badge

Saturday, May 14, 2016

Manfaat Bermain Rubik



Kedua jagoan saya lagi suka sekali bermain rubik saat ini di rumah. Kalau Ade sih pastinya copy pastenya Aa. Mainan apapun yang dimainkan Aa dia pasti mau. Aa sudah belajar bermain rubik sejak TK dulu, awalnya cuma bisa menyamakan satu sisi saja, lama-lama bisa menyamakan semua sisi.


Sekarang kalau lagi main rubik selalu pakai timer, ceritanya untuk memecahkan rekor kecepatan yang dibuatnya sandiri. Sejauh ini paling cepat bisa menyelesaikan rubik selama 1 menit 30 detik. Kendalanya ada di rubiknya yang kurang licin dan kadang tersendat. Maklumlah punya rubiknya juga sudah cukup lama dan kurang bagus. Sempat melihat-lihat rubik di online shop yang lebih bagus supaya bisa menyelesaikan rubik lebih cepat.

Oh ya saat ini kami punya dua rubik, yang satu rubik biasa sedangkan yang satu tengahnya bolong. Saya sendiri belum bisa memecahkan permainan teka teki mekanis temuan Erno Rubik. Minta diajarkan sama anak-anak, tapi mereka rebutan untuk mengajarkan jadilah saya yang bingung sendiri. Untuk sementara nyerah dulu lah nanti belajar lagi hehehe kalah sama anak.



Video di atas saya ambil saat mereka bermain bersama, tapi agak lama sekitar 2 menit baru bisa menyelesaikannya. Bisa dilihat kesulitan Aa saat memutar rubiknya yang agak keras. Harus dibelikan yang baru nih kayanya.

Rubik 3x3 sudah bisa mereka sekarang penasaran dengan 4x4 bahkan pingin yang 11x11 katanya hehehe gaya. Tapi gak apa-apa sih kalau ini bisa jadi tantangan buat mereka.

Bermain rubik tidak hanya untuk kesenangan saja tapi juga bermanfaat untuk melatih saraf sensorik, motorik, melatih daya ingat, logika geometri dan juga manfaat lainnya. Yang paling penting juga bisa melatih kesabaran untuk menyelesaikan teka teki ini.

Tertarik belajar bermain rubik?

35 comments:

  1. Kykny musti beliin rubik buat anak lanang nih... Hehehe

    ReplyDelete
  2. Aku nggak pernah berhasil menyelesaikan game ini

    ReplyDelete
  3. Aku gak pernah sukses loh main ini haha

    ReplyDelete
  4. Milzam sama Naufal juga hobi banget main Rubik, kadang suka kompetisi sendiri di rumah, seru lihatnya, hahaha

    ReplyDelete
  5. Wah hebat. Gw gak bisa main rubik.hahaha

    ReplyDelete
  6. Wah kakak dan adik sama hebatnya mbak Lidya. Geli juga ngeliat kakak kesulitan membolak-balik rubik sampai gerakannya agak gemes-gemes gitu, hehe

    Iya bermain rubik banyak manfaatnya, terutama melatih kesabaran dan kecerdasan :)

    ReplyDelete
  7. Bagus anak-anak suka rubik, daripada banyak main game di hape atau game online, main rubik lebih sehat

    ReplyDelete
  8. wkwkwkkw

    rubik itu permainan paling asyik sekaligus membingungkan
    simpel sih, cuma nyocokin kotak per balok aja
    tapi kalo salah,bisa dari sahur sampe buka, ga kepasang2 :)

    *ingat dua tahun lalu beli rubik di kota tua pagi2, eh sampe sore gagal dicocokin...

    ReplyDelete
  9. Anak yang suka main rubik berkecenderungan untuk semakin kreatif dan cerdas :)

    ReplyDelete
  10. Aku kok ya gak jago main Rubik yaaa :|
    Nanti kalo B cukup besar mau aku kasih inni aaah.
    Hai Mas Cal-Vin, dadah-dadah dari tante Eka dan B :*

    ReplyDelete
  11. Main rubik memang butuh kesabaran ya. Saya belum membelikan rubik untuk Vay nih...

    ReplyDelete
  12. asyik juga bermain rubik ini yah Mba Lidya, pengen beli juga ah biar bisa dimainin Wahyu :)

    ReplyDelete
  13. saya dari dulu gak bisa selesaiin tuh Mbak, yg 3x3 aja suusaahhh..
    AA dan Adek, ajarin tante Diah dooong :D

    ReplyDelete
  14. mbaaaak,
    Kayla juga lagi suka main rubik nih, apakah emang lagi trend apa gimana yah hehehe...
    Dia sih udah bisa menyelesaikan, tinggal Fathir aja nih yang kadang masih suka gak sabaran ngerjainnya hahaha..

    ReplyDelete
  15. dimana2 adik gitu ya copas kakaknya, sama nih di rumah juga gitu...anak-anak ga punya rubik tapi pernah mainan punya sepupunya pas ke bandung dan nyerah gak bisa heheh

    ReplyDelete
  16. Aku gak pernah berhasil. Sebenernya ada trik nya gak sih, Mbak?

    ReplyDelete
  17. keren banget mba... di rumah ada rubik nganggur, saya ga bisa maininnya :))
    pgn jg dong diajarin sm aa & ade :D

    ReplyDelete
  18. wah anaknya dua2nya cowok ya, sama seperti saya nih..
    sepertinya jago main rubik.

    ReplyDelete
  19. Aku ga pernah bisa nih main rubik 😂😂😂

    ReplyDelete
  20. Kereeennnn!! Aa maennya kayak udah gape banget Mbak Lid. Saluut deh!

    ReplyDelete
  21. Anak2ku enggak bisa maininnya. Beli rubik cuma dibuang2.

    ReplyDelete
  22. Saya selalu gagal mainan kubik
    akhirnya give up hehehhe

    ReplyDelete
  23. Aku gak bisa maen rubik, Mbak. Tapi suami jago banget, hihihi..

    ReplyDelete
  24. aku suka juga main rubik,cuma ya gitu..suka angkat tangannn hehe

    ReplyDelete
  25. INi jadi salah satu mainan incaran say abuat Kak Ghifa Mbak. Nnati kalau sudah besar harus tak beliin mainan ini.

    ReplyDelete
  26. Aku kok belum bisa bikin warnanya sama. Nggak jago main kubik.

    ReplyDelete
  27. Ini mainan gw waktu kecil yg akhir nya gw lempar karna ngak ketemu mulu gambar nya

    ReplyDelete
  28. Wah pada pinter nih AA sama adeknya. Aku gagal terus kalo main rubik ini hiks.

    ReplyDelete
  29. aku dulu bisa mbak, sekarang udah lupa, hadeuh

    ReplyDelete
  30. aku sebenernya penasaran mba..tp gagal terus menyelesaikan rubik ini :(

    ReplyDelete
  31. Aku nyerah deh main rubik.. gak pernah sukses menyusun baloknya biar sama sisinya..

    ReplyDelete
  32. tp aku kalo main rubik emosi mbak jadinya soalnya ga pernah berhasil sih

    ReplyDelete
  33. Aku gak pernah sukses main rubik Mba.. Gak tau deh kayaknya susah banget menyamakan empat sisinya.. Aku sampai heran dengan seorang teman yang bisa sukses main rubik, koq bisa ya?

    ReplyDelete
  34. Dari dulu aku ga pernah bisa nyelesein rubik ini. *tiba-tiba merasa tak bergunah* -___-

    ReplyDelete
  35. Nich mainan jaman kecil, beli nya di pasar malam gresik
    Kalo udah mumet ngak sam warna nya, rasa nya pengen lempar aja hahaha

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...