badge

Monday, July 25, 2016

Berburu Makanan Lezat di sekitar Lokasi Wisata, Sentul City

Mau berlibur tapi lokasinya tidak terlalu jauh dari Jakarta, mungkin bisa berkunjung ke Kecamatan Babakan Madang, Bogor. Di sana ada sebuah desa dan kawasan yang bernama Sentul City. Banyak masyarakat Jakarta yang berkunjung dan berlibur di sini karena faktor lokasi yang bisa dibilang dekat dengan Jakarta. Lokasi tepatnya ada di kawasan pegunungan Kabupaten Bogor dan memiliki luas sekitar 3000 hektar bisa dijadikan alternatif wisata untuk keluarga.

Ada beberapa tempat wisata yang populer di wilayah Sentul yaitu Jungleland Adventure Theme Park, Ecoartpark Sentul City, Air Terjun Bidadari di Sentul Paradise Park, Hutan Pinus dan Pemandian Air Panas Gunung Pancar. 
Setiap weekend atau musim liburan kawasan ini selalu dipadati pengunjung baik dari Jakarat atau luar daerah. Gak perlu khawatir sih kalau mau menginap juga bisa karena di kawasan ini banyak hotel serta penginapan yang bisa dipilih sesuai budget kita. Untuk pemesanan hotel yang ramah dikantong bisa melalui situs booking online seperti traveloka.

Liburan kurang seru kalau tidak sambil berburu kuliner di lokasi wisata. Ada banyak restoran dan rumah makan yang menyediakan menu yang unik, khas dan beragam yang bisa kita pilih. Berikut beberapa tempat kuliner yang menjadi rekomendasi :

1.              Pasar Ah Pong atau Pasar Apung
Pasar yang unik dan mempunyai konsep restoran terbuka dengan disuguhi pemandangan Sungai Cikeas. Berlokasi di wilayah Selatan Sentul menjadi salah satu lokasi kuliner yang banyak dikunjungi.


Sumber : liburananak.com

Pasar ini tidak seperti pasar pada umumnya yang menjual kebutuhan pokok dan tidak sesuai dengan namanya yang berarti mengapung. Di pasar ini terdapat berbagai restoran dan Anda membeli makanannya tetap sama seperti di restoran biasa. Namun, memang ada beberapa yang menjual makanan dengan perahu di pinggir sungai.

Ah Poong buka setiap hari dari jam 10 pagi di hari kerja dan 7 pagi pada akhir pekan  hingga 10 malam, sistem pembayaran makanannya dengan menggunakan deposit dari kartu, sehingga harus mengisi saldo terlebih dahulu.

Di sini kita bisa mencicipi beberapa makanan khas Nusantara dari berbagai daerah, baik Aceh, Sunda, Bali, Makasar, Jawa dan lain-lain. Wah ada Mie Aceh juga nih kesukaan saya di sana. Tersedia pula makanan cemilan, desserts seperti es krim dan pancake. Anak-anak pasti senang nih memberi makan ikan sambil bermain perahu smpan di sana dengan mengitari sungai.

2.              Bellanova Country Mall
Gak bisa jauh dari Mall? bisa ke Mall Bellanova, Ma;; yang nyaman dan lengkap di Sentul City. Tidak hanya sebagai tempat berbelanaj tapi juga bisa berkuliner dan menonton bioskop di sana. Aneka makanan kas Nusantara juga disediakan di mall ini seperti bubur manado, mie cakalang, bakso bali dan lainnya.

3.              Pasar Babakan Madang
Kurang lengkap rasanya kalau tidak berkunjung ke pasar tradisional yang ada di Sentul. Ya Pasar Babakan Madang ini menjual berbagai kebutuhan pokok, perlengkapan rumah tangga dan jajanan kuliner. Ada kuliner yang bernama Cungkring sepeti sate ayam tapi disantap dengan lontong atau nasi yang dicampur parutan kelapa dan tempe, ditambah juga bumbu kacang. Yang berbeda adalah sate ini terbuat dari kepala sapi dan kilil yang dimasak bumbu kuning.



Sumber : qraved.com

4.              Taman Kencana Bogor
Bersebelahan dengan istana presiden terdapat taman peninggalan Belanda yang dapat menjadi rujukan wisata kuliner  bernama Taman Kencana. Beberapa kuliner khas Bogor bisa kita temui di sini diantarannya Bapatong yang merupakan singkatan bakso kupat gentong yang merupakan campuran potongan dadu ketupat dan iga sapi, ditambah kaldu sapi, mie kuning, bihun dan pangsit. Adapun tempat makan yang dikenal di wilayah ini, antara lain adalah Waroeng Taman, Makaroni panggang, Pia Apple Pie dan lain-lain.


Sumber : omkicau.com

5.              Taman Tampak Siring
Terletak di Jalan Siliwangi Sentul, taman ini dekat dengan perumahan. Terdapat berbagai kuliner khas Bogor yang dapat Anda temui di sini, baik dalam bentuk resto atau tenda dan gerobak. Diantaranya ada soto mie Agih dan Ciseeng, rujak jagung bakar, soto bogor, lumpia, ketupat sayur, dan lain-lain.

Berbagai kuliner di tempat lain dan dekat dengan wilayah Sentul masih banyak yang dapat kita cicipi. Bogor memang jagonya dalam hal kuliner.

17 comments:

  1. Wiih, Tampak Siring kok bikin inget Bali pure tampak siring di Bali indah bgt. :D bgmn dg yg di Bogor?

    ReplyDelete
  2. YES..sentul sekarang baguss.. Ada masjid gede juga di sana yg bisa buat tempat shalat. Masjid andalusia

    ReplyDelete
  3. di sentul jadi banyak tempat makan sekarang ya...

    ReplyDelete
  4. Ini sekarang jadi tempat wisata yang gak perlu ngeluarin biaya banyak :)

    ReplyDelete
  5. Dulu, aku kira Taman Kencana tuh semacam taman buat bermain, gitu. Ngga tahunya, di sana gudangnya kuliner euy. :D Pingin ke sana lagiih!

    ReplyDelete
  6. Kirain Sentul itu tempat utk balapan doang heheee

    ReplyDelete
  7. Banyak banget pilihan t4 wisata dan jalan2nya ya mbak

    ReplyDelete
  8. favorit bgt sama Warung taman nih...

    ReplyDelete
  9. Di Sentul ada juga Jungleland... :)

    ReplyDelete
  10. Sering lewat pasarbabakan madang tapi blm pernah singgah

    ReplyDelete
  11. Aku pengin sekali liat pasar apung, unik banget ya.

    ReplyDelete
  12. nanti cobain ah main ke Sentul , belum pernah kesini soalnya, makasih banyak mba share nya

    ReplyDelete
  13. kalo saya penasaran dengan cungkring.. :)

    ReplyDelete
  14. Pasar Ahpong dibuka lagi ya mba? Sempat terdengar ditutup sementara karena terkait tanah sengketa aka korupsi ;(.

    Jujur aku blom pernah pake traveloka, tp krn disitu uda ditulis sama mba Fitri, aku bakal coba browsing2 :)

    ReplyDelete
  15. banyak yang bisa dikunjungi dan dinikmati yaaa di sana mba

    ReplyDelete
  16. pernah ke sentul, tapi ke jungle land-nya :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...