badge

Friday, April 1, 2016

Yuk Siap Cerdaskan Si Kecil Sejak Dini

Semua anak punya impian dan cita-cita, sebagai orang tua kita wajib memberikan support dan membantu mewujudkan impian mereka. Dari sebuah mimpi kita bisa mempunyai tujuan untuk pencapaian kedepannya. Seperti yang dikatakan oleh Walt Disney "All our dream can come true, if we have the courage to pursue them - Bila Kamu bisa memimpikannya, maka kamu bisa mencapainya".



Alvin suka sekali main permainan yang mengasah otak seperti menyusun lego. Kami pun menyediakan permainan tersebut sesuai dengan kemampuan. Manfaat bermain building block seperti ini adalah melatih kreativitas anak, belajar bersabar, kedisiplinan, dan melatih motorik halus serta bisa belajar mengenai kecerdasan ruang. Dari satu permainan ini bisa meningkatkan kecerdasan anak. Waktu saya tanya tentang cita-citanya katanya mau jadi ahli robot. Setiap harinya selain membuat robot dari lego juga membuatnya dari kertas.

Agar impian anak-anak bisa tercapai orang tua tentunya ikut andil di dalamnya untuk memberikan kebutuhan dasar tumbuh kembang pada anak.  Ada tiga kebutuhan dasar tumbuh kembang yang harus diberikan oleh orang tua. Dari ketiga kebutuhan dasar tersebut masing-masing harus diberikan penuh 100%, bukan dibagi menjadi tiga. Jika salah satu saja tidak terpenuhi maka akan ada yang kurang dari kebutuhan dasar tumbuh kembang pada anak.



Tiga kebutuhan dasar tersebut adalah :
  1. Fisis Biologis diantaranya mencakup memberikan kebutuhan nutrisi anak, imunisasi, kebersihan badan dan lingkungan, olah raga, serta bermain
  2. Kasih Sayang meliputi rasa aman dan pola asuh yang diterapkan kepada anak dari orang tua
  3. Kebutuhan Stimulasi yang perlu dikembangkan baik sensori, motorik, emosi, kognitif, kemandirian, dan kepemimpinan.

Selain nutrisi yang tepat anak-anak juga perlu diberikan stimulasi sejak dini bahkan di 1000 hari pertama kehidupannya. Karena otak dan daya tahan tubuh saling bergantung satu sama lain. Pengertian dari Stimulasi anak itu sendiri adalah merangsang atau memberikan dorongan pada anak sesuai dengan tingkatan umurnya.

Untuk menstimulasi anak, demi tumbuh kembang optimalnya kita sebagai orang tua bisa memberikan mainan edukatif. Mainan tidak harus membeli tetapi juga bisa dibuat bersama anak, ini bisa mendekatkan bonding antara orang tua dan anak. Untuk ide bermain bisa mencoba Morinaga MI Play Plan yang mempunyai fokus untuk mengembangkan kecerdasan majemuk atau Multiple Intelligence pada anak.



Untuk mendukung anak-anak di Generasi Platinum kita harus menyiapkan fisik yang sehat, kecerdasan intelektual, emosi dan spiritual.  Untuk itulah Morinaga dibawah naungan Kalbe Nutritional mempersembahkan MoriCare+ Prodiges yang merupakan sinergi antara nutrisi dan stimulasi.



Untuk meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya stimulasi anak, Morinaga sudah meluncurkan gerakan #SiapCerdaskanBangsa melalui web yang bisa diakses di www.siapcerdaskan.com. Di sana kita bisa mendapatkan informasi tenyang pentingnya nutrisi dan stimulasi anak pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK).

Untuk mendukung program rehabilitasi sekolah di Indonesia demi memenuhi kebutuhan stimulasi dan pendidikan anak Indonesia yuk ikut berpartisipasi dengan mengklik banner dibawah ini.  Karena setiap kunjungan atau klik kita ke website akan dikonversi ke dalam nilai rupiah selama periode kampanye yaitu pada bulan April sampai dengan Juni 2016. Nantinya jumlah klik/rupiah yang sudah terkumpul akan didonasikan untuk rehabilitasi sekolah di daerah melalui Yayasan ASA (Act, Serve, Aspire)

#SiapCerdaskanBangsa
klik disini untuk mendukung Gerakan #SiapCerdaskanBangsa


Salah satu cara menstimulasi anak bisa melalui buku seperti yang biasa saya lakukan pada anak-anak di rumah. Biasanya anak tidak akan merasa digurui atau diperintah. Melalui cerita yang ada di dalamnya secara tidak langsung nanti anak akan mengikuti apa yang dilakukan oleh tokoh yang ada di buku tersebut. Alvin yang sudah mulai belajar mandi sendiri berkah saya membacakan buku tentang itu. Membacakan buku pada anak juga bisa mempererat emotional bonding antara ibu dan anak.




Untuk mendukung  Gerakan 1000 Hadiah Pertama, yaitu program pengumpulan donasi buku dan mainan anak yang bisa menstimulasi perkembangan otak untuk anak-anak yang membutuhkan. Donasi bisa diberikan pada saat  event Morinaga Parenting Seminar Roadshow "Siap Cerdaskan Si Kecil Sejak Dini" yang akan di adakan di 15 kota pada bulan April sampai November 2016.


Seminar Parenting Pertama #SiapCerdaskanBangsa akan diadakan pada 

Hari : Sabtu, 2 April 2016 
Jam : 08.00 -15.00
Lokasi : The Kasablanka lantai 3 (Mall Kota Kasablanka)

Stimulasi Tumbuh Kembang Anak
Optimalkan PerkembanganOtak dan Daya Tahan Tubuh, Penentu Kecerdasan Multitalenta si Kecil
DR. Dr. Ahmad Suryawan, SpA(K) - Dokter Ahli Tumbuh Kembang Anak
DR.Dr. Anang Endaryanto SpA(K) - Dokter Ahli Alergi  Imonulogi Anak

Kiat POla Asuh Anak
Kenali Kecerdasannya Sejak Dini, Wujudkan Multitalentanya
Dr. Rose Mini A.P.M.Psi - Psikolog




Untuk keterangan lebih lanjut :
Facebook : Morinaga Platinum
Twitter : @Morinagaid
Instagram : @MorinagaPlatinum

18 comments:

  1. Wah, sekarang sudah gak ada alasan buat para mamah-mamah ya untuk gak mendidik anaknya dg baik dan benar, ga ada alasan gak tau ini itu lagi, soalnya Morinaga dah kasih banyak akses untuk itu.

    ReplyDelete
  2. Oalah yang ini toh Mbaaaak. Tadi di fb aku lihat punya siapa ya? Mbak Lid ya? Maaksih ya Mbaaak.

    ReplyDelete
  3. Duh seru ya di jakarta banyak acara yang edukatif buat anak-anak kayak event Morinaga begini.

    Hai Alvin legonya dibuat robot ya?

    ReplyDelete
  4. Duh, Morinaga ini mendukung si kecil banget ya mbak :D

    ReplyDelete
  5. Ngga sabar udah pingin dongengin buat Jasmine. Uuh. . .
    Siap2 beli buku dongeeeng aaaah!

    ReplyDelete
  6. Ngga sabar pingin dongengin buat Jasmine. Siap2 beli bukuu dongeeng! :D

    ReplyDelete
  7. Wah.. Pengen dtg deh ke Kokas, tp bsk ada seminar euy hiks

    ReplyDelete
  8. Acaranya hari ini dan aku gak bisa datang hiks

    ReplyDelete
  9. Ini program yang sangat positif ya mbak Lidya, karena ditujukan untuk rehabilitasi sekolah di daerah :)

    ReplyDelete
  10. Hi Alvin,tangan makin terampil pun kreativitas terasah terus ya. Salam

    ReplyDelete
  11. Makin banyak cara yg bisa membuat para ibu utk mengetahui ttg tumbuh kembang anak dan bagaimana mengoptimalkannya. Tinggal apakah mereka mau dan sadar utk melakukannya.

    ReplyDelete
  12. Makin banyak cara yg bisa membuat para ibu utk mengetahui ttg tumbuh kembang anak dan bagaimana mengoptimalkannya. Tinggal apakah mereka mau dan sadar utk melakukannya.

    ReplyDelete
  13. pengen juga menghadiri acara ini Mbak Lidya tapi sayang jauh banget dari daerahku :(

    ReplyDelete
  14. Penting ya mba stimulasi anak .. Sama mba, biasanya lewat buku atau hal yg disukai lebih mengena yah buat anak2

    ReplyDelete
  15. Yanga dadiotak gw kalo denger kata morinaga itu kue lapis legit surabaya hahaha

    ReplyDelete
  16. Paling suka deh lihat hasil karyanya Alvin. Bagus :)
    Alvin..kapan dong ini kita ketemuan :( hiks..

    ReplyDelete
  17. Alicia juga minum morinaga mulai lahir :)
    Btw itu kaos Alvin sama dengan punya Alicia, warna merah juga hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...