badge

Thursday, October 13, 2016

Menjadi Solo Traveller, Why Not?



Solo traveller bagi sebagian orang dipandang sebagai hal yang penuh risiko dan terkesan memunculkan perasaan kesepian. Tapi sebenarnya menjadi solo traveller itu menyenangkan dan banyak manfaatnya, lho.




Lalu, apa saja sih manfaat melakukan travelling seorang diri?

1. Menjadi lebih menghargai orang-orang terdekat Setelah berpisah selama beberapa waktu dengan orang-orang terdekat yang biasanya berada di sisi kita, dan tentu akan merasa rindu. Rasa rindu terhadap orang-orang tercinta yang menanti di rumah itu akan membuat Anda lebih menghargai kehadiran mereka saat bertemu kembali.

2. Menjadi pribadi yang lebih pintar berkomunikasi dan bersosialisasi Saat melakukan travelling seorang diri, kita harus mengandalkan diri sendiri untuk berkomunikasi dengan orang asing, tidak bisa meminta teman atau saudara untuk mewakili saat  berkomunikasi dengan orang lain, misalnya untuk menanyakan arah, dsb. Di sinilah keterampilan berkomunikasi diuji dan diasah. Selain itu, dalam perjalanan, misalnya dalam penerbangan, di bandara, di lokasi tujuan, dsb. Kita tentunya bertemu banyak orang baru. Nah, dengan orang-orang baru inilah dapat melatih keterampilan bersosialisasi dan bisa saja menjalin pertemanan.

3. Menjadi lebih mandiri dan bijak Saat travelling seorang diri, tentunya tidak bisa menggantungkan pengambilan keputusan pada orang lain. Kita dituntut untuk selalu mengambil keputusan dan memecahkan masalah sendiri. Pengalaman inilah yang akhirnya membuat seseorang menjadi sosok yang lebih mandiri dan bijak.

4. Membuat lebih memahami diri sendiri Travelling tanpa ditemani orang yang dikenal merupakan kesempatan untuk mengetahui sejauh apa kesanggupan kita dalam menghadapi berbagai hal baru di luar zona nyaman. Ini kesempatan  untuk mengikuti naluri dan melangkah ke mana pun yang kita inginkan tanpa menahan diri demi orang lain yang menemani dan meminta persetujuannya. Kita dapat mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan dan memenuhi keinginan itu. Dengan cara ini, kita akan lebih mengenal diri sendiri.

Nah, untuk yang tertarik mencoba solo travelling, berikut tips-tips yang dapat jadikan pegangan:

1. Kumpulkan informasi mengenai tempat tujuan Kumpulkan informasi mengenai tempat tujuan selengkap mungkin dari berbagai sumber. Selain untuk memastikan bahwa tempat tersebut memang tipe tempat yang kita incar dan aman untuk solo traveller, atau  dapat juga mengetahui hal-hal menarik lainnya di daerah itu yang bisa dicoba.

2. Bawa perlengkapan seperlunya Barang-barang yang dibawa sebaiknya seperlunya saja agar tidak merepotkan diri sendiri. Gunakan ransel atau koper mini yang mudah dibawa. Sesuaikan jumlah pakaian yang dibawa dengan jangka waktu perjalanan. Jangan lupa membawa mini toiletries dan obat-obatan, terutama jika punya alergi terhadap makanan tertentu.

3. Manfaatkan Online Travel Agency Booking hotel sebelum tiba di tempat untuk menghindari kehabisan kamar hotel atau mendapatkan hotel yang tidak sesuai harapan. Ada baiknya membooking secara online melalui situs Online Travel Agency (OTA). Banyak orang beranggapan pesan kamar hotel secara langsung akan lebih murah, tapi nyatanya tidak begitu. Seringkali, konsumen yang datang langsung untuk memesan kamar terpaksa membayar dengan harga yang lebih mahal karena tidak punya pembanding. Nah, di sinilah keistimewaan OTA bermain. Baik melalui situs ataupun melalui aplikasinya yang bisa dipasang pada smartphone Anda, OTA menjamin kita mendapatkan informasi lengkap saat mencari hotel yang sesuai keinginan, mulai dari tipe kamar, lokasi, fasilitas hotel dan penawaran harga, yang pastinya lebih murah. Jangan lupa, cek dan bandingkan harga-harga hotel di beberapa situs atau aplikasi OTA, sebab masing-masing OTA menawarkan harga yang berbeda. Selain mempermudah pemesanan kamar hotel, juga bisa dengan mudahnya memesan tiket pesawat melalui OTA dengan harga yang lebih murah ketimbang membeli tiket secara langsung. OTA memungkinkan kita membandingkan harga tiket berbagai maskapai tanpa menghabiskan banyak waktu. Proses pembayarannya pun beragam. Selain bisa melalui kartu kredit, bisa juga melakukan pembayaran melalui ATM, internet banking, dan Indomart.

4. Tunjukkan sikap percaya diri Bersikaplah seolah kita tahu ke mana harus melangkah. Jangan menampilkan kesan bahwa kita adalah wisatawan yang tidak berpengalaman atau tidak tahu arah yang mudah dimanfaatkan. Hafalkan rute jalan, terutama menuju hotel; dan ingat-ingat di mana harus transit jika menggunakan angkutan umum untuk menipiskan risiko tersesat. Jangan ragu atau malas menanyakan arah pada orang lain yang sekiranya dapat dipercaya. Nah, itu dia manfaat dan tips seputar solo travelling. I hope you'll enjoy travelling like others do! Just remember, it's worth it!

20 comments:

  1. Nomor ini nih yang sampai sekarang saya belum berani, jadi Solo Traveler. Tak terbayang bagaimana rasanya jalan sendiri ke tempat-tempat asing. Ke tempat yang sudah dikenal saja masih butuh temen :)

    ReplyDelete
  2. Pastinya dg jadi solo traveler bsa meningkat kepercayaan diri sndiri yah mbak. Apapun dilakuin sndiri dan menyatu sama lingkungan. Huheheee...
    Mupeng jadi solo traveler

    ReplyDelete
  3. Sebelum saya kenal dengan pacar saya yg sekarang, saya juga sering jadi solo traveler. Traveling seorang diri itu, banyak plus minusnya. Plusnya, mau pergi ke mana pun, ngapain, bebas, karena ya suka-suka kita aja. Minusnya, gak ada yg bantuin kita foto di spot-spot bagus wkwkwk. Syaa termasuk orang yg gak suka selfie, jadi ya, tetep lebih seneng kalo ada teman seperjalanan yg bisa jadi juru foto hehehe

    ReplyDelete
  4. Iya bener nih, kalau sendirian, jadi seperti 'memaksa' kita untuk berani di tempat yang baru, ya, termasuk berani bersosialisasi :)

    ReplyDelete
  5. Aku pernah solo traveling, tp cuma sekali. Asik jg sih, tp ternyata aku tipe yg demen rame2. Hoho

    ReplyDelete
  6. gak berani kayaknya nih..beraninya rame2..dan lebih seru juga

    ReplyDelete
  7. Waktu masih semuda sekarang (ehm..) saya suka menjelajah walaupun sendiri. Bener banget tipsnya, jaga image, jangan sampai ketahuan kalau kita itu pendatang. Kalau harus nanya juga minimal ke petugas-petugas yang disediakan di daerah wisata. :)

    ReplyDelete
  8. Dulu sih pernah ke jogja sendirian, tapi sekarang takut kalau istri dan anak gk diajak. hehehe

    ReplyDelete
  9. Aku belum berani Mba solo traveller.. Kemana2 mesti bareng sama orang lain.. Pernah nyoba mau berangkat sendiri, gak jadi krn takut nyasar..hehe

    ReplyDelete
  10. waduh kalo gua sih males pergi sendirian kecuali kalo business trip. hehe.

    ReplyDelete
  11. cita cita dan mimpi yang belum kewijud smpe sekarang :C
    terima kasih infonya, sangat menginspirasi

    ReplyDelete
  12. solo traveler dalam kota sih sering he..he...
    keluar kota belum pernah nyoba mbak

    ReplyDelete
  13. Wuuuua kece niiih...

    Salam kenal Kak Liaaa... dari Jember

    ReplyDelete
  14. aku dong solo traveler waktu ke Pontianak kemarin, seru lhooooo

    ReplyDelete
  15. Belum pernah nyoba solo traveling. :D

    ReplyDelete
  16. Saya nunggu mbak Lidya solo traveler ke Lombok aja deh #eaaaa

    ReplyDelete
  17. klo menurut saya not recomended for cew,, kecuali cow boleh tuh melalang buana kemana aja.. kadang lebih seru emang klo sendirian..

    ReplyDelete
  18. Aku belum berani jadi solo traveler, takut nyasar hehehe

    ReplyDelete
  19. Ho, kerenn nih.. info yang sangat bermanfaat..
    semoga bisa dipraktekkan

    ReplyDelete
  20. Aku tipe manis manjaaaah... ga berani kemana2 sendirian ;)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...