badge

Sunday, February 28, 2016

Bagai Bumi Berhenti Berputar



Judul Buku                : Bagai Bumi Berhenti Berputar
Penulis                       : Clara Ng
Ilustrasi                      : Emte
Penerbit                     : PT. Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman       : 124



Minggu ini saya membeli dua buah buku anak karya Clara Ng. Sudah beberapa buku karyanya yang saya miliki, baik buku dewasa maupun cerita anak seperti Gaya Rambut Pascal, atau kumpulan cerita Berbagi Cerita Berbagi Cinta Buku yang sudah pernah saya tulis reviewnya di blog ini. Buk anak karya beliau juga ada yang menjuarai karya IKAPI. Untuk reviewnya nanti saja ya karena itu judul yang berbeda.

Yang akan saya review terlebih dahulu adalah "Bagai Bumi Berhenti Berputar" Buku ini sudah memasuki setakan kedua pada bulan Oktober 2015 lalu, yang ditujukan untuk anak berusai 7+. Membaca buku ini diharapkan anak-anak mendapatkan bimbingan orang tua, karena melalui buku ini anak-anak bisa memahami perasaan.

Ada 5 judul cerita dalam buku ini yang megajarkan empati kepada anak-anak yaitu :
  • Pohon Harapan
  • Seribu Sahabat Selamanya
  • Kerlip Bintang Dilangit
  • Jangan Lupa Aku mencintaimu
  • Yang Paling Istimewa.
Dalam keseharian anak-anak kadang kala akan mengalami emosi negatif seperti sedih, kesal, emosi dan lainnya. Sebagai orang tua harus bisa membantu anak-anak melaluinya. Melalui contoh nyata atau melaui cerita di buku, anak akan banyak belajar.



Pada cerita yang berjudul Yang Paling Istimewa Nico mempunyai kakak yang istimewa yang berkebutuhan khusus. Nico tidak malu tetapi tidak mau kakaknya dipandangi seperti orang aneh. Walaupun Kak Mila berkebutuhan khusus tetapi mempunyai perasaan.

Melalui cerita ini kita bisa mengajak anak untuk berempati saat melihat anak berkebutuhan khusus. Tidak takut untuk  berada didekatnya dan tidak segan untuk menolongnya. karena mereka juga makhuk ciptaan Tuhan. Kadang mereka tidak mau dianggap aneh jadi dari kecil anak-anak harus diajarkan bagaimana bersikap.

Dan ada cerita-cerita lain yang bisa mengajarkan empati pada anak-anak seperti seseorang yang sakit, keluarga yang meninggal, melihat pertengkaran dan lain-lain. Jangan lupa untuk didampingi dan diberikan penjelasan ya setelah membaca buku ini.



7 comments:

  1. Sepertinya bukunya bagus buat keponakan saya nih, suka banget sama gambarnya :)

    ReplyDelete
  2. sikap seperti nico yang bagus,,tak mau orang memandang aneh kepada saudaranya yang berkebutuhan khusus, namun tak malu punya kakak seperti itu....
    keep happy blogging always..salam dari makassar - banjarbaru :-)

    ReplyDelete
  3. Bukunya bagus ya buat anak-anak. Banyak pelajaran berharga yang bisa didapat.

    ReplyDelete
  4. cari di toko buku onlen kayaknya nih :)

    ReplyDelete
  5. Isinya mengedukasi untuk anak-anak ya ..

    ReplyDelete
  6. Isinya ada gambar2 nya jg yah mba, bnyk ngga gambarnya? Kaina sblm tdr pasti dongeng tapi masih pingin yg bnyk gambar

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...