badge

Sunday, January 3, 2016

Pendaftaran Masuk SD

Tahun 2016 baru aja masuk tanggal 2, beberapa sekolah swasta sudah mulai membuka pendaftaran untuk masuk ke SD tersebut. Insya Allah tahun ini Ade masuk SD di satu sekolah dengan Aa. Pagi-pagi kami sudah ke sekolah untuk membeli formulir pendaftaran. Masih pagi padahal tapi kami sudah dapat urutan ke-24 aja. hihihi banyak yang sudah menantikan juga ternyata.

Allhamdulillah formulir sudah kami dapatkan, tadinya mau langsung diisi dan dikembalikan, tapi berhubung ada syarat yang belum dipenuhi jadilah harus menunggu hari senin saja. Oh ya untuk mengambil formulir ini biasanya gak gratis ya, tapi harus membayar sejumlah yang sudah ditentukan. 

Untuk masuk SD-nya nanti berkas-berkas yang harus disiapkan antara lain :
  • Foto kopi Kartu Keluarga
  • Foto kopi Akte Kelahiran
  • 2 lembar pas foto 2x4 (saya foto sendiri saja lalu di cetak)
Ade pikir senin ini dia sudah mulai masuk SD, padahal ini baru pendaftaran saja. Tes masuknya sendiri baru akan dilaksanakan tanggal 6 Februari nanti. Artinya kurang lebih dari 1 minggu setelah tes pengumuman sudah keluar. Tandanya kami harus sudah menyiapkan uang masuk sekolah. Memang sih di sekolah swasta bisa dibilang curi start. Alasan kami memasukkan Ade ke sekolah yang sama dengan Aa adalah supaya sama-sama.

Ade juga maunya masuk di sekolah yang sama karena di sana ada ekskul robotic katanya:). Apalagi beberapa waktu yang lalu pernah ikutan lomba menyusun Lego di sekolah Aa dan mendapatkan juara pertama.

Hal-hal yang bisa diperhatikan apakan si anak sudah siap masuk sekolah dasar atau belum diantaranya adalah :
  • Cukup umur, Ade akan berusia 6.5 tahun pada bulan Juli nanti. Yang saya tahu kalau di sekolah negeri harus 7 tahun ya. Insya Allah umurnya Ade sudah matang kok untuk masuk sekolah dasar.
  • Sudah bisa mengikuti peraturan dan instruksi dari guru. Guru TKnya bercerita kalau Ade suka megajari teman-temannya saat belajar.
  • Sudah mampu membaca, menulis, berhitung plus mengaji. Oh ya selama ini saya sendiri yang mengajarinya di rumah selain sekolah di TK. 
  • Bisa mengurus dirinya sendiri dalam hal-hal yang mudah tentunya. Seperti membuka pakaian dan memakainya sendiri. Yang paling utama adalah bisa memakai sepatu sendiri, karena di sekolahnya nanti diharuskan melepas sepatu dan mnyimpannya di rak.
Masing-masing orang tua punya penilaian sendiri apakah anaknya sudah siap masuk sekolah dasar atau belum.

14 comments:

  1. Sekolah keren ya pendaftar nya banyak banget ya. Kalau sd di kampung ku tiap tahun selalu kekurangan murid baru

    ReplyDelete
  2. kalau ditempat sy, baik negeri atau swasta kayaknya hrus minimal 7 tahun...sukses buat putranya...semoga menjadi anak yg bermanfaat kelak :)

    ReplyDelete
  3. Selamat sekolah yah ade, moga makin cinta ilmu.. Sekarang mah foto sendiri trus cetak deh hehe, gampang bgt yah mba.

    ReplyDelete
  4. Kalau sekolah swasta memang daftarnya jauh lebih awal ya mbak Lid..baiknya persiapan masuk sekolah juga lebih lama dan seragam sudah siap waktu masuk pertama kali..

    * Tetap ada tes ya mbak...tapi In Shaa Allah lolos deh...Aamiin... :)

    ReplyDelete
  5. iya bener sekali mbak...masing2 orangtua pastinya sudah punya penilaian sendiri :)

    ReplyDelete
  6. Nah kan, ada sekolah favorit di dekat rumahku yang sudah tutup, Mbak. Malah sudah angsuran pertama... beberapa malah baru membuka pendaftaran yak

    ReplyDelete
  7. Masuk SD ada tesnya gitu kah mbak? Kalau di sini tidak ada lho...

    ReplyDelete
  8. cie udah masuk sd si ade ^^ ceet jg ya 6 bulan sebelumnya udah buka daftar murid barunya

    ReplyDelete
  9. betul, Lid. Kembali ke masing-masing orang tua. Wah, Ade udah mau SD, nih. Semoga dapat yang cocok, ya :)

    ReplyDelete
  10. Wah, udah mau SD aja si ade. Makin riweuh atuh mamahnya, ya.. :D

    ReplyDelete
  11. Wah, barengan sama anak keduaku mba 😊

    ReplyDelete
  12. Wah, barengan sama anak keduaku mba 😊

    ReplyDelete
  13. Samaa, tahun ini aku juga mulai jadi wali murid SD dongg <3

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...