badge

Thursday, January 28, 2016

Pemanfaatan Ruang Kosong di Bawah Tangga

Kalau lagi iseng melihat iklan rumah dijual di jakarta saya suka penasaran dengan ruang-ruang apa saja yang ada di dalamnya. Seandainya mau cari rumah lagi ada satu ruangan khusus yang paling saya inginkan yaitu gudang.

Fungsi gudang sebagai ruang penyimpanan bisa dikategorikan berdasarkan peralatan yang akan digunakan. Mulai dari peralatan yang jarang digunakan atau barang-barang bekas yang nantinya akan dikeluarkan.


Namanya juga perempuan ya saya punya barang-barang dapur yang penggunaannya juga hanya sesekali saja tapi penting untuk dimiliki. Di simpan di lemari dapur kok ya jadi penuh lemarinya. Berhubung belum punya gudang biasanya saya menyimpannya di dalam kotak-kotak container. Kebanyakan sih mainan dan peralatan dapur.

Saya baca-baca mengenai berita design, jika tidak mempunyai gudang bisa memanfaatkan celah kosong yang berada di rumah. Contohnya ruangan di bawah tangga, koridor, dan lemari. Lemari yang dibuat khusus dengan lebar tipis menggunakan pintu geser sehingga bisa menghemat ruang. Solusi lain adalah membangun ruang khusus di tanah yang belum dibangun ruang. Tapi ini butuh biaya lebih untuk pembangunannya.

Ini berandai-andai dulu saja ya, jika saya punya ruang kosong di bawah tangga mau dijadikan sebagai ruang apa ya?
  1. Kamar mandi tambahan. Kebiasaan banget deh kalau ada yang sedang di dalam kamar mandi suka antri. Walau kecil kamar mandi tambahan ini berguna juga.
  2. Gudang mainan anak-anak. Tahu sendiri dong kalau mainan anak yang banyak kadang bikin pusing kalau tidak disimpan pada tempatnya. Ini sekaligus mengajarkan anak-anak lebih teratur dan bertanggung jawab pada barang pribadinya.
  3. Mushola. Setelah sholat bisa tadarus di ruangan ini.
  4. Rak buku dan menyimpan peralatan sekolah.
  5. Rak sepatu tertutup agar lebih rapi.
  6. Meja kerja, walau ibu rumah tangga butuh juga saya ruangan kerja untuk refreshing melakukan aktivitas di dunia blog.
Jadi punya ide lain nih, bikin laci-laci dibawah tempat tidur untuk penyimpanan seprei, selimut dan peralatan tidur lainnya. Praktis juga ya kayanya cara penyimpanan seperti ini,apalagi ditempatkan di kamar tidur anak. MEreka bisa menyimpan buku dan mainan juga di sana. Mudah-mudahan impian saya terkabul ya.

21 comments:

  1. Kalo di rumahku dijadiin WC sama di sisi lainnya ada lemari :)

    ReplyDelete
  2. Lebih cocok kolong di bawah tangga itu dijadikan lemari tempat penyimpanan barang mainan anak2 ..lebih pas gitu..

    ReplyDelete
  3. Bikin juga laci diatas plafon Mbak, untuk barang yang ringan2 aja. Waktu kerja di Hong Kong plafonnya buat gudang karena rumahnya kecil2 :)

    ReplyDelete
  4. dirumah belum ada tangga, tapi tar kalau rumah ditingkatkan tangga nya harus dibuat lebih bermanfaat iya

    ReplyDelete
  5. di rumahku juga ada ruang di bawah tangga,,ddan dijadikan gudang, tapi bukan untuk mainan, melainkan untuk peralatan pertukangan :-)
    keep happy blogging always...salam dari makassar - banjarbaru :-)

    ReplyDelete
  6. saya biasanya menyimpan barang-barang di atas internit
    maklum gak ada gudang :D

    ReplyDelete
  7. Kalo misalnya di rumahku ada tangga bawahnya buat rak buku aja...karena aku gak punya rak buku... :)

    ReplyDelete
  8. ga ada tangga di rumah mba, suka banget liat gambar rumah2 bertingkat yg cantik dengan desain yg ccantik pula

    ReplyDelete
  9. Gatel pengen renov juga nih teh :))

    ReplyDelete
  10. aku ditaruh lemari kecil gitu aja sih...

    ReplyDelete
  11. Di rumah saya gak ada tangga, Mbak. Tapi kalau di rumah budhe, bawah tangga dimanfaatin buat tempat alat2 sholat plus Al-Quran dan buku2 islami gitu. Soalnya sebelahnya emang tempat sholat :)

    ReplyDelete
  12. prinsipnya, manfaatkan celah kosong dimana pun berada yaa,Mbak, sampek di bawah tempat tidur sekalipun :D

    ReplyDelete
  13. Saya setuju kalau di bawah tangga dimanfaatkan utnuk rak buku.

    ReplyDelete
  14. Samaaa dong.. Aku pun memanfaatkannya untuk ruangan menyimpan ini dan itu

    ReplyDelete
  15. Buat nyimpan keperluan/peralatan anak-anak sekolah, cocok tuh. Jadi lebih rapi rumahnya nanti ya.

    ReplyDelete
  16. Saya juga pengen itu Mbak, laci2 gitu..
    Weekend kemarin nonton acara di Net, tu orang rumahnya kecil, luas tanahnya jg kecil tp cara nata barangnya keren.. memanfaatkan laci2 gtu dimana2, di tangga, meja dll

    Aamiin yaah Mbak, moga keinginannya terkabul.;)

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah, di rumah sudah menerapkan ini. Melihat kondisinya, area di bawah tangga dijadikan gudang kecil tempat menyimpan sepatu dan perlengkapan lain.

    ReplyDelete
  18. memanfaatkan ruang kosong memang bermanfaat banget ya mba..

    ReplyDelete
  19. ya ya mba, ternyata ruang di bawah tangga bisa dimanfaatin...karena memang selama ini, space di bawah tangga kelihata jelek kalau hanya terlihat kosong.

    ReplyDelete
  20. enggak punya tangga, tapi mupeng pengen punya rumah kayak gitu hehhe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...