badge

Thursday, February 25, 2016

Hydro-Solar Project dari David dan Dominic

Pentingnya air bersih bagi kehidupan kita sehari-hari berdampak pada kesehatan. Selain untuk keperluan air minum juga dibutuhkan untuk berbagai hal seperti mandi, mencuci dan untuk kebutuhan sanitasi. Menurut data UNICEF, sanitasi dan kebersihan yang buruk adalah penyebab 50.000 kematian setiap tahunnya di Indonesia. Faktor kebersihan memiliki peranan penting, contoh terkecil adalah mencuci tangan. Hal mudah tapi perlu edukasi bagi beberapa daerah yang masih belum sadar akan kebersihan. Mencuci tangan tidak hanya dilakukan sebelum makan såja, tetapi tetap wajib mencuci tangan ketika akan memasak, setelah buang air. Tidak ingin kan keluarga akan terserang diare disebabkan si ibu tidak mencuci tangan saat sebelum memasak. Mencuci tangan juga tidal bisa dilakukan asal saja, baiknya mencuci keseluruhan telapak tangan, punggung tangan. ibu jari , pergelangan hingga kuku menggunakan. Karena dari kuku ini human bisa masuk ke dalam tubuh kita saat makan.

Pada hari Sabtu, 20 Februari 2016 lalu diadakan sarasehan TDB yang bekerja sama dengan Sekolah Global bertempat di kantor Palang Merah Indonesia di Jl. Kramat Raya 47 Jakarta Pusat dengan menggusung tema “Save and Care For Humanity”. Sebetulnya saya tidak datang dalam acara tersebut karena ada kegiatan di sekolah. Tapi menarik sekali nih materi yang dibawakan oleh David dan Dominic mengenai Hydro Solar Projectnya.


Hydro-Solar Project



Adalah proyek sosial yang bertujuan untuk memperbaiki sanitasi di pinggiran Jakarta yang tertinggal dengan menyediakan air bersih melalui teknologi hydro solar. Dengan menggerakan pompa air melalui tenaga surya. Di pilih menggunakan tenaga surya karena saat penerima bantuan menggunakan teknologi ini tidak perlu takut akan menanggung biaya listrik, jadi tidak membebani mereka.

Misi

Memperbaiki standar hidup warga Jakarta pinggiran dengan menyediakan air bersih dan membangun MCK (Mandi, Cuci,Kakus) yang memadai.

Tujuan Jangka Pendek

Menyediakan tenaga surya di Pasar Angin Potok, Megamendung untuk membantu 100 warga memperoleh akses yang mudah terhadap air bearish.. Selama ini sumber air mereka dari sebuah sungai kecil yang kotor dari atas gunung dengan menyaring air tersebut. Facilitas MCKnya juga bisa dibilang sangat minim, kotor dan tidak terawat.

Dari sinilah David Julio Panangian and Dominic Harjo tergerak untuk membuat Hydro-Solar Project untuk membantu sesama. Dua anak muda berbakat dan ingin berbagi dalam kegiatan sosial ini perlu didukung dan dibantu agar project mereka bisa segera dimanfaatkan dan terealisasi segera.

foto milik Agung Han

Setelah project ini selesai dan bisa dimanfaatkan oleh warga, harapan saya bisa digunakan dengan sebagaimana mestinya. Juga dapat merawat dan menjaganya agar kebutuhan air bersih bisa selalu tersedia. Namun alangkah baiknya jika warga juga di edukasi tentang pentingnya kesehatan, dengan memberikan penyuluhan kesehatan dan cara merawat lingkungan. Karena dari kesehatan dan lingkungan yang bersih maka kesehatan dapat terjaga.

Dalam sarasehan tersebut juga didukung oleh Central Spring Bed yang juga selalu turut serta dalam berbagai kegiatan sosial yang ada di Indonesia. Central yang senantiasa menghadirkan tidur berkualitas dan menyehatkan dengan berbagai produknya. Juga sering hadir di lokasi yang sedang dilanda musibah seperti kebanjiran, gunung berapi dan lain sebagainya. Dengan bantuan pemberian bantal atau travel bed, membantu korban agar bisa beristirahat dengan baik.

19 comments:

  1. Oh pompa air ya yang pake solar, aku kira dikasi solar cells :p

    ReplyDelete
  2. Semoga cepat tereqlisasi projectnya ya

    ReplyDelete
  3. Enaks yah mba ai central apring bed inihh..
    Sanitasi di Indonesia moga benerrr merata yg bagus, bersih, wangiiiii...

    ReplyDelete
  4. Ikut bangga ada anak muda seperti mereka. Semoga sukses projeknya :)

    ReplyDelete
  5. keren banget project nya ya, semoga sukses!

    ReplyDelete
  6. Smoga sukses projectnya.
    Travel bed ada tasnya enak, buat kalo nginep hotel bisa tuh hihi :D

    ReplyDelete
  7. Semoga kiprah David dan Dominic mengispirasi anak muda lain untuk berkegiatan sosial yang bermanfaat untuk banyak orang ya mbak dan semoga bisa cepat terealisasi projectnya, aamiin :)

    ReplyDelete
  8. enak tuh klo pompa air pake tenaga matahari, hemat, hihih

    ReplyDelete
  9. bagus banget projectnya. Masih muda pula yang membuat projectnya :)

    ReplyDelete
  10. salut bgd sm mereka berdua mak, masih muda tp pnya project yg kece plus kepeduliannya kpd masyarakat jg tinggi.

    ReplyDelete
  11. Kereen banget projectnya dua anak manis ituu, Mbak. . . :D

    ReplyDelete
  12. Keren banget kiprah duet anak muda ini, moga makin banyak menjangkau daerah yg kekurangan air bersih.

    Wah, aku belum punya travel bed dari Central, kalo di rumah sih udah pakai lama, nyaman yak pakai Central :D

    ReplyDelete
  13. Projectnya keren, tujuannya mulia. Harus lebih banyak nih anak muda yang seperti ini. Keren..

    ReplyDelete
  14. Keren projectnya mbak, aku juga gak ikut kemarni ^^

    ReplyDelete
  15. nah..anak2 muda yang kayak gini nih yang musti di dukung, supaya akan terus ada ide2 cemerlang untuk memperbaiki bangsa.. ;)

    ReplyDelete
  16. Sekarang banyak proyek sosial macam ini ya Mbak. Negara kita ternyata punya banyak orang yang peduli. Bagus sekali ini untuk kota Jakarta

    ReplyDelete
  17. projectnya asli oke banget. Dan Indonesia memang membutuhkannya..untuk bisa go green dan melindungi lingkungan dengan lebih baik

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...