badge

Tuesday, January 26, 2016

Storytelling Sayur dan Buah


Setelah Funwalk dan main hujan, anak-anak pun masih diberikan lagi keseruan lain di Karnaval Melek Gizi kemarin. Kali ini cuaca panas cukup menyengat tapi tidak menghalangi beberapa anak yang ingin mendengarkan storytelling. Mereka duduk di depan panggung, sementara yang lainnya mendengarkan sambil berteduh di bawah tenda.


Storytelling itu sendiri menurut wikipedia adalah cara yang dilakukan untuk menyampaikan suatu cerita kepada penyimaknya, dapat berupa gambar, foto maupun suara. Biasanya yang menyampaikan storytelling ini harus mempunyai teknik  sendiri agar bisa disimak oleh pendengarnya khususnya anak-anak.

Kak Hendra dan bonekanya yang bernama Miko menyampaikan storytelling tentang sayur dan buah. Diharapkan anak-anak menyukai dan bisa mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari untuk kesehatan pencernaannya.

Di awali dengan cerita Miko yang perutnya sakit dan keras, akibat sudah tiga hari belum pup katanya. Anak-anak menyimak dengan serius sambil sesekali tertawa karena lelucon dan gerakan yang dibuat oleh Miko si boneka. Miko dibawa ke UKS dan diperiksa oleh bapak dokter katanya, ditanya kenapa bisa sakit perut. Ternyata Miko tidak suka makan buah dan sayur jadilah kurang serat dan mengakibatkan perutnya sakit. Makan buah dalam bentuk premen rasa buah , dan makan sayur-nara hehehe. Lucu juga storytelling yang dibawakan oleh Kak Hendra.

Selain bercerita, Kak Hendra juga menyampaikan pesan lewat lagu dan gerak. Ada dua lagu yang disampaikan dan anak-anak pun mengikuti gerakannya. Ada nyanyian tentang sayur dan buah juga satu lagi tentang makanan. Lucu sih tapi lupa saya rekam lagu yang kedua.

Di rumah Ade langsung minta dibelikan buah Naga katanya mau banyak makan buah supaya gak kaya Miko perutnya sakit. Allhamdulillah dari cerita sederhana ternyata terserap dengan baik di otaknya. Di rumah nyanyiannya selalu di ulang-ulang. Tidak hanya itu percakapan Kak Hendra dan Miko pun sampai hafal dibawakan oleh Ade.

Ini dia lagu yang diulang Ade dirumah



Manfaat dari Storytelling yang didapat antara lain :
  • Bisa melatih kecerdasan verbal anak yaitu mampu merespon dan mendengar suara, ritme, warna dan berbagai ucapan.
  • Menirukan ucapan yang didengar dari storrytelling, ini berhasil pada Ade dia bisa menceritakan kembali isi cerita yang sudah didengarnya.
  • Kecerdasan yang penting untuk berkomunikasi dengan orang lain.
  • (source https://pelangipsikologi.wordpress.com)

25 comments:

  1. Waktu arya datang di acara open school sebuah TK, ada acara mendongeng. Pulangnya, dia ceritakan isi dongengnya, meskipun ga selengkap aslinya. Tp lumayanlah, bisa dijadikan acuan tingkat keberanian dan kemajuan verbalnya :)

    ReplyDelete
  2. seruuu bangeeet itu acaranya mba. Bo et Obi pasti suka juga...dan langsung gandrung ama buah :)

    ReplyDelete
  3. Aku blm pernah storyteling ke anak2

    ReplyDelete
  4. Mengajar dengan fun ya Jeng, senangnya CalVin menikmati buah naga.

    ReplyDelete
  5. Ade bener-bener nyimak dongengnya, nih :)

    ReplyDelete
  6. Foto karnaval paling atas itu bagus dan bersih banget mbak. Fotonya pakai kamera apa ya? #salahfokus

    ReplyDelete
  7. aku kadang suka storytelling ke iyas tp masih dicuekin sama dia hehehe

    ReplyDelete
  8. asyik juga menonton kak hendra dan boneka "miko' nya...
    keep happy blogging always...salam dari Makassar- Banjarbaru :-)

    ReplyDelete
  9. Bikin semangat anak-anak makan buah dan sayuran, udah seneng banget.

    ReplyDelete
  10. Seru yah acaranya.. Aku pdhl dah di email, mau dtg tp tak bisa huhuhu

    ReplyDelete
  11. Wahhh ga nyangka ternyata daya ingat anak itu tinggi sekali. Story telling banyak manfaatnya juga ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  12. Trima kasih Mb, saya justeru baru tahu arti istilah Storytelling :)

    ReplyDelete
  13. story tellingnya keren, panasnya yg gak kukuuuu yaaaa :)

    ReplyDelete
  14. waah seru nih acaranya buat anak2. harus lebih banyak lagi strory telling yg lain, dan tema buah, sayur memang tema yg pas buat anak2 supaya anak2 senang dan suka akan buah dan sayur. Keren acaranya

    ReplyDelete
  15. Huhuhu...seru kayaknya acaranya. Gak bisa ikutan 😂

    ReplyDelete
  16. Naeema suka dongeng padahal.
    Mau mampir abis dari ancol kmrn eh ternyata hujan dan baju kita udah basah karena main hujan di ancol.

    kalo datang kebayang Naeema akan makan buah apa saja (selama ini cuma suka mangga)

    ReplyDelete
  17. Alviiin..haha
    jd diikutin terus ya lagu n gerakannya sama dia

    ReplyDelete
  18. Klao anak2 ini cepet banget yaa meresap cerita, cara pembelajaran buat anak2 juga berbeda

    ReplyDelete
  19. Storytelling cukup ampuh untuk mengajarkan hal yang baik untuk anak,

    ReplyDelete
  20. Nyesel bgt kmren gk bs ikut ke acara ini, huhuu.. ada acara jg si di Serang akunya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...