badge

Monday, March 21, 2016

10 Destinasi Wisata Prioritas

Saat menghadiri acara Standarisasi Penyediaan Informasi Pariwisata beberapa waktu yang lalu di Bogor, saya mendapatkan banyak ilmu baru tentang kepariwisataan. Salah satunya adalah Top 10 Priority Destinations di Indonesia yang paparannya dibawakan oleh Ir. Azwir Malaon MSC, Asisten Deputi Wisata Alam Buatan lulusan IPB dan ITC Belanda.

Tempat wisata yang ada di Indonesia itu banyak sekali, tetapi wisatawan mancanegara kebanyakan hanya mengenal Bali. Untuk itulah di buat top 10 tempat wisata di Indonesia yang bertujuan membuat Bali-Bali baru.

Kenapa hanya ada 10 destinasi prioritas? Karena setiap kegiatan yang dilakukan adanya dana dan waktu yang terbatas dari SDM yang ada di Indonesia. Untuk itulah dilakukan skala prioritas, bukan berarti tempat wisata lainnya dinomorduakan ya, tetapi pasti ada dukungan dari pemerintah daerah setempat masing-masing.

Dalam menentukan 10 destinasi ini tidak lah mudah karena ingin membuat Bali-Bali baru dalam waktu singkat. Beberapa kriteria yang ditentukan adalah :

  • Berdasarkan dukungan hukum
  • Sudah ditetapkan oleh Kementerian yang lain menjadi prioritas, hingga memudahkan memperoleh dukungan.
Dukungan dari Kementerian lain ini contohnya dari kementerian perhubungan yang berkaitan dengan transportasi menuju lokasi wisata tersebut. Kementerian PU untuk sarana dan prasarana jalan menuju kesana.

10 Destinasi prioritas tersebut adalah :
  1. Danau Toba
  2. Tanjung Kelayang
  3. Tanjung Lesung
  4. Mandalika
  5. Morotai
  6. Kepulauan Seribu
  7. Borobudur
  8. Bromo, Tengger, Semeru
  9. Labuan Bajo
  10. Wakatobi


Dari kesepuluh destinasi tersebut saya baru mengunjungi 2 destinasi. Wah banyak juga ya yang harus saya datangi.

Oh ya waktu di Puri Avia kami juga dijelaskan mengenai Infografis yang dibawakan oleh Guntur Mulyowiseno dari Antara. Ceritanya saya coba buat seperti di atas, masih jauh dari sempurna pastinya.

Pengertian dari Infografis itu sendiri adalah visualisasi data dan grafis yang diolah sedemikian rupa dengan tampilan menarik komunikatif dan efektif. Bisa dipahami pembaca dengan cepat dan jelas.
pesan yang disampaikan efektif langsung diterima oleh pembaca. Infografis dibuat sebagus mungkin agar pembaca bisa menikmati informasi yg disampaikan

Fungsi dari infografis ini untuk menyederhanakan data informasi, secara visual terlihat artistik dan menimbulkan minat pembaca.

Jenis infografis ada tiga macam yaitu :
  1. Statis biasanya  untuk media cetak dan online.
  2. Animasi : video 2 D dan 3D
  3. Interaktif : semacam layar interaktif yang bisa kita sentuh untuk mencari informasi yang berada di mal atau gedung-gedung.

Dalam setiap infografis menurut Mas Guntur terdiri dari 50% grafis dan 50 % Data. Dimana data ini adalah nyawa dari infografis. Tanpa data akan sulit membuat infografis.

Dalam pembuatan infografis ada elemen-elemen data yang perlu diperhatikan yaitu :
  • Pemilihan tema
  • Presisi data
  • Pola bahasa atau pola tutur
  • Efektifitas
  • Ejaan atau EYD

Terkadang dalam pembuatan infografis kita mengalami hambatan saat pengumpulan data karena beberapa hal.
  • Simpang siur data
  • Data tidak lengkap
  • Data terlalu banyak
  • Tiba-tiba ada publikasi data terbaru
  • Kredibilitas sumber






25 comments:

  1. Alhamdulillah dari kesepulh itu saya sudah pernah ke Borobudur, lainnya moga-moga menyusul ya mbak Lidya, amiin :)

    Memang infografis itu penting ya mbak supaya pembaca lebih mudah faham apa yang disampaikan dan juga menarik karena menghadirkan gambar-gambar yang bagus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak aku juga pinign banget ke destinasi lainya

      Delete
  2. Makin banyak PR nih untuk mendatangi destinasi-destinasi keren Indonesia. Semoga tercapai semuanya ya Mbak Lid :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mbak Evi. Pingin jalan2 bareng mbak evi deh

      Delete
  3. indonesia itu kayak banget ya keindahan alamnya , btw, infografisnya bagus mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indah, maunya semua didatangi semuanya mbak

      Delete
  4. andai di beri kesempatan berwisata ke 10 destinasi di atas bisajadi pilihan utama tuh, rencanain dari sekarang ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nabung dulu semoga bisa kesampaian ya datangi semua

      Delete
  5. Aku pengen banget ke Belitung Mba.. sering baca pengalaman traveling kawan2 yang pernah ke sana.. Pantainya banyak dan indah2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pingin semua mbak hehehe tapi Hrs nabung dulu ya

      Delete
  6. Iya nih Danau Toba dan Pulau Samosir mo dibagusin banget katanya sama pemerintah, semoga aja lancar jaya proyeknya, krn mmg danau dan pulau itu indaaahh banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan makin bagus dan byk wisatawan datang, tapi bisa dijaga kebersihannnya ya

      Delete
  7. Baru ke Borobudur aja, itu juga sudah lama sekali waktu masih SMA.
    Btw ajarin dong infografisnya :D

    ReplyDelete
  8. dari 10 destinasi, baru 2 yang saya pernah kunjungi (borobudur sama kepulauan seribu/pari&putri).

    btw, raja ampat itu impian saya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. impian aku mah ke semua lokasi tapi gratis kalo bisa hehehe

      Delete
  9. 10 Bali Baru yang akan menguncang dunia persialatan :D

    ReplyDelete
  10. Sama mbak
    Baru ke Borobudur dan Danau Toba, itupun karena dekat rumah masa kecilku dulu
    Ternyata Derawan dan atau Raja Ampat belum termasuk di 10 list itu
    Seyogianya saat menikmati dan memilih liburan kudu disesuaikan dengan minat.
    Misalnya jika tidak mau capek ya tak mungkin dong liburan naik gunung atau jogging pagi di tepi pantai atau belusukan mencari sumber air terjun
    Semua harus dipikirkan matang-matang agar tak rugi waktu dan uang.
    Jangan terpengaruh euphoria semata :))

    ReplyDelete
  11. Sulawesi Selatan gak ada yah. Padhal banyak juga temat menarik di Sul Sel ...
    Tapi Wakatobi (Sul Tra) keren juga ... saya pengen ke sana, belum kesampaian

    ReplyDelete
  12. waduhhh saya baru ke borobudur aja -__-' *kurang piknik*

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...