badge

Sunday, April 10, 2016

Pentingnya Sebuah Maket Untuk Merancang Bangunan

Maket rumah yaitu miniatur sebuah bangunan atau rumah yang biasanya digunakan untuk memamerkan rumah saat penjualan. Maket yang dibuat dalam bentuk miniatur ini merupakan gambar kongkrit dalam ukuran kecil. Sejak kecil Aa dan Ade selalu antusias sekali kalau sedang di Mall atau di tempat lain yang menampilkan maket. Bisa lama sekali mereka berdiam diri memandangi maket tersebut.

Sebetulnya mereka tidak hanya tertarik melihat maket rumah saja tapi bangunan lainnya juga seperti bangunan hotel, apartemen atau gedung perkantoran. Yang membuat mereka tertarik sepertinya ada furniture-furniture kecil yang ada di dalamnya plus kendaraan seperti mobil dan motor. Kadang dilengkapi dengan lampu hias di taman.

Ternyata pembuatan maket ini ada tujuannya ya, saya pikir digunakan hanya untuk memamerkan pada pengunjung dan pembeli saja. Memang sih poin utamanya agar masyarakat tahu bentuk asli dalam versi 3D tapi dalam ukuran kecil. Untuk mahasiswa arsitektur pembuatan maket 3 dimensi ini digunakan untuk bahan presentasi. Bahan yang digunakan untuk pembuatan maket antara lain bisa dari dus, triplek, karton tebal atau lainnya sesuai dengan kebutuhan dalam pembuatan maket tersebut.

Pembuatan maket ini juga digunakan untuk mengetahui berapa besar dana yang harus dikeluarkan dalam pembangunan properti. Karena bisa memberikan gambaran secara utuh. Pengembang properti yang profesional tentu saja akan menampilkan maket seperti ini kepada calon pembelinya.

Aa pernah tanya tentang hal yang berhubungan dengan maket ini. Saya menjelaskan bahwa yang pekerjaannya membuat sebuah gedung atau rumah namanya arsitek. Dari situ dia tertarik dan sekarang jika ditanya apa sih cita-citanya selalu menjawab Arsitek. Insya Allah terkabul ya. Apalagi melihat Omnya yang lulusan dari Teknik Sipil dan membawa gambar rancangan dalam satu tas khusus keren juga ya :)


Nah kalau ini maket yang ada di gedung Museum Bank Mandiri di Jakarta Kota. Dari sebuah maket ini kita bisa mengetahui seperti apa sih bangunan yang sedang kita masuki, kebetulan waktu itu kami sedang mengunjungi museum tersebut


Dalam mengenalkan pekerjaan atau cita-cita pada anak sebagai orang tua tentu saja harus mendukungnya. Anak-anak punya impian, tiap anak punya cita-cita yang berbeda. Orang tua bisa mengarahkan tapi jangan sampai memutuskan si anak harus jadi apa nantinya. Cita-cita seroang anak bisa jadi dipengaruhi oleh faktor pendukung yang ada disekitarnya. Contohnya saat melihat maket seperti ini jadilah ingin punya cita-cita sebagai arsitek. Bentuk dukungan saat ini sih paling mengajarkan membuat sebuah maket dari dus atau dari aplikasi yang ada di komputer.

Waktu melihat informasi Rumah di Jual di Jakarta anak-ankk minta mampir untuk melihat maket disana. Wah ini sih saya lama-lama bisa mupeng juga pingin beli aslinya bukan maketnya :).

9 comments:

  1. Pas datang ke pameran rumah yang menjadi daya tarik membeli karena melihat maketnya yang bagus2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga suka lihat maket-maket, kecil tapi bagus

      Delete
  2. Owh, itu yang paling atas maket rumah kubah (dome home) impian saya. Entah kenapa terobsesi sekali sama rumah dome, keliatan asyik aja kayanya. Unik. Lebih cantik. Btw, maket begini buatnya pake apa ya, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi saya juga belum tahu buatnya apakai apa mas, ini karena anak-anak suka aja lihat maket

      Delete
  3. Suka ngelihatnya. . .mungil. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungil gini tapi kalau diwujudkan dalam bentuk asli keren kan Idah

      Delete
  4. Sepakat Lidya :)
    Aku juga ke anak-anak, terserah mereka mau jadi apa, yang penting mereka tahu apa yang benar-benar mereka inginkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa kita mengarahkan aja ya mbak jangan sampai memaksa

      Delete
  5. Aku loh baru tau maket setelah baca tulisan ini...hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...