badge

Monday, February 29, 2016

Leap Year 2016



Leap Year 2016 adalah tema google doodle hari ini. Yang digambarkan dengan loncatan kelinci bernomor 29 menuju ke tengah kelinci bernomor 28 dan 1. Leap Year dalam bahasa Indonesia biasa dikenal dengan tahun kabisat. Dimana tahun Syamsiah yang jumlah harinya 266 hari. Kalau di tahun lainnya berjumlah 265 hari saja. Seperti yang kita ketahui bahwa tahun kabisat terjadi setiap 4 tahun sekali.


Google yang selalu menampilkan gambar menarik di tanggal-tanggal tertentu, jadi mengingatkan saya hari ini tanggal 29 Februari 2016. Padahal sebelumnya sempat lupa dengan tahun kabisat ini. Rasanya bulan Februari ini pendek sekali ya, padahal sih cuma beda satu atau dua hari saja dengan bulan-bulan lainnya :).

Jadi inget nih ada teman dekat saya yang tanggal lahirnya 29 Februari. Dulu sih waktu kecil saya pikir umurnya akan bertambah setiap 4 tahun sekali hehehe, ternyata salah ya. Anak-anak juga sempat bingung ketika melihat Kalender 2016 di bulan Februari kok cuma sampai tangal 29 sih katanya. 

Dari sini kita bisa mengajarkan tentang tahun kabisat ini pada anak-anak. Bisa mengajarkan tentang matematika, tentu saja bukan Algoritma sulit. Hanya mengajarkan bahwa setiap tahun yang habis dibagi 4 adalah tahun kabisat. Memasng sih harus dijelaskan dengan detail supaya mereka lebih mengerti.

Ada pertanyaan lain dari anak-anak kenapa cuma sampai tanggal 29? Menurut yang saya baca keunikan tahun kabisat ini sudah ada sejak zaman Romawi. Saya sempat memberikan pertanyaan pada Aa, sudah pernah mengalami tahun kabisat selamat umurnya sekarang ini. Di sini dibutuhkan keterampilan logika matematika untuk bisa menyelesaikan pertanyaannya. Dan Aa menjawab sudah tiga kali mengalami tahun kabisat yaitu pada tahun 2008, 2012, dan 2016 karena dia lahir tahun 2006.

9 comments:

  1. Tahun kabisat memang istimewa ya mba.. Hanya 4 tahun sekali soalnya

    ReplyDelete
  2. Berbahagialah yg lahir tgl 29 feb, hari ini ultah yoo. Next ultah nunggu 4th lagi kalo mau di tgl dan bulan yg sama. Hihi

    ReplyDelete
  3. Di kantorku ada temen yg ultah hari ini mbak. Ultahnya 4 tahun sekali... Awet umur jadinya hahaha

    ReplyDelete
  4. Ah iya temenku waktu SD dulu juga ultahnya tanggal 29 Februari. Dirayainnya 4 tahun sekali :)

    ReplyDelete
  5. temenku juga ultahnay pas tgl 29 , tapi akhirnya mau gak mau kalau bukan thn kabisat ya dirayakannya tgl 28

    ReplyDelete
  6. pengen posting di ujung feb tapi malah ngga kesampaian hiks

    ReplyDelete
  7. Yang lahir di tanggal 29 Februari pasti awet muda karena usianya bertambah setiap empat tahun sekali. Unik ya mbak Lidya :)

    ReplyDelete
  8. Tetangga ku kmrn ultah tgl 29 feb, lumayan dapat kiriman makanan

    ReplyDelete
  9. Sama dulu juga pernah punya pemikiran demikian,asyiknya umur bertambah atiap 4th sekali hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...