badge

Saturday, February 20, 2016

Piramida Gizi Untuk Gizi Seimbang



Sebagai ibu dengan dua anak tentu saja saya tidak bisa bersikap cuek lagi terhadap pemenuhan gizi bagi anak-anak. Walaupun ilmu saya tentang gizi kurang tapi beruntung di jaman teknologi yang semau bisa diakses dengan cepat saya bisa belajar semua hal.

Pada acara Karnaval Melek Gizi beberapa waktu yang lalu untuk memperingati hari Gizi Nasional kami belajar mengenai piramida gizi untuk gizi seimbang. Ternyata penduduk Indonesia yang berusia diatas 10 tahun masih kekurangan mengkonsumsi buah dan sayur.

Mengenalkan buah dan sayuran pada anak-anak khususnya memang tidak mudah, tetapi sebagai orang tua harus terus berusaha agar gizi anak-anak tercukupi. Pembelajaran mengenai gizi ini bisa disampaikan melalui dongeng atau buku bacaan agar anak-anak lebih  fun menerima informasi dan mau makan sayur dan buah tanpa paksaan.

Dari piramida gizi yang saya baca ada poin-poin yang harus diperhatikan yaitu :
  • Batasi gula, garam, dan minyak
  • Konsumsi 2 hingga 4 porsi protein
  • 3 - 4 porsi sayur-sayuran dalam sehari
  • 2 - 3 porsi konsumsi buah-buahan
  • 3 - 4 porsi makanan pokok seperti nasi, jagung, roti, kentang dan lain-lain
  • Yang terakhir dan penting juga dilaksanakan adalah berolah raga.
Wah Pr sekali buat saya untuk rutin olah raga nih, selama ini oleh arag asaya di dalam rumah sebatas kettle bell, sesekali renang. Berarti harus lebih rutin lagi berolah raga agar lebih sehat dan mendukung gizi seimbang.

Mulai mengenalkan aneka sayuran dan buah-buahan pada anak-anak itu penting supaya mereka terbiasa. Untuk anak-anak saya mewajibkan untuk sarapan tiap harinya apalagi saat akan sekolah supaya stamina tubuhnya fit. 

Mudah-mudahan ilmu mengenai gizi seimbang ini bisa diteruskan pada seluruh masyarakat Indonesia supaya semuanya sehat dan membentuk masyarakat yang aktif dan profuktif. Di mulai dari anak-anak sebagai penerus cita-cita bangsa akan menghasilkan sumber daya manusia yang bermanfaat dan pintar.

10 comments:

  1. betul banget mbak, penting sekali mengkonsumsi gizi seimbang, tapi Kayla susaaaah banget mau ssayur, akhirnya dibanyakin aja buahnya...masih seimbang nggak yaa...

    ReplyDelete
  2. Gula, garam, dan minyak paling susah tuh dibatasinnya hehehe

    ReplyDelete
  3. jadi anak sekarang enak, apa apa diperhatikan sama orang tua
    jaman saya dulu bisa makan kenyang saja sudah bagus, hehe

    ReplyDelete
  4. Saya rajin olahraga mbak, tetapi porsi Roti dan kentang harus dikurangi. Garam dikurangi, minyak tetap tetapi diganti dengan Canola. Rekomendasi dokter sih. Sayur dan protein lebih banyak porsinya. Jadi gak seimbang dong mbak?

    ReplyDelete
  5. Penting banget memperhatikan asupan gizi bagi anak2 kita ya Mba..

    ReplyDelete
  6. noted....apalagi ngurangi garam,gula dan minyak

    ReplyDelete
  7. Anak2 paling susah diajak berolah raga.. Mesti disiasati dan pakai trik agar bisa berolahraga sambil main..

    ReplyDelete
  8. Assalaamu'alaikum wr.wb, mbak Lidya.... sangat penting sekali tahu piramid makanan ini agar kita tidak cuai tentang kesihatan diri. Saya suka sekali makan buah dan sayur, namun makanan bersantan juga tidak bisa dibuang kok. Tanpa rasa lemak pasti kurang enak makanan itu ya. Semoga mbak Lidya dan anak-anak selalu sihat. Salam sukses dari Sarikei, Sarawak.

    ReplyDelete
  9. menajdi seorg ibu dituntut utk memberikan yg terbaik buat anak2nya, termasuk gizi seimbang ini

    ReplyDelete
  10. Kalo anak-anak, makan sayurnya yang masih kurang.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...