badge

Thursday, August 18, 2016

NuArt Sculpture Park




Patung tangan ini kami temui di jalan masuk ke NuArt Sculpture Park Bandung. Terletak di wilayah atas yang dingin dan cukup elit membuat museum ini terlihat exclusive tapi bener-bener keren kok. Saya dan teman-teman blogger berkunjung ke Bandung saat mengikuti Tour #150KMAway bersama Zenroom dan GoVakansi beberapa waktu yang lalu.



Suasana NuArt saat siang dan malam hari.


NuArt Sculpture Park adalah sebuah taman sebagai galeri untuk memamerkan hasil karya pematung Nyoman Nuarta. Taman seluas 3 hektar ini sudah dibuka untuk umum sejak tahun 2000, tapi sepertinya masih banyak yang belum tahu, padahal tempatnya keren. Beliau adalah sang kreator Garuda Wisnu Kencana di Bali. Beruntung sekali waktu kesana Nyoman Nuartanya sedang berada di sana.

Nyoman Nuarta
Saya juga baru tahu kalau patung Garuda Wisnu Kencana ini dibuat di Bandung dan dipasang di Bali. Uniknya galeri ini dibiayai sendiri oleh Nyoman Nuarta tanpa campur tangan dari pemerintah. Beliau juga bercerita bagaimana susahnya mengumpulkan dana demi terciptanya NuArt. Karyawan yang bekerja disini juga cukup banyak. Tidak hanya itu Nyoman Nuarta juga memberikan tempat kepada seniman muda yang ingin memamerkan karyanya.

beberapa karya Nyoman Nuarta dan pematung lainnya yang ada di NuArt
Selain melihat karya seni yang ada di NuArt pengunjung juga bisa melakukan activity seperti membuat oatung dari tanah liat. Cukup membayar kira-kira lima puluh ribu rupiah sudah bisa mencoba berkreasi dengan tanah liat. Waktu itu kami diminta membuat kepala paus dan ekornya dengan mencontoh patung yang ada di sana. Tanah liatnya sudah disediakan, gak usah takut kotor karena sudah disediakan kran air dan sabun di dekat tempat membuat patung. 
Oh ya di NuArt juga studio yang disediakan untuk melihat video hasil karya Nyoman Nuarta. Sayang sekali kalau studionya belum dibuka untuk umum waktu itu, Allhamdulillah kami bisa masuk saat itu dan Nyoman Nuarta juga bisa menjelaskan tentang karya seni yang pernah dibuatnya.

Kalau lapar gak perlu keluar dari kompleks galeri karena ada N Cafe yang menyediakan aneka camilan dan makanan. Dingin-dingin makan pisang goreng keju plus  teh tawar hangan hmmm hilang deh rasa lelah berkeliling NuArt.



foto bersama Nyoman Nuarta
Waktu cerita pengalaman ke NuArt anak-anak jadi kepingin juga untuk kesana. Kebetulan mereka memang suka sekali berkunjung ke museum dan sejenisnya, dan merengek untuk diajak kesana. Tapi maunya naik kereta api katanya, waktu itu pernah sekali dan ketagihan soalnya banyak terowongan di sepanjang jalan. Langsung deh saya lihat kalender akademik anak-anak di sekolah untuk menentukan tanggal berapa kamu akan kesana sekalian beli Tiket Kereta Api di Tokopedia. Senang sekali mereka apalagi tahu bisa membuat patung dari tanah liat.


NuArt Sculpture Park
www.nuarta.com
Jl. Sutra Duta Kencana II/11
Bandung 40151
022-2017812 - 2017816
sculpturepark@nuarta.com

32 comments:

  1. Lidya nih bikin orang hilang fokus gara2 bikin patung menhir kek gitu..wkwkwkw... Btw, patung yg naik sepeda itu sama ya ama yg ada di plaza Indonesia jakarta? Apa PI beli di studio ini juga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pembuatnya sama Nyoman Nuarta juga mbak Ade. Banyak kok patung karyabeliau

      Delete
  2. Eh ada Mas Adi tuh ya, Mba Lid. Biaya masuknya berapa Mba?

    ReplyDelete
  3. Waah, kapan mau ke sana lagi, ikuuutttt

    ReplyDelete
  4. Ah, keren banget mbak. Kapan2 ajak aku ya mbak Lid *eh

    ReplyDelete
  5. patung tangannya kereeen abiis..

    aku belon.pernah ke siniii hahahha

    ReplyDelete
  6. itu tangannya guede banget hehe... keren ih ada taman seperti ini

    ReplyDelete
  7. Kebetulan lagi di Garut, jadi pengen kesini juga.

    ReplyDelete
  8. Yang menyukai seni tempat ini pasti Surga untuk dikunjungi. Yang sekedar berwisata dan melihat-lihat tempat ini juga Asik ya, Mbak Lia. Pasti bisa membuka wawasan baru

    ReplyDelete
  9. Itu karya seninya keren2. Anak2ku bakalan betah kalau lihat. Osama suka banget lihat bentuk2 aneh gitu. Dia pernah bikin karya dari ruji2 sepeda

    ReplyDelete
  10. asli aku baru tau mnk, klok patung garuda wisnu kencana dibuat di Bandung.
    dduuhhh, karya nuarta emang nyeni pwooolll
    jd pgn kesanaaaaa

    ReplyDelete
  11. terakhir saya ke sini pas masih pacaran. Berarti udah lebih dari 12 tahun lalu hahaha.

    ReplyDelete
  12. Eeuh..kapan ke sana lagi yak..punya ku artikelnya masih ada eung..blm nemu inspirasi..

    ReplyDelete
  13. Asik banget mba lid bisa nyobain bikin patung, bisa ketemu dan foto bareng nyoman nuarta lagi, hebat ya dia patung2 karya nya udah di pajang dimana2

    ReplyDelete
  14. sculpture yang pertama yang tangan itu keren abis... :)

    ReplyDelete
  15. Yang pecinta seni pasti banyak dapet inspirasi tuh klo kesana..

    ReplyDelete
  16. Itu patung tangannya kereenn yah Mbak, tp klo kesana malam2 lihat si patung jd serem kali yah, hihihih.

    ReplyDelete
  17. Iya keren banget patungnya, jadi pengen berkunjung kesana kak

    ReplyDelete
  18. Ternyata di Bandung kirain di luar negeri saat sepintas melihat gambarnya. Orang Bali memang berjiwa seni tinggi.

    ReplyDelete
  19. saya jutru takut lhoo dengan patung tangan tersebut mba :D takut di genggam.. tapi itu keren-keren mba pasti yang buat jiwa seni nya sangat tinggi

    ReplyDelete
  20. Ah cakep patung tangannya mbak, itu keliatan real lho

    ReplyDelete
  21. Ooh GWK itu dibuat di Bandung toh, baru tau. Aku pernah sekali ke GWK, jadi pengin ke NuArt Sculpture Park juga.

    ReplyDelete
  22. sekilas lihat lihat foto yang paling atas, aku kira lagi di luar negeri loh, ternyata bandung ya :D

    ReplyDelete
  23. ah udah lama gak ke bandung naik kereta, dulu waktu kuliah di bandung belum ada tol cipularang jadi harus naik kereta kalau dari jakarta. Kalau udah lewat terowongan yang panjaaaaaaang banget itu tandanya udah deket bandung hahahaa

    ReplyDelete
  24. owalah, saya hampir 4 tahun tinggal di Bandung, baru tahu ada museum patung punya pak Nyoman Nuarta ini... :'(

    ReplyDelete
  25. Mbak aku baru tahu ada ini di Bandung... tempatnya berasa diluar Negeri Mbak

    ReplyDelete
  26. Wow, itu gambar patung yang dekat gambar patung kuda keren bangeett ...

    ReplyDelete
  27. Keren tempatnya ya mbak. Kapan kapan kalau ke Bandung pengen ah ke tempat ini :))

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...