badge

Friday, August 26, 2016

Bakti BCA Mendukung Kualitas PAUD Holistik Integratif di Papua Melalui UNICED

"Setiap anak di manapun ia tinggal memiliki hak yang sama atas awal kehidupan yang sehat dan aman - Anthony Lake UNICEF Executive Director"


Pentingnya 1000 hari pertama bagi si kecil sangatlah tidak tergantikan dan ini merupakan periode emas yang harus diperhatikan. Tidak hanya memenuhi nutrisi saja tetapi juga butuh stimulasi, pola asuh yang baik untuk mereka salah satunya adalah lewat pendidikan bermutu sejak dini. Apalagi pemerintah juga sudah mencanangkan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) melalui keputusan Presiden nomor 60 pada tahun 2013.

PAUD Holistik Integratif ialah pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak di berbagai aspek antara lain fisik, non-fisik, mental, emosional, dan sosial.
Untuk itu PT Bank Central Asia Tbk (BCA) juga ikut mendukung kualitas pendidikan usia dini dengan memberikan donasi senilai Rp850 juta kepada United Nations Children's Fund (UNICEF) untuk pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif pada anak-anak di Papua khususnya Sorong dan Raja Ampat.

Bertempat di Break Out Area Menara BCA pada hari Senin, 22 Agustus 2016 lalu Bapak Jahja Setiaatmadja selaku Presiden Direktur BCA menyerahkan donasi tersebut kepada Gunila Olsson, Kepala Perwakilan Kantor UNICEF di Indonesia. Ini merupakan salah satu dukungan BCA untuk menimplementasikan pilar Bakti BCA yaitu Solusi Cerdas yang berupa pengembangan program dan kerja sama dengan lembaga berkompeten untuk meningkatkan pendidikan masyarakat Indonesia.

Raja Ampat sudah sangat terkenal hingga ke Mancanegara karena keindahan alamnya, tapi miris sekali melihat kurangnya pendidikan anak-anak di sana. Padahal pendidikan adalah hak semua anak-anak yang ada di Indonesia juga merupakan ujung tombak kemajuan sebuah bangsa menurut Bapak Jahja.



Kontribusi yang diberikan oleh BCA akan membawa perkembangan positif untuk anak usia dini yang memiliki peranan penting dalam hidup. Karena usia anak lima tahun otaknya akan berkembang hingga 90%. Ratusan sel otak terhubung setiap detiknya untuk itu perlu pengembangan dan dukungan agar bisa mempersiapkan mereka di periode emas dan mendapatkan masa depan yang lebih baik kata Gunilla.



Dalam mengembangkan PAUD Holistik Integratif yang harus diperhatikan  guru yang berkualitas baik di sekolah maupun lingkungan anak-anak berada. Untuk itu guru diberikan pelatihan agar kegiatan belajar mengajar untuk menciptakan suasana aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan agar pelajaran lebih mudah diserap dan dipahami.



Sebagai seorang guru tentu saja akan bahagia jika muridnya mengalami kemajuan pesat, walaupun misalnya hanya diawali dengan bisa menulis namanya sendiri. Seorang guru juga harus terus belajar karena setiap anak itu unik dan harus ditagani secara unik juga.

11 comments:

  1. wow keren ya kerjasama BCA dan UNICEF, semoga dunia pendidikan Indonesia menjadi maju :D

    ReplyDelete
  2. semoga anak2 di papua jd lebih cerdas dan terstimulasi berkat adanya program ini y mb, bagus bgt.g rugi jd nasabah bca hehe

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah ya..ada yang perhatian untuk pengembangan anak-anak usia dini sampai di Papua sana

    ReplyDelete
  4. dulu paud itu cuma ada di kantor RW dikelola ibu ibu PKK sekarang sudah lebih profesional yah pengelolaannya...

    ReplyDelete
  5. Ternyata jomplang sekali antara pariwisata di Raja Ampat dengan kualitas pendidikan anak-anaknya ya mbak Lidya. Semoga dengan bakti BCA ini bisa mengangkat kualitas pendidikan anak-anak di Papua, aamiin :)

    ReplyDelete
  6. Unicef emang keren ya komitmentnya bantu semua anak di seluruh dunia. Bca juga

    ReplyDelete
  7. UNICEF emang keren mba, sebuah kerjasama yang bagus demi anak2 bangsa

    ReplyDelete
  8. Jadi ada yang terlupakan ya.. pendidikan di Raja Ampat ternyata masih minim. Syukurlah ada perhatian seperti yang dilakukan BCA dan Unicef

    ReplyDelete
  9. Seneng BCA dan UNICEF bekerjasama membangun dan mengembangkan pendidikan yang lebih baik lagi di Indonesia #gogoIndonesia

    ReplyDelete
  10. BCA ini banyak kegiatannya ya... salutlah :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...