berikut resep ala mama saya ya, tapi bahan-bahannya saya gak pakai takaran.

Bahan- bahan yang diperlukan :
  • kolang kaling
  • Air 1.5 gelas
  • Gula pasir
  • Fanta merah satu botol kecil (optional)
Cara membuat kolang kaling :
  • Cuci sampai bersih kolang kaling
  • Rendam didalam air bekas cucian beras selama satu jam, katanya sih supaya cepat empuk
  • Cuci lagi kolan kaling yang sudah direndam
  • Rebus air 1.5 gelas hingga mendidih
  • Setelah mendidih masukkan gula pasir
  • Masukan fanta merah tergantung selera. Fanta juga bisa diganti dengan pewarna lainnya. 
  • Masukkan kolang kaling
  • masak hingga air menyerap dan habis
Begitu aja sih cara buatnya, tapi mungkin ada cara lain saya juga belum tahu. Yang penting menurut saya ini enak kok :). Manisan kolang kaling siap disantap atau dijadikan campuran minuman dan es campur. Hmmmm seger siang-siang makan manisan kolang kaling.

PR banget nih mengenalkan kolang kaling sama anak-anak, katanya sih karena susah digigit,mungkin karena kenyal ya rasanya saat dimakan. Apa saya potong-potong kecil saja ya lain kali supaya mereka mau makan.

7 comments:

  1. Inget suasana pas ramadhan nih kalo ngomongin kolang-kaling.. Btw, warnanya pasti cantik ya kalo pake campuran rendaman fanta merah..

    ReplyDelete
  2. Kalo aku gak pernah pake fanta merah. Tapi pewarna makanan plus gula, kayu manis.

    ReplyDelete
  3. kolang kaling ini kesukaan bojoku, nti aku cobain reseomu yoo

    ReplyDelete
  4. Anak-anak juga nggak suka kolang-kaling, gara2nya pas beli es di luar itu kolang-kalingnya emamg agak keras kurang empuk.

    ReplyDelete
  5. kalo aku senengnya buat jadi kola mbak hehe

    ReplyDelete
  6. Kolang-kaling memang sangat bermanfaat ya mbak Lidya. Ibu saya sering merebus kolang-kaling begitu saja untuk obat capek-capek atau pegal linu :)

    ReplyDelete
  7. suka deh ama kolang-kaling.. tapi kalo resep ibu saya mah bukan pake fanta, pakenya sirop tjampolay yang rasa pisang susu :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...