badge

Monday, January 4, 2016

Si Kecil Yang Sudah Mandiri

Alvin, bungsu saya, tahun ini usianya menjelang 6 tahun. Tapi saya masih suka sekali memanggilnya DedeBi, kepanjangan dari Dede Bayi. Sebetulnya kata ini diucapkan waktu pertama kali belajar berbicara dulunya. Gak berasa nih tahun ini Ade sudah mau lulus TK, tapi kami masih menganggapnya layaknya dede bayi saja.

Walau masih TK Ade sudah dibilang cukup mandiri dan bisa melakukan beberapa hal sendiri. Mandi pun sudah bisa sendiri, tapi dalam satu hari itu pasti saya akan membantunya supaya lebih bersih. Biasanya saya sudah menyediakan seragam dan keperluan lainnya di kamarnya. Ade sudah tidak mau lagi dipakaikan seragam oleh saya. Dia sudah bisa pakai sendiri, dari pakaian dalam, seragam hingga sabuk. Bahkan untuk kaos kaki dan sepatu pun sudah bisa memilih sendiri.


Sebagai orang tua sih saya senang-senang saja, jadinya tinggal mengawasi saja. Mudah-mudahan sikap mandirinya ini berguna jika sudah besar nanti. Sikap mandirinya ini juga dilakukan saat pulang sekolah. Bisa mengeluarkan sendiri kotak makan dan minumnya untuk disimpan di tempat cuci piring. Menyimpan sepatu dan membuka seragamnya sendiri serta meletakkan pada keranjang pakaian kotor.



Beberapa cara agar anak bisa belajar mandiri dan dispilin menurut pengalaman yang sudah saya lakukan diantaranya adalah :
  • Berikan contoh tiap hari. Jika belum mengerti ulangi lagi keesokan harinya. Untungnya Ade adalah punya kakak yang bisa dijadikan contoh nyata dalam sehari-hari.
  • Belajar mandiri melalui dongeng atau buku bacaan anak-anak. Biasanya si anak akan cepat menangkap dan mengikuti apa yang ada di buku tersebut.
  • Melalui tontonan edukatif juga bisa mengajarkan si kecil untuk lebih disiplin

Ada satu hal yang suka ditiru dari saya, yaitu Ade suka sekali memakai parfume milik saya, katanya sih supaya wangi. Akhirnya saya berikan Cologne khusus anak-anak saja supaya lebih aman. Hmmm harum deh masih bisa dicium-cium kalau mau pergi sekolah atau pulang sekolah.

Oh ya jangan lupa ya untuk ikutan lomba Cussons Bintang Kecil 4 (#CBK4) sampai 10 Januari 2016 nanti ya. Selain kategori Foto tahun ini pun ada kategori Video dengan tema "Tumbuh Dengan Cinta" . Bisa diambil dari kamera atau ponsel dan jangan lupa menggunakan 2 Produk Cussons Baby. Hadiahnya 1 Milliar rupiah loh, asyik banget kan.





https://www.facebook.com/CussonsMumMe.id
https://twitter.com/cussonsmumme_id
http://cbk.cussonsbaby.co.id

72 comments:

  1. Semoga ke depannya bisa semakin mandiri, ya, DedeBi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, aku juga setuju, semoga semakin mandiri dan menjadi anak yang berbakti pada orang tua : )

      Delete
  2. menurut sy, mengajarkan anak kecil untuk mandiri itu sulitnya masya allah...hehe, sebab anak kecil biasa dimanja, tahu2 harus mandiri.. :D

    ReplyDelete
  3. Meski anak2 tumbuh dewasa tetep yah mba mereka cute di mata kita... Always be my baby hehe. Ini hadiahnya 1M wahhh, sukses yaa

    ReplyDelete
  4. Alvin sudah gede yaaa,,,,smoga slalu sehat bahagia yaa Alvin...
    selamat berlomba..smoga menjadi yang terbaik..
    keep happy blogging always,,,salam dari Makassar-Banjarbaru :-)

    ReplyDelete
  5. wiii.. hadiahnya menggiurkan bangettt!! haha

    ReplyDelete
  6. Senang kalau anak sudah bisa mandiri, ya Mbak..
    Semoga Alvin bisa terus tumbuh sehat dan cerdas.. :)

    ReplyDelete
  7. Dedebi sudah beranjak ABG ya teh.. hihi...

    ReplyDelete
  8. Iihhh...cakep, imut, lucu deh Dede waktu memeragakan memakai parfum..

    *ternyata mudah sekali ya Dek pakai parfum itu, tinggal buka tutupnya, tuang terus dioleskan ditempat yang diinginkan...selesai deh.. :)

    ReplyDelete
  9. pinter ya ade udah mandiri...

    ReplyDelete
  10. Aku juga masih manggil anakku little baby, padahal udah mau 8 tahun umurnya ;-)

    ReplyDelete
  11. Wah asiknyaa.. Sudah mandiri.. Mamanya pasti seneng :-)

    ReplyDelete
  12. aih pake cologne...makin harum deh :)

    ReplyDelete
  13. Aih Alvin udah gede dan mandiri pula....semog menang ya Dek....

    ReplyDelete
  14. DedeBi, sepatunya keren loh, warnanya senada dengan Cussonsnya.

    ReplyDelete
  15. Alvin udah gede ya, padahal baru gak ketemu satu lebaran #eaaa

    ReplyDelete
  16. Gemess sama Alvin yang udah mandiri...
    Nanti udah bisa ajak Salfa jalan-jalan kan? hehehe...
    Gak jauh-jauh kok, ke Summarecon aja, uppsss

    ReplyDelete
  17. Senangnya kalau anak yang kita anggap masih kecil, ternyata udah bisa mandiri :)
    Tapi, kadang sebagai orangtua, aku suka tanpa sadar masih nyiapin apa yang dibutuhin, naluri ortu kali ya :D

    ReplyDelete
  18. Ya ampun, si ganteng sekarang udah mandiri aja.

    Eh iya sayang bgt aku blm punya anak, jd gak bisa ikut lombanya deh haha

    ReplyDelete
  19. Ade udah pinter ya, semangat ya sekolahnya.

    Hayu ah ikutan CBK juga.

    ReplyDelete
  20. Duh, gagal fokus sama seragamnya x)) . Semoga menang yaaaa mbaaa :). Etapi emang sih cologne dede-dede itu enak banget, tapi kenapa kalo aku yang pake malah baunya beda *hiks*

    ReplyDelete
  21. Inget bgt dulu Alvin masih gendong kangguru sama mamanya kemana2... naik motor, beli ini itu.. pasti liat Alvin dalam gendongan kangguru mamanya hihihihi.. skrg udah gede aja dah mau masuk SD, ga terasa yaa.. Btw boleh jg ni infonya.. Fa alhamdulillah, walo baru thn ini masuk TK jg udah bs dia lakukan sndiri, misal pake sepatu, pake celana dan baju sendiri walo kdg masih males2an pake sendiri, tp kdg dia pengertian klo dia liat mamanya masih sibuk dia pake sendiri deh tu baju, celana, dan sepatu ^ ^

    ReplyDelete
  22. Waaahhh Alvin udah gede yaaa. Btw ini lomba apa lid? Lomba blog atau kuis?

    ReplyDelete
  23. Dongeng aje yg aku blm bs tularin sma ponakan

    Ade keren

    ReplyDelete
  24. Alviiin... makin pintar dan mandiri yah...

    ReplyDelete
  25. Syukur ya si kecil sudah mandiri. Dukungan dr orangtuanya yang terbaik. Salam kenal, mba :)

    ReplyDelete
  26. Waktu cepat berlalu ya Bunda, kita mah pengennya bisa terus merengkuh anak anak kita terus. Tapi ada masa anak-anak cepat sekali mandiri. Seneng banget lihat dek Alvin bisa mandiri begitu :)

    ReplyDelete
  27. Hmmm, wangiii...

    Udah rada enakan ya, Mbak, kalau usia TK mandi sendiri, pakai baju sepatu semua udah bisa sendiri..

    (y)

    ReplyDelete
  28. Hai Kakak dapat salam kenal dari Dek Ghifa. Moga dek Ghifa nanti bisa mandiri juga kayak Kak Alvin.

    ReplyDelete
  29. sudah pinter dan mandiri sekali ya..

    ReplyDelete
  30. keren.. masih kecil sudah bisa di ajak bekerjs sama :)

    ReplyDelete
  31. Sebentar lagi ...
    mereka akan berlarian mengejar bola ...
    pulang-pulang tengkuknya bau matahari ... hahaha

    salam saya Mbak Lidya

    ReplyDelete
  32. Si Ade mandiri dalam taraf umurnya ya, Jeng Lid. Masih banyak yang harus dibantu oleh orang tua :)

    ReplyDelete
  33. Senang ya mbaa, kalo si kecil udah mandiri, tapi kalo aku kadang ya agak2 galau gitu, kaya merasa kehilangan masa2 bayinya *halah emak mudah galau*

    ReplyDelete
  34. Waaah luar biasa si kecil. ^^ Keren banget apa-apa sendiri.

    ReplyDelete
  35. TFS, Mak Lid.

    Anak2 biasanya mencontoh yg sering dilihatnya. Tapi untuk kemandirian, sepertinya memang harus bisa membiarkan mereka melakukan segalanya sendiri dan diawasi (cuma ya saya masih suka susah melepaskan, _emak galau_,haha)

    ReplyDelete
  36. Wow,, hadiahnya gede banget, nyampe 1M. jadi mupeng pengen ikutan, kalo menang kan lumayan, yah jadi juara 3 gapapa deh :).

    ReplyDelete
  37. makasih infonya mba, taun ini masuk SD dong Alvin

    ReplyDelete
  38. kok udah gede di panggil dedebi hehehe

    ReplyDelete
  39. Wah enaknya udah bisa mandiriiiii :*

    ReplyDelete
  40. Wow,Alvin udah gede ya, Mba. Keren ih, udah mandiri. :)

    ReplyDelete
  41. Aih si ade pinternyaaaa.. sudah bisa ikat tali sepatu sendiri ;)

    ReplyDelete
  42. Hihihiii lucu ya kalau lihat anak2 mulai mandiri gini.

    ReplyDelete
  43. yups kuncinya konsistensi kita ya mb
    wah abin juga hrs di biasain nih

    ReplyDelete
  44. senangnya melihat anak bisa mandiri

    ReplyDelete
  45. Alvin pinter ya.
    Semoga menang ya

    ReplyDelete
  46. Adeeekk, hebat euy.
    Doain Mama ya biar menang :)

    ReplyDelete
  47. Di sini yang dianggep paling kecil Kiara, walaupun umurnya sama dengan Kiera hehehe

    ReplyDelete
  48. Mbak Lid...kasih contoh atau referensi vdeo edukatif yang ngajarin anak untuk belajar mandiri dong kalau ada....karena meski Zafa masih baru satu tahun aku mulai ajarin dia untuk berdisiplin, seperti balikin barang-barang yangd ia ambil ke tempatnya itu tadi.

    Bangga pasti kalau bisa kaya Pascal dan Alvin gitu.

    ReplyDelete
  49. Rajin bener dedebi nya mba Fitri, anakku yang perempuan aja klo dipakein cologne suka lari - larian :)

    Sukses lombanya ya mba Fitri :)

    Lily,
    Glowlicious.Me

    ReplyDelete
  50. iyas sukaa ake cologne dari cussons ^^ btw udah gede ya mba Alvin, lama enggak main ke blog mba lidya

    ReplyDelete
  51. dedek berarti seusia ama Radit nih..taun ini mau 6 tahun.. ;)
    sehat2 terus ya Dedebi...

    ReplyDelete
  52. memberi contoh memang paling jitu, ya, Lid :)

    ReplyDelete
  53. dedebi kereen.. eh lomba fotonya masih berlaku dong ya ?

    ReplyDelete
  54. Kakak Alvin, mibyaknya samaan dg yg baru aku beli. Cuma beda warna. Punyaku orens. Buat dede bayi ini nnati. Hahaha

    ReplyDelete
  55. Pintarnya Alvin, sudah bisa pakai kaos kaki sendiri. Wah hampir masuk SD ya Jeng.

    ReplyDelete
  56. Mandiri artinya mandi sendiri ya heheh
    Biyan bisa ikutan nich
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  57. Betapa senangnya memiliki anak sebesar itu sudah bisa mandiri ya mbak...perlu banyak bersyukur mbak...kebanyakan anak masih belum dapat seperti itu...salam.

    ReplyDelete
  58. Wuih... Alvin keren. Pinteeeer...

    ReplyDelete
  59. wah udah besar ya kalo 6 tahun.. udah mandiri lagi kak

    ReplyDelete
  60. Wuihhh lucu banget mak Lidya DedeBi nya udah bisa pake cologne sendiri, hebaaattt :D
    Btw selamat tahun baru, Mak :)

    ReplyDelete
  61. mantap niihhh...sungguh senang melihat nya
    agen domino

    ReplyDelete
  62. Alvin pinternyaaa, sudah mandiri meskipun masih kecil.
    Mama papanya pasti bahagia banget nih ya, punya 2 jagoan yang sudah mandiri :)

    ReplyDelete
  63. Anak pinter ^_^
    Dan anak ku udah kliwat mau umurnya mau ikutan lombanyah ^_^

    ReplyDelete
  64. Waahh jadi pengen ikutan, sayang usianya ga memadai :(

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...