badge

Monday, August 8, 2016

Mengajarkan Etika Penggunaan Laptop Kepada Anak

Anak zaman sekarang walaupun masih kecil tapi sudah melek teknologi. Perlu juga untuk mendukung proses belajar juga. Tidak perlu takut untuk mengajarkan teknologi pada mereka, asalkan dengan bimbingan dan perhatian kita dari orangtuanya. Anak-anak juga harus mengenal etika saat menggunakan gadget karena rentan terkontaminasi dampak negatifnya. Salah satu hal yang penting yang harus diajarkan orangtua adalah etika penggunaan laptop.


Berikut ada beberapa etika penggunaan laptop bagi anak-anak:

Belajar Adalah Manfaat Utama Laptop 

Beritahu anak dalam penggunaan laptop sebagai sarana belajar. Apalagi saat ini sudah banyak laptop murah yang bisa mendukung anak-anak belajar.  Walaupun banyak laptop murah berkualitas seperti laptop Acer murah yang ada di MatahariMall, bukan berarti penggunaannya bisa dilakukan secara bebas. Orang tua bisa mendukung segala kegiatan belajar anak dengan menggunakan laptop. Sedangkan hal-hal lain yang berkaitan dengan hiburan baru bisa dilakukan setelah kewajiban belajar dituntaskan. 

Ajarkan Bersosialisasi 

Nah ini salah satu dapak lain dari penggunaan teknologi. Keasyikan memakai laptop tidak jarang anak-anak justru jarang bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Padahal sangat penting utnuk mendukung kemampuan komunikasi mereka. Dengan memberikan batasan kepada anak saat menggunakan laptop sehingga mereka bisa juga bersosialisasi dengan lingkungan dan belajar melalui dunia nyata.

Rajin Membenahi Isi Laptop 

Anak tidak hanya diajarkan menggunakan laptop saja tetapi juga harus tahu cara merapikan dan membenahi isi laptop. Setidaknya mengajarkan bagaimana cara merapikan dokumen dalam folder khusus agar suatu saat dokumen tersebut dibutuhkan akan dengan mudah dicari.

Berbagi dengan Kakak atau Adik 

Di rumah sih ada dua laptop, tapi saat anak-anak ingin menggunakan harus bergantian apalagi saat siang hari pasti laptop satunya dibawa kerja. Di sini anak-anak bisa belajar berbagi antar adik kakak. Dengan mengajarkan managemen waktu pada mereka untuk menyelesaikan tugas-tugasnya dan bergiliran menggunakan laptop.

Ternyata etika-etika sederhana mengenai penggunaan laptop sangat penting untuk diketahui oleh anak. Agar nantinya anak terbiasa menggunakan teknologi secara bijak tanpa mengabaikan kepentingan orang lain atau kewajiban yang harus diselesaikannya.

13 comments:

  1. Assalamualaikum mba, semoga masih kenal sama aku yah hehehe, anak2nya udah pada gede ya , aku setuju banget tuh dengan etika2 menggunakan laptop buat anak

    ReplyDelete
  2. memang lebih baik mereka diajari memanfaatkannya dengan bijak daripada melarang :)

    ReplyDelete
  3. Terti setelah memakai penting juga ya, Bun. Anak jd makin bertanggungjawab. :D

    ReplyDelete
  4. Ikutan tips ini ntar untuk Faris ah, so far sih dia belum utak-atik laptop. Tapi ntar kalau dia udah paham tetap perlu dimonitor kan.

    ReplyDelete
  5. betul mb harus tertib memakai leptop.yax terutama merapikan.folder wkkk kalau.g bakalan kayak emaknya.ni g bs rapi kl bkin.file and folder haha

    ReplyDelete
  6. Betul mbak harus diajarkan sosialisasi juga, jangan karena terlalu asyik main laptop jadi jarang keluar rumah. Anak-anak harus bertemu dan bermain dengan teman sebaya dilingkungan rumah juga ya mbak :)

    ReplyDelete
  7. Naufal tuh seneng donlot segala macem. Serem juga rawan kena virus

    ReplyDelete
  8. sejalan dg visi kami sbg orgtua ttg penggunaan gadget bagi anak...

    btw, materinya bisa dipakai di blog saya gak ya???... #ngarep

    ReplyDelete
  9. Sama perlu juga diajarin cara sehat pake laptop ya mbak, seperti posisi duduk dsb spy gak merugikan kesehatan

    ReplyDelete
  10. Huah, anak blogger tu ya, kecil2 udah pegang laptop & nggak harus sharing. :))

    ReplyDelete
  11. anakku suka sekali nonton youtube di laptop, tp kalau ada teman atau saudaranya datang ditinggal sih laptopnya, memilih untuk bermain sama temen :D aku sempet kwatir jg dia didpn laptop terus

    ReplyDelete
  12. kalau kita tdk mengajarkan anak bersosialisasi, biasanya anak2 akan terus terpaku pada laptop ya mba...

    ReplyDelete
  13. Di rumah, laptop satu dipake barengan berempat. Kalo laptop milik papa nya nggak boleh diotak-atik deh :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...